Iklan
jump to navigation

Sumber Daya Energi – 03 Oktober 16, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags:
trackback

GambarBro dan sis semua…pembahasan mengenai engine kendaraan bermotor kali ini sudah sampai pada pembahasan ke 3, dimana untuk pembahasan kali ini juga masih sangkut pautnya dengan pelajaran dasar yang harus dikuasai oleh semua para pembaca, dengan meneruskan pembahasan pada artikel sebelumnya (klik disini untuk melihat artikel sebelumnya).

Sebelumnya kita telah membahas mengenai jenis jenis dari motor bakar, dimana sedikit reviw bahwa motor bakar dibagi menjadi dua tipe, yakni tipe motor bakar dengan menganut sistem pembakaran luar (eksternal combustion), dan tipe motor bakar yang menggunakan sistem pembakaran dalam (internal combustion).                                                                                            (klik disini untuk penjelasan lebih lanjut).

Dalam kendaraan bermotor khususnya roda dua, sebetulnya kalau kita kelompokkan itu terdiri dari beberapa bagian dalam proses pengaturan atau proses dalam mengolah sumber tenaga yang diperoleh, dengan beberapa komponen yang menjadi bagian utama yang menunjang kerja daripada kendaraan tersebut, diantaranya terdiri dari 3 bagian pokok, yakni…

1. Mesin

2. Chasis

3. Kelistrikan

Ketiga bagian dari kendaraan tersebut sangat berperan penting dalam operasional suatu kendaraan, dimana 3 bagian utama tersebut masih memiliki beberapa rangkaian komponen dibawahnya. Contohnya mari kita lihat pada diagram rangkaian di bawah ini.

Gambar

klik gambar untuk memperjelas

Nah dari penjelasan diagram diatas, mari kita bahas komponen tersebut satu persatu. Tetapi sebelum kita menuju pembaha yang lebih tinggi lagi, ada beberapa hal dasar yang harus anda semua pahami, yakni mengenai sistem sumber daya energy tentunya. Monggo kita disimak lebih lanjut.

GambarLayaknya manusia yang harus makan suatu makanan, dengan harapan dapat memperoleh sebuah energi, dimana energi tersebut bisa dibuat untuk melakukan aktifitas dalam kegiatan sehari harinya. Nah hal seperti ini sama halnya yang terjadi pada kendaraan bermotor, dimana kendaraan tersebut dapat menghasilkan tenaga kalau sudah mengonsumsi bahan bakar. Dimana kalau manusia mungkin sumber energinya didapat dari bahan makanan yang aman untuk tubuh, contohnya, roti, nasi putih, susu, sayur sayuran, dll. Sedangkan kalau untuk kendaraan bermotor untuk sumber energinaya didapat dari bahan bakar baik berbentuk cair, gas, ataupun padat. Dimana kita tau kalau bahan bakar padat seperti, kayu bakar, batu bara, biasanya jenis bahan bakar yang dipakai pada tipe motor bakar dengan sistem pembakaran luar (klik disini untuk penjelasan). Sedangkan untuk bahan bakar cair dan gas seperti premium, pertamax, LPG, dll. Cenderung dipakai pada jenis motor bakar dengan tipe pembakaran dalam (klik disini untuk penjelasan).

Kebanyakan bahan bakar cair (Bensin) lebih banyak digunakan oleh para pengguna kendaraan bermotor, dimana bensin dapat menghasilkan panas yang tinggi, mudah didapat, dan yang ngak ketinggalan lagi bagi masyarakat yang penting juga masalah harga. Yup harga bensin pastinya lebih murah Jjika dibanding tipe bahan bakar lainnya yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Bensin atau sejenisnya, adalah bahan bakar yang cuma dapat menghasilkan panas jika dibakar di ruangan terbuka, namun kebalikannya jika dibakar pada ruangan yang tertutup, maka akan menghasilkan sebuah tenaga. Contohnya cobak bakar bensin di udara terbuka, pasti cuma menghasilkan api saja, api tentunya cuma mempunyai efek panas. Tetapi jika bensin dibakar dengan udara didalam ruangan tertutup, dengan dimasukkan kedalam botol dan botolnya ditutup dengan dikasih sump uterus ditambah dikocok dikit dan dikasih api maka jadilah sebuah bom olotop yang sering dipakai tawuran tuh, hehehe 😀 , bensin didalam ruangan tertutup akan menghasilkan ledakan. Contohnya lagi..anda waktu kecil pernah ngak mainan petasan dari bumbung atau dari pring atau bahasa lainnya bambu, nah jika bambu dikasih bahan bakar, biasanya sih minyak tanah, terus dikasih api, maka yang terjadi adalah ledakan keras. Nah hal tersebut cukup membuktikan bahawa emang kalau bahan bakar kalau dibakar + udara didalam ruangan tertutup, maka akan menghasilkan sebuah tenaga ” wezt titek 😀 “.

Bebicara mengenai bahan bakar, cukup menarik juga jika dibahas. Yuk kita bahas mumpung bicara mengenai bahan bakar…

Bro semuanya… Sebetulnya bahan bakar itu dikelompokkan menjadi beberapa tipe, seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi, bahan bakar dikelompokkan menjadi 3 kategori kalau dilihat berdasarkan dari material yang dipakainya, diantaranaya…

1. Bahan bakar tidak berkelanjutan

Bahan bakar tidak berkelanjutan adalah jenis bahan bakar yang didapat dari materi dari alam, dan tentunya memiliki sifat konsumtif. Dengan demikian bahan bakar hanya bisa sekali dipergunakan dan tentunya keberadaannya dialam bisa hahis karena pengambilan tersebut. Contohnya bahan bakar yang berbasis karbon sepertihalnya produk olahan dari minyak bumi.

2. Bahan bakar berkelanjutan

Nah untuk berkelanjutan ini adalah jenis yang bersumber dari materi yang masih bisa digunakan lagi, dan tentunya bahan tidak akan habis akan keberadaannya. kecuali akhir masa hehehe. Contohnya tenaga matahari.

Sedangkan jika dilihat dari bentuknya, maka bahan bakar dibagi menjadi 3 juga, yakni…

Gambar

batu bara, (bahan bakar padat)

1. Bahan bakar padat

Bahan bakar padat adalah jenis bahan bakr yang memiliki bentuk padat, dan untuk tipe bahan bakar ini Cuma dapat menghasilkan panas saja, dimana secara garis besar bisa dibilang bahan bakar tipe padat ini cuama dijadikan sumber energy panas. Contohnya, kayu bakar, baty bara. Untuk hasil energi panas yang dihasilkan dapat digunakan untuk memanaskan air dan tentunya air akan diambil uapnya untuk menggerakkan peralatan peralatan yang ada pada engine.

Gambar

bensin

2. Bahan bakar cair

Bahan bakar tipe ini, biasanya sering kita jumpai pada jika kita memakai kendaraan baik roda dua ataupun roda empat. Yup yang paling sontrek kita jumpai adalah bahan bakar minyak atau BBM. Bahan bakr ini bisa menghasilkan panas jika dibakar pada ruangn terbuak, dengan demikian bahan bakar cair dapat memanaskan air dalam membentuk sebuah uap air. Tentunya bahan bakar tipe ini juga bisa dibakar dalam ruangan tertutup, didalam silinder atau ruang bakar pada kendaraan bermotor. Soalnay ya itulah yang namanya cairan pasti kemana aja bisa masuk, asalkan ada cela yo pasti masuk. Maksudnya celah pada karburator bro heheheh 😀

Gambar

LPG

3. Bahan bakar gas

Bahan bakar gas ini terlihat masih jarang digunakan dalam kendaraan roda dua, meski kendaraan roda 4 akhir akhir ini telah mengunakan bahan bakar jenis gas (BBG). Bahan bakar jenis gas ini bisa dibilang mempunya dua jenis, diantaranya Compressed Natural Gas (CNG), dan Liquid petroleum Gas (LPG). Untuk jenis CNG pada dasarnya terdiri dari metana, sedangkan jenis LPG merupakan campuran dari propana, butane dan bahan kimia lainnya.

Bagi yang kurang jelas monggo ditanyakan, atau bagi suhu-suhu enginers lainnya yang merasa penjelasan ini kurang, mohon ditambai sendiri, anggap saja rumah sendiri..heheh 😀

baca pembahasan selanjutnya...baca pembahsan sebelumnya…

(cicak kreatip.com I By: Abd.Majid)

Anak bangsa yang peduli akan kecerdasan bangsa.

Iklan

Komentar»

1. Jenis Jenis Motor Bakar – 02 | cicak kreatip - Oktober 16, 2013

[…] mohon ditambai sendiri pada kolom komentar, seperti biasa, anggap saja rumah sendiri…asek asek. (baca artikel lanjutannya….) (baca artikel […]

2. Mas Sayur - Oktober 16, 2013

wah…yang ini sdh mulai spesifik…
di tunggu lanjutannya… 🙂

http://bakulkangkungjpr1.com/2013/10/16/nyipratbroooo/

cicak kreatip.com - Oktober 16, 2013

ok siap grak mazbro hehehe 😀

3. wongndeso94 - Oktober 16, 2013

Apa sama gak kang ato harus dimodifikasi bagian pembakarannya. Kalo umpama motor dan mobil bahan bakar cair diganti gas?

cicak kreatip.com - Oktober 16, 2013

kalau gas yang digunakan seperti gas dalam tabung LPG sudah pasti pengapian kudu dirubah, soalnya LPG mempunyai oktan yang cukup tinggi yaakni bisa kita bilang mempunyai angka RON 112 dan MON 97. Oktan sebesar ini akan lebih efisien digunakan pada motor bakar dengan perbandingan kompresi di atas 9.5 : 1.
Sedangkan kebanyakan sepeda motor yang dijual di Indonesia kompresinya dibawah itu, karena emang didesain untuk konsumsi bensin. kalau melihat penjelasan tersebut berarti kita wajib merubah sistem pengapian dengan memajukan saat pengapian. Kalau mentok yo bisa juga dinaikkan tekanan kompresinya.

4. genbuz - Oktober 16, 2013

masih mudeng…

cicak kreatip.com - Oktober 16, 2013

josss sieppplah 😀

5. macantua - Oktober 16, 2013

Mantap…

cicak kreatip.com - Oktober 17, 2013

jossss 😀

6. pak bakul - Oktober 16, 2013

yoona mantap.. 😉

cicak kreatip.com - Oktober 17, 2013

josssss mazbro hehehe 😀

7. orong-orong - Oktober 17, 2013
cicak kreatip.com - Oktober 17, 2013

hehehehe josss mazbro.. 😀

8. rusman - Oktober 17, 2013

wew…. mantap suhu

cicak kreatip.com - Oktober 17, 2013

thanks bro 😀

9. mysukmana - Oktober 17, 2013

apalagi kita kemaren makan daging qurban ya mas, penuh energi ..kayak gambar mbaknya yang makan mie… hehehe

cicak kreatip.com - Oktober 17, 2013

huhahahah…. bisa saja mazbro ini heheh 😀

10. lexyleksono - Oktober 17, 2013

Siip..siip…ditunggu kelanjutannya.

cicak kreatip.com - Oktober 17, 2013

ok siap mazbro.. 😀

11. Aghie Hasmawan Isgandhi - Oktober 17, 2013

aduuhh…energi nya cantik banget, bikin gemes aja ..hee hee

cicak kreatip.com - Oktober 18, 2013

hahahahha… bisa saja pak aghie ini… maturnuwon suhu, sudah mau mampir heheh 😀

12. Sumber Daya Energi, Siklus Dasar Motor Bakar – 04 ( 4tak & 2tak ) | cicak kreatip - Oktober 18, 2013

[…] seperti pembahasan sebelumnya yakni masih melanjutkan pembahasan mengenai sistem sumber daya eneri (baca artikel sebelumnya), nah sebelumnya ada sedikit beberapa pemahama yang kudu anda semua mengerti, yakni mengenai makna […]

13. Cara Menghitung kecepatan Rata-Rata Piston (sumberdaya energi – 7) | cicak kreatip - Oktober 24, 2013

[…] Lihat Pembahasan ke tiga […]

14. elbianto - Juli 20, 2017

Matur suwun penjabarane,Tak udud sek kangbro sesuai tema bahan-bakar men nyimak sinau tambah hot..hehe


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: