Iklan
jump to navigation

Sumber Daya Energi – 5, Cara Menghitung kapasitas Mesin ( CC ) Oktober 20, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags: ,
trackback

Gambar

Bro dan sis semua..ketemu lagi ya kita dalam edukasi otomotif ini, heheh gimana apakabar semuanya…? Pastinya sehat sehat saja kan..!!! melanjutkan materi yang kemarin kita bahas, yakni masih sangkut pautnya sama sistem sumber daya energi. Kemarin kita sudah sampai pembahasan mengenai siklus dasar motor, pengertian TMA & TMB, dan sedkit pengertian mengenai motor 4tak & 2tak. (klik disini untuk review ulang)

Nah kali ini yang akan kita bahas masih sama seperti kemarin, dimana pada pembahasan sebelumnya sudah kangbro singgung, yankni pengertian dari Bore / Stroke, Torqu, Hp. Nah berhubung kemarin belum dibahas, maka sekarang mari kita bahas bersama sama…!! Siapkan pikiran dan semangat anda…jika perlu ambil kopi dulu biar ngak ngantuk, hehehe 😀

Gambar

Bro… seringkalai kita melihat tulisan mengenai Bore / Stroke, Torque, Hp, ketika kita melihat suatu spek kendaraan bermotor…nah kira kira sudah tau belom apa maksudnya itu…? Oke…kalau sudah tau monggo diulas kembali, bagi yang belum tau monggo kita pelajari bersama sama…oky..!!

Bro seperti yang kangbro ketahui bahwa yang namanya BORE  jika kita artikan  adalah diameter bagian dalam suatu silinder der. Sedangkan STROKE adalah langkah sebuah piston yang dihitung mulai dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). (pelajari TMA dan TMB disini)

Nah biasanya kita kan seringkali melihat suatu engine dengna kapasitas mesin (cc) yang dibulatkan, meski ada juga yang murni tanpa pembulatan, contohnya engine dengan kapasitas 124cc, biar enak terdengar ditelinga konsumen, biasanya dibulatkan menjadi 125cc (lebih familier), nah hal tersebut biasanya sering kita ngak taua akan aktualnya, tanpa kita hitung secara langsung kapasitas sebuah engine tersebut, tentunya dengan sebuah rumus matematika…pingin tau gimana ngitungnya..? monggo disimak penjelasan dibawah ini mazbro…

Kapasitas mesin (displacement) dengan satuan (V) adalah menghitung sebuah volume yang didapat dari perbindahan piston dari TMB menuju TMA, dimana untuk menghitung volume tersebut, bisa dihitung dengan sebuah rumus :

V = x (DxD)  x L x N

                   4

Ket :

D : Diameter silinder (Bore)

L : Langkah (Stroke)

∏ : Rumus absolute sebuah lingkaran (3.14)

N : Jumlah silinder

Example : Sebuah motor memiliki langkah 42 mm (4.2 cm) dan diameter cylinder 56mm (5.6 cm) berapakah kapasitas / cc dari mesin tersebut…?

Jawab :

Rumus dasar : V = x D2 x Lx N

                                           4                   

V =  3.14 x (5.6 x 5.6) x 4.2 x 1

                         4

V =  413.575

              4

V = 103. 393 cc

Nah dari hitung hitungan diatas maka motor yang memiliki langkah 42mm dan diameter cylinder 56mm, kapasitas / cc nya adalah “103.393 cc”

Nah gimana brosis sudah paham toh mengenai cara menghitung sebuah cc suatu kendaraan…!! Emang ada beberapa rumusan yang menjabarkan cara menghitung suatu cc, tapi pada intinya semuanya sama, hasilnya juga sama..bedanya cuma caranya saja… monggo mau pilih rumus yang kangbro ajari atau rumus lain, intinya sama kok. NB : Rumus ini diterapkan pada tipe motor 2 tak dan 4 tak

Okelah kalau begitu.. sebagai latihan, monggo dicobak menghitung cc aktual motor yang dimiliki brosis semua.

Bagi yang kurang jelas monggo ditanyakan, atau bagi suhu-suhu enginers lainnya yang merasa penjelasan ini kurang, mohon ditambai sendiri, anggap saja rumah sendiri..heheh 😀

baca pembahasan selanjutnya.. I baca pembahsan sebelumnya..

Iklan

Komentar»

1. macantua - Oktober 20, 2013
cicak kreatip.com - Oktober 20, 2013

jossss , thanks bro 😀

macantua - Oktober 20, 2013

Sama sama mas bro… Nonton tv di hape mata jd kriyep kriyep ki… Hahhaa

cicak kreatip.com - Oktober 20, 2013

hahahha… eh ngomong ngomong motoGP hari ini,, lumayan juga daramanaya hehehe 😀

macantua - Oktober 20, 2013

HRC gantian geleng geleng kaya ayam lagi celeng hahahahaha

cicak kreatip.com - Oktober 20, 2013

hahaha..hemmmmmmm, kurang mateng kayaknya brifing awalnya heheheh :D,,, ( sakno)

macantua - Oktober 20, 2013

Bisa jadi bisa jadi… Hahahaha

wow - Januari 26, 2014

mw tanya bro kampas kopling apa ya yang cocok buat vega r new.??

2. ibam - Oktober 20, 2013

pembulatan cc yang extreme
124cc > 1250
144cc > 1450
156cc > 1600
196cc > 2000
Motor apakah itu?

cicak kreatip.com - Oktober 20, 2013

hehehe… motor apa ya….? heheh 😀

genbuz - Oktober 20, 2013

GL max
GL pro pertama/belum new tech
GL pro/mega pro
Tiger.
Kalo ngga salah tapi…

3. Yudhi Hendro - Oktober 20, 2013

beda motor 2 tak dgn 4 tak apa kangbro, belum mudeng saya 🙂

cicak kreatip.com - Oktober 20, 2013

secara prinsip kerjanya kalau motor 2 tak itu cuman buth 1x putaran poros engkol. dan 2x pergerakan pisto naik dan turun bisa menghasilkan tenaga. untuk menggerakkan roda, kalu motor 4 tak bedanya agar bisa menghasilkan tenaga poros engkol harus berputar 2x dan piston harus bergerak naik turun 4x…
kalau perbedaan dari segi komponen, ntar kita bahas lebih lanjut pada artikel yang akan datang 😀

Yudhi Hendro - Oktober 21, 2013

ok makasih penjelasannya, kangbro 🙂 joss tenan

cicak kreatip.com - Oktober 21, 2013

ok sama sama mazbro,,, thanks 😀

4. genbuz - Oktober 20, 2013

waduh… Jadi inget waktu sekolah STM dulu…
Juooos kang Bro, tambah 1 elmu lagi… Lanjutkan…!!!

cicak kreatip.com - Oktober 20, 2013

sieppp hehehe.. thanks bro 😀

5. masshar2000 - Oktober 20, 2013
cicak kreatip.com - Oktober 21, 2013

hahahah…. thanks masshar2000 😀

6. orong-orong - Oktober 21, 2013
cicak kreatip.com - Oktober 21, 2013

heheheheh sippp 😀

7. Karis - Oktober 21, 2013

sip

cicak kreatip.com - Oktober 21, 2013

ok 😀

8. ridertua - Oktober 21, 2013

mantap… tapi sekarang wis gak nyapai kalau suruh itung2an… ngitung butuhnya anak sekolah sekarang 😆

cicak kreatip.com - Oktober 21, 2013

hahahha…masukkkk masukk..hehehe kalau kangbro ngitung susunya anak anak heheheh 😀

9. 46@sukses.com - Oktober 22, 2013

Pelajarane jian angel2 tenan iki..Weh iso lulus po ora awak ku iki..

cicak kreatip.com - Oktober 22, 2013

hahahaha…selagi mau berusaha pasti kita bisa mazbro heheh 😀

ini cuma dasar saja kok mazbro…belum sampai ke komponen engine, cuma sekedar pegetahuan saja ngak ada salahnya masbro hehehe…. 😀 monggo ditanyakan.. 😀

10. dodi - Oktober 22, 2013

jebule…iki bru mantap.ngebuka lg jaman dl sya STM.goOd kang broO

11. Cara Menghitung Perbandingan Compresi & Penjelasan Mengenai Angka Oktan BBM ( Sumebr Daya Energi – 6 ) | cicak kreatip - Oktober 22, 2013

[…] artikel kangbro kemarin mengenai cara menghitung cc atau kapasitas mesin (klik untuk melihat artikel), nah jika dilihat penghitungan cc suatu mesin itu hanya mencangkup perkalian dan pembagian dari […]

12. Sumber Daya Energi, Siklus Dasar Motor Bakar – 04 ( 4tak & 2tak ) | cicak kreatip - Oktober 24, 2013

[…]  Baca pembahasan selanjutnya.. I Baca pembahasan sebelumnya… […]

13. Cara Menghitung kecepatan Rata-Rata Piston (sumberdaya energi – 7) | cicak kreatip - Oktober 24, 2013

[…] Lihat Pembahasan ke lima […]

14. septian - Januari 15, 2014

Bro klo motor ane jup mx, piston pake thunder 59mm, struk up 3mm, karbu PE28 d reamer jadi 30, trus klo kelistrikan udh racing semuanya tapi masih bingung ngitung cc nya berapa… Bisa kasih tau ga bro ccnya jadi berapa??

15. dargoen99 - Maret 24, 2014

kalau besar kecil klep apa juga mempengaruhi hitungan cc nya kangbrow????

cicak kreatip.com - Maret 25, 2014

ngak pengaruh bro 😀

16. P135LS : Substitusi Piston | Biker Soak - April 22, 2014

[…] ( sumber : CicakKreatip ) […]

17. SST - Mei 2, 2014

Uapik tenan kangbro,, dadi iso aku ngitung cc kndraan. Thank’s info’a ya kangbro..

cicak kreatip.com - Mei 3, 2014

sippp..sama sama bro..thanks juga sudah berkunjung di blog kang Majid ini 😀

18. agie - Mei 12, 2014

Makasih yah bro … 🙂

cicak kreatip.com - Mei 12, 2014

siep sama sama 😀

19. P135LS : Substitusi Piston - OTOMOTIF | OTOMOTIF - Juli 8, 2014

[…] ( sumber : CicakKreatip ) […]

20. arif - September 30, 2014

Bos kalo stroke nya 49,5 ngitung nya gmna atau tetep di buletin aja 49

21. martin - November 22, 2014

Thx info nya tp yg dimaksud rumus t’sebut??? diameter seher x panjang stang seher x 3,14?? atw 3,14 x diameter seher x tinggi tmb (setelah psng seher)???

Nb: tolong d blz n sekalian rumus2 nya dikirim kembali. Makasih

22. kocriet - Januari 7, 2015

Kalo itungan spek mio porting, noken. Kecrik’an nambah CC ngga sih?
Terus kalo porting, noken kecrik sama seker diameter 58mm jdii brapa CC.

23. michael kors bags online uk - Januari 13, 2015

our being exposed for making tiger woods glance lots more peoples, making her even more inviting to the size of his enthusiasts,

24. ilham dwi putra - Mei 3, 2015

Okey sy dwi dari sulawesi selatan . Terimakasih bang atas ilmu. Smoga ilmu y dpt sy amal kan. Buat abang

25. Dwiky Arif Apriyano - Mei 5, 2015

thanks for information, very usefull 😀

26. Spesifikasi Honda CB150R Facelift terbaru…! Power sama, Torque Naik + Obesitas!! | cicakkreatip.com - Juli 12, 2015

[…] Stroke : 57,3 x 57,8 mm. Dari sinilah sudah terdapat perbedaan, kalau kita hitung dengan rumus cc (disini rumusnya) dari spek engine dalam kapasitas (cc) untuk New Honda CB150R facelift ini mengalami […]

27. Yusuf Rafif - Juli 13, 2015

ko di bagi 4 itu dari mana?
terus kalo torsi tuh gmna?

Mohon penjelasannya

cicakkreatip.com - Juli 13, 2015

Itu sudah rumus absolut bro…. 😀

28. Irfan kecil - September 9, 2015

Itu kok di bagi 4
Dari mana om dapat angka 4 nya

cicakkreatip.com - Oktober 6, 2015

rumusannya broh 😀

29. gatot - September 23, 2015

lah rumus mencari langkahnya itu gimana

30. frans - Oktober 6, 2015

gx slh isian.a tu sya sudah 3x mencoba jwbn.a bkn 103.394
tetapi 103.393

mohon di perjelas isian yang saudara buat

cicakkreatip.com - Oktober 6, 2015

ok tq broh koreksinya…

31. dhi120795 - November 24, 2015

bro ane punya motor scoopy piston 58 pen stroke 3mm kalo klep pake punya sonic. jadi berapa cc itu bro kalo di jumlahin… ?

32. ilser - November 19, 2016

mas bro…. mau tanya soal yang di atas… langkah yang dimaksud diatas 42 mm itu langkah apa ya? tolong di jelaskan

33. ilser - November 19, 2016

v = II x (DxD)xLxN , kenapa harus di bagi 4 ?


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: