Iklan
jump to navigation

Pengertian Torsi / Torque (sumberdaya energi – 8) Oktober 26, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags:
trackback

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8

Brosis…sampeyan semua paham terhadap torsi ngak..? banyak orang bilang kalau motor mempunyai torsi yang besar dianggapnya tenaga motor tersebut sangatlah kuat,  torsi bisa juga diartikan sebaga momen puntir yang diberikan pada suatu benda, sehingga menyebabkan benda tersebut berputar. Tosi di rumuskan dengan (Torsi “T” = Gaya “F” x Jarak “R”) yang artinya gaya dikali dengan jarak yang ditunjukkan dalam satuan kgm/kgcm, atau N.m (Newton.meter) dalam satuan SI.

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8Tosi bisa diatur bro…lah iya ta..? yo’i….kita bisa memperbesar torsi dan memperkecil torsi…lah gimana caranya…? hem gampang bro, contoh yang bisa kita amati dalam kehidupan sehari hari kita, dimana brosis semua pernah lihat ngak sebuah truk kontener besar yang lagi ganti roda dibahu jalan raya…?

Nah kalau diamati, baut pengikat roda tersebut sangatlah besar besar, kalau dibilang seukuran mangkok bakso hehehe 😀 , lah kalau dipikir untuk melepas baut tersebut pasti butuh tenaga yang besar, hemmm emang semua itu betul bro…butuh tenaga besar, dan juga diimbangi dengan tubuh yang seger buger layaknya atlit angkat besi, hehehe 😀 , tapi kayaknya ngak juga deh kalau kita tau rumusan akan torsi, yup…gaya dikali dengan jarak…dimana gaya yang diberikan cuma sedikit tapi hasilnya sangat besar.

Hal tersebut ternyata diterapkan oleh pak sopir yang ganti roda mobil tersebut. Dimana mereka nambahin lengan kunci dengan pipa panjang, penambahan lengan kunci tersebut bisa mengakibatkan torsi yang diberikan pada baut roda tersebut semakin besar. Jadi wajar kalau pak sopir cuma memberikan tekanan (gaya) sedikit, baut sudah terlepas…(enteng bro)

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8Nah untuk masalah panjang, hal ini kalau diumpamakan dimotor pasti mirip seperti stang piston (connecting rod) dimana komponen tersebut juga diatur panjangnya, dimana ada yang menggunakan stang pendek dan panjang (motor langkah panjang dan pendek). Hal tersebut juga terdapat hubungan sama torsi yang dihasilkan, buktinya motor yang menggunakan stang pendek atau panjang performa yang dihasilkan juga berbeda beda..

pengertian-torsi-torque-sumberdaya-energi-8Selain pada stang piston, torsi didalam mesin juga diterapkan pada gigi percepatan, dimana pengtauran torsi didapat dari perbandingan jumlah gigi. Contohnya, jika kita mau start awal pasti bebanyang diterima oleh mesin sangtlah besar karena motor masih belum bergerak sama sekali, hal tersebut membutuhkan tenaga/torsi yang besar pula, nah dari situlah kita langsung masukkan gigi 1 toh untuk mulai berjalan, karena apa..? karena gigi 1 disitu sudah diatur dari perbandingan jumlah giginya, yang mana torsi yang dihasilkan lebih besar dari gigi yang lainnya (gigi 2-3 dan seterusnya).

Seperti yang kang Majid bilang, tiap gigi mempunyai nilai torsi yang berbeda, sepertihalnya gigi 3, 4 dan seterusnya, semakin tinggi tingkatan gigi yang kita gunakan, maka torsinya juga semakin kecil, karena apa…? karena taklain lagi semakin kita menggunakan gigi menuju top gear, maka semakin cepat pula laju motor, imbasnya motor tidak membutuhkan tenaga/torsi yamg besar.

Coba saja kalau ngak percaya sampeyan, gigi 4 dibuat jalanin motor pertama kalai (start awal) apa ngak molor tarikannya, kayak siput  ikut marathon GaGaGa 😀 so…torsinya gigi 4 emang tidak sebesar gigi dibawahnya termasuk gigi 1 tadi. Ok dah…sekian dari kang Majid…maturnuwon.

Artikel terkait :

 

Iklan

Komentar»

1. macantua - Oktober 26, 2013
cicak kreatip.com - Oktober 26, 2013

thanks bro 😀

macantua - Oktober 26, 2013

tambah terus artikel pngetahuannya…. dijamin tak pantau terusss….. hehehehehe

cicak kreatip.com - Oktober 26, 2013

hehehe jossss.. woke bro.. artikel edukasi selalu update tiap 2 hari sekali mazbro.. monggo di pantau 😀

macantua - Oktober 26, 2013
cicak kreatip.com - Oktober 26, 2013

sippp 😀

2. pak bakul - Oktober 26, 2013

anda pinter sekali bro..

cicak kreatip.com - Oktober 27, 2013

hehehe ah jadi malu 😀 , biasa aja kok brp 😀

3. potretbikers - Oktober 26, 2013

Izini menyimak,kang guru 😀

cicak kreatip.com - Oktober 27, 2013

hahaha monggo bro 😀

4. genbuz - Oktober 27, 2013

mayan… Nambah lagi pengetahuan hari ini. Lanjutkan…

cicak kreatip.com - Oktober 27, 2013

heheh sip…. 😀

5. Mase - Oktober 27, 2013

makasih ilmunya om….

cicak kreatip.com - Oktober 27, 2013

sama sam bro 😀 ,

6. Pengertian Horse Power (Hp) atau Daya Kuda (DK) Dalam Otomotif… Sumber Daya Energi-09 | cicak kreatip - Oktober 29, 2013

[…] dan sis…pada pertemuan ke 8 kemarin kita sudah bahas kan mengenai apa itu torsi (torque)…? dimana torsi juga brperan dalam mekanisme engine (klik disini untuk melihat pembahasan), […]

7. cah creative - Oktober 29, 2013

Langkah/ stroke pada sepeda motr mempengaruhi torsi dari kendaraan. Mengapa akhir2 ini banyak sepeda motor yang menggunakan langkah panjang?

8. zaenal - Januari 6, 2014

masih belum paham… hehe…

cicak kreatip.com - Januari 6, 2014

wkkkkk 😀 dibaca sekali lagi 😀

9. photo jakarta prestige - Maret 14, 2014

yes penjelasan mantap bro,,sy mau tanya,,,Ford ecosport punya torsi 142 Nm dibanding Rush toyota punya torsi = 14,4 kgm mana yg lebih kuat bro ,,tks

10. warukin - Juli 12, 2014

ya torque sama lah,karena 142Nm=14,47 kgm

11. ihsan - Maret 21, 2015

ilmu nya sangat bermanfaat ..terima kasih pak cicak..hhe 😀

cicakkreatip.com - Maret 22, 2015

Sama sama bro ihsan 😀

12. roziqin - Januari 25, 2016

Thk om udah buat artikelnya, sangat membantu…

cicakkreatip.com - Januari 25, 2016

siap..sama sama broh…

13. Pengertian Horse Power (Hp) atau Daya Kuda (DK) Dalam Otomotif… Sumber Daya Energi-09 | cicakkreatip.com - Mei 2, 2017

[…] dan sis…pada pertemuan ke 8 kemarin kita sudah bahas kan mengenai apa itu torsi (torque)…? dimana torsi juga brperan dalam mekanisme engine (klik disini untuk melihat pembahasan), […]


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: