jump to navigation

Motor injeksi kok ada karburatornya ,,,,, !? Juli 28, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
trackback

Gambar

Brosis seiring perjalanan hidup kangbro dalam menelusuri dunia otomotif ( wkwkwkwkw lebay 😀 ), motor sekarang banyak perubahannya oy,,,,,terutama pada teknologi yang dianutnya,,, dulunya kita lihat bahwa motor dalam mencampur bahan bakar ( BBM ) pasti menggunakan sistem karburator,,, tetapi akhir akhir ini kebanyakan motor sudah menggunakan sistem injeksi untuk pengaturan bahan bakarnya,,, terutama motor yang baru baru tuuu,,,,,, 😀

AKibat peralihan teknologi Karburator ke teknologi Injeksi,,,kangbro sedikit meringggis 😀 😀 tuh mengenai ucapan ornag orang,,,,  ceritanya kemaren 27/7/13 pas kangbro lagi duduk manis jaga teknologi center di salahsatu pameran, kebetulan ada engine cutting motor injeksi yang di pampang. Lah ada salah satu konsumen mengeluarkan kata ( ceplos ) yang ditunjukkan bagi kangbro ,, katanya gini “Mas motor injeksi kok ada karburatornya,,,, wah wah ,,,,??? sambil nunjuk ke komponen motor injeksi tersebut” . dalam pikiran kangbro hemmmmmm konsumen awam ni harus dijelasin tuh mengenai injeksi ,,,, wkwkwkwkw 😀 😀 😀 ( tapi wajar soalnya antara karburator sama throttle body mukanya mirip banget,,, seduluran kayaknya 🙂 ).

Nah menindak lanjutin hal tersebut maka disini kangbro punya inisiatif untuk pampang penjelasan singkat mengenai hal tersebut supaya semuanya ngak salah kapra,,,,,,,hehehe 🙂 🙂

Gambar

Gambar

Brosis sebenarnya bahan bakar tidak hanya disuplay atau dikontrol oleh karburator saja, tetapi asupan  bakar bakar  yang menuju ke ruang bakar atau silinder juga bisa dikontrol oleh yang namanya Throttle body. Pada dasarnya  Throttle body  mempunyai fungsi seperti karburator,throttle body adalah satu bagian dari air intake sistem yakni suatu komponen yang mengontrol udara ke ruang bakar sesuai dengan respon gas saat dibetot sipengendara. Throttle body biasanya diletakkan ditengah tengah  filter udara dan intake manifold  ( sama seperti peletakan karburator ).

Gambar

Throttle Body bisa dianalogikan sebagai karburator, namun throttle body lebih mengacu ke mesin yang menganut  sistem injeksi. Sedangkan kalau  karbu cenderung digunakan pada  mesin tipe  konvensional biasa, jadi secara perbedaannya hanyalah  soal sistem saja.

Gambar

Yang dimana throttle body adalah komponen yang memiliki fungsi sebagai pengatur masuknya udara yang akan disuplay menuju ke ruang bakar atau silinder,  sedangkan untuk masalah bahan bakarnya  akan disuplay oleh yangnamanya komponen Injector, selain mengatur udara yang masuk ,,,,, didalam perangkat throttle body  ini juga sebagai tempat bertenggernya berbagai sensor – sensor yang akan mendukung kinerja daripada sistem injeksi tersebut.

Sedangkan Karburator bisa kita bilang fungsinya adalah menggabungkan penerapan funsi dari Throttle Body dan injector kedalam satu part (satu unit komponen), dimana udara dan bahan bakar yang akan disuplay kedalam ruang bakar akan dicampur langsung didalam unit karburator tersebut ( Tanpa ada perangkat injector untuk suplay bahan bakar  ),,Untuk sistem karburator  cenderung tidak terdapat komponen sensor, tetapi ada juga sebagian yang memakai beberapa sensor di karburator. contohnya : karburator yamaha Jupiter MX terdapat Throttle position sensor ( sensor sudut throttle ).

Nah sekilas penjelasan dari kangbro,,,,, mudah mudahan penjelasan ini bisa dimengerti dan bisa bermanfaat,,,, kalau ada yang mau nambahin penjelasannya atau mau bertanya monggo,,,,,

sekian dari kangbro ,,, maturnuwon 😀

Komentar»

1. Yoshi - Juli 28, 2013
cicakdindingkreatip - Juli 28, 2013

betul bro ,,,, soalnya mirip bentuknya 🙂

2. macantua - Juli 28, 2013

bentuk mirip tapi fungsi ga sama plek…. soalnya bensinnya sudah sistem sembur xixixixi

cicakdindingkreatip - Juli 28, 2013

betull ,,, mukae sama ,,, fungsinya yang beda ,,,, 🙂

macantua - Juli 28, 2013

xixixixixi tar ECU dibilang CDI pula… *kemaren juga ada yang kceplosan gitu pas bongkar CB150 tmn

cicakdindingkreatip - Juli 28, 2013

wkwkwkw ,,,, hem ,,,, imbas serangan teknologi baru ,,, hehehe 🙂 ,,, mau ngak mau konsumen juga harus bisa nguasai pengertian motor injeksi wahahahaha 🙂 terutama sparepartnya ,,,

macantua - Juli 28, 2013

nah itu dia…. sosialisasinya kayanya kurang. toh jujur mekanik beres biasanya cemderung pelit ilmu… beda sama bengkel pinggir jalan… dan saat ini injeksi msh jd langganan pasti beres sampai dengan kondisi tools bisa murah dan mudah didapat… hmmm… itu knp ane masih setia sama si karbu tua item dekil Maung sampe sekarang… *trauma dan ga percaya kinerja beres

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkw ,,,,, 🙂 ,,,,, sippp 🙂

3. Bonsai Biker - Juli 28, 2013

kegedeab untuk ukuran injektor

cicakdindingkreatip - Juli 28, 2013

😀 kegedeab ,,,, ? maksutnya apa bro 😀

4. modiar - Juli 28, 2013
cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkwkwk 😀

5. rsaputro - Juli 28, 2013

asem atas saya mampang apa itu bro.. surem dah
oalah jadi throttel body nyembur udara dn tmpat sensor to hehehe.. baru ngeh sekarang :mrgreen:

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwk betul bro 😀 ,,,

6. rusman - Juli 28, 2013

TB dikira karbu 😀

serupa tapi tak sama

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkw betul 😀

7. Mas Sayur - Juli 29, 2013

namanya orang awam.. 😉
tapi mmg sebenarnya karbu lebih sederhana yo…?

http://bakulkangkungjpr1.wordpress.com/2013/07/29/stnk-sementara/

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

betul bro lebih sederhana 😉 ,,,
tapi sayang kurang bagus teknologinya 😀 dibanding injeksi ,,,

8. awansan - Juli 29, 2013

throotle body emang bentuknya mirip karbu, kalo orang awam ya mana tau 😀

http://awansanblog.wordpress.com/2013/07/29/spesifikasi-honda-cb-600-f-2013-verza-versi-fitness/

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

betullll ,,,,, mainsetnya masih tertanam di karburator heheheh 🙂

9. kasamago - Juli 29, 2013

mngkin perlu dikasih ket. ‘bukan karbu’ di bodi samping throottle body..

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwk masuk juga bro 😀 ,,,

10. potretbikers - Juli 29, 2013

Hehehe, emang Injeksi menurut orang tersebut gambarannya gimana,kang?? Jadi penasaran aku, hehehehe 😆

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

😀 ,,, cuma salah faham saja kang orangnya,,, soalnya throttle body mirip dengan profil karbu,,, 😀 ,,,
maunya si ngak pakai throttle body 🙂 wkwkwkw

11. dhanicsetio - Juli 29, 2013

seng penting masih ada bane 😆

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkw masukkk ,,,,,,, 😀 , tambahan yang penting bentuk bane masih bulet bukan kotak wkwkwkw 😀

12. frgoes87 - Juli 29, 2013

coba yang njabarin mbak2 SPG, pasti jadi paham tuh 😀 *piss bro

http://frgoes87.wordpress.com/2013/07/29/ternyata-inilah-mahakarya-manusia/

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkw wkwkwkw wkwkwk 😀 ,,, ( paham no.hpnya pasti )

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkwkw betul bro 🙂 ( paham no. hpnya wkwkwkw 😀 )
https://cicaakcerdas.wordpress.com/2013/07/29/buka-puasa-bareng-honda-jatim-mpm/

13. jj88 - Juli 29, 2013

hahaha,, ealah,,,,,

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkwkwkwkw 😀 hemmmmmmm,,,

14. Papa Afnhy - Juli 29, 2013

masih fbk.
*fans boy karbu :mrgreen:

cicakdindingkreatip - Juli 29, 2013

wkwkwkwkw matep 😀 ,,,,, ( emang sulit untuk dilupaken pak lek karbureator ini 😀 )

15. megalodon150 - Juli 30, 2013
cicakdindingkreatip - Juli 30, 2013

😀 sipp

16. tommy - Agustus 1, 2013

baru tau yg namanya thortle

cicakdindingkreatip - Agustus 1, 2013

alhamdulillah bermanfaat ya tulisan kangbro hahaha 😀

17. dadandoank48@yahoo.com - Oktober 4, 2014

makanya aq setia pake mtr karbu, service nya bisa di lakukan sendiri…ngirit jg khan ..hehe

18. indra krisna - Februari 27, 2015

Maf mas bro…
Itu gambar yg di atas karbu apa??
Saya baru liat,,
Tks…

cicak kreatip.com - Februari 27, 2015

karbu sama trhottle bodu bro…

19. danil - Oktober 28, 2015

Magsud nya sensor pada jupiter mx gi mna bro


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: