jump to navigation

Pengertian Horse Power (Hp) atau Daya Kuda (DK) Dalam Otomotif… Sumber Daya Energi-09 Oktober 29, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags: ,
trackback

GambarBro dan sis semua… Sebelumnya kangbro mohon maaf yang sebesar besarnya dikarenakan pada hari senin kemarin kangbro ngak bisa posting tentang materi Edukasi, soalnya kemarin kangbro kurang enak badan, jadinya tangan dan fikiran kangbro ngak bisa otak atik laptop yang ada didepan mata. Nah sebagai gantinya, maka hari ini kangbro akan memberikan edukasi tersebut, tepatnya materi masih berkaitan dengan sumber daya energi.

Bros dan sis…pada pertemuan ke 8 kemarin kita sudah bahas kan mengenai apa itu torsi (torque)…? dimana torsi juga brperan dalam mekanisme engine (klik disini untuk melihat pembahasan), nah sekarang ini kita lanjut pada materi berikutnya, yakni mengenai Daya, atau biasanya kita nyebutnya horse power (HP) bukan hp alat untuk komunikasi yo heheheh 😀 …tetapi suatu singkatan kata yang digunakan untuk kemampuan dalam kreteria tenaga yang dihasilkan dari suatu engine.

Seringkali kita melihat nilai/angka HP yang di usung pada suatu kendaraan bermotor, biasanya sih kita lihatnya dari spek kendaraan yang sudah tercantum pada lembaran kertas yang ditawarkan oleh para sales, tetapi untuk membuktikan betul tidaknya biasanya langsung kita coba dengan memakai sebuah alat, diantaranya kita bisa meakai alat Dyno test.

Seringkali kita melihat besar kecilnya horse power yang diusung oleh sebuah engine, dimana nilai yang tertera dari besar kecilnya angka Horse Power yang dikeluarkan oleh motor sangatlah berpengaruh besar pada tenaga yang dihasilkan oleh engine motor tersebut.

Nah bicaranya dari tadi kok mengenai Horse Power terus yo…!!! Kira kira ada yang belum mudeng mengenai horse power (Hp) itu apa…? Nah untuk sekedar review ulang, supaya yang sudah tau makin tau dan yang belum tau menjadi tau, monggo kita ulas sedikit demi sedikit mengenai Horse Power… Monggo disimak… 😀

Bro dan sis para pembaca sekalian, melihat sejarahnya dari penemuan Horse Power (Hp) / Daya Kuda (DK) tak luput dari penyandang nama lengkap james Watt, yupz dimana kalau kita belajar di sekolah, james Watt adalah seorang penemu mesin bertenaga uap (mesin uap), dimana nama tersebut adalah sebuah standard yang diperoleh dari hasil observasi dari kemampuan rata-rata seekor kuda, dimana kuda tersebut mampu memutar sebuah penggilingan yang beradius 12 kaki (3.6576m) dengan jumlah 144 putaran dalam satu jam (2.4 putaran/menit).

Jadi kalau bisa dijabarkan yang namanya Horse Power (HP) adalah sebuah kemampuan untuk mengusung sebuah beban dalam priode/rentang waktu tertentu. Dalam kendaraan bermotor biasanya disitu akan menyantumkan dua varian nilai dari Horse Power, dimana yang pertama adalah Brake Horse Power (BHP), nah maksudnya dari BHP adalah suatu nilai horse power yang diperoleh dari sebuah gerakan piston naik turun yang diterima oleh poros engkol (crankshaft) dan nilai tersebut dihitung sebagai nilai net (nilai bersih) dari horse power, nilai tersebut didapat dengan mengabaikan loss komponen yang dihasilkan oleh putaran komponen komponen lainnya yang terdapat pada rangkaian mesin tersebut. Sedangkan yang ke dua adalah Wheel Horse Power (Horse power) dimana nilai dari Hp tersebut didapat setelah melalu proses loss komponen yang ada didalam rangakaina mesin tersebut.

Nah bro dan sis… Untuk penerapan satuan Horse Power sebenarnya tidak saja diterapkan pada otomotif saja , tetapi satuan ini bisa juga dikonversikan ke elektrik dalam satuan watt, dimana 1 Hp = 764 watt. Sedangkan kalau diterapkan pada otomotif lebih cenderung menggunakan metric yang diterapkan Jerman, dimana satuannya menggunakan PS (Pferd Strarke) dimanan 1 PS-nya setara dengan 735.49875 watt, jika dalam otomotif biasanya menggunakan satuan kg-fm/sec dimana 1PS-nya setara dengan 75 Kg-fm/sec.

Jadi bro.. kalau dalam otomotif setiap 1 PS (Pferd Strarke)  atau 1 HP (horse power) bisa diartikan sebagai tenaga yang diperlukan untuk mengangkat beban seberat 75 kg sejauh 1 meter dalam waktu 1 detik. Nah.. begitu bro… dari semua penjelasan tersebut intisarinya bisa kita terjemahkan bahawa semakin tinggi kecepatan mesin (Ps), maka semakit besar pula tenaga yang dihasilkan.

Nah bro gimana…udah mudeng apa belum kira kira….???

Sekian dari kangbro yo… Bagi yang kurang jelas monggo ditanyakan, atau bagi suhu-suhu enginers lainnya yang merasa penjelasan ini kurang, mohon ditambai.

baca pembahasan selanjutnya.. I baca pembahasan sebelumnya

(cicak kreatip.com I By: Abd.Majid)

Anak bangsa yang peduli akan kecerdasan bangsa.

Gambar

mudeng apa belommmmm….???? 😀 kalau  belom tak ajarinnn yo… 😀

Komentar»

1. ibuseno - Oktober 29, 2013

baca2 aja dulu kang bro… sambil senyum2 sama cewek2 cantik dibawahnya 🙂

cicak kreatip.com - Oktober 29, 2013

hahahaha monggo sis hehehe 😀

2. cah creative - Oktober 29, 2013

semakin tinggi kecepatan mesin semakin besar pula tenaga yang dihasilkan . Dari kesimpulan yg mas sampaikan diatas mengapa pada sepeda motor ketika RPM semakin tinggi tenaga ( HP ) yng dihasilkan tdk naik seiring dengan naiknya RPM monggo mas penjelasannya?

cicak kreatip.com - Oktober 29, 2013

penerapan besaran horsepower pada kendaraan juga dipengaruh oleh gear ratio. seperti pada 1000 rpm di gear 1 , pasti berbeda rpm-nya jika gear di oper pada gear 2. tetapi pada dasarnya nilai puncak yang dihasilkan adalah sama pada putaran tertentu setiap gear (kecuali auto matic).
maka dari itu pada transmisi manual, kita bisa beranggapan bahwa agar dapat menghasilkan horsepower puncak…maka kita harus memindahkan gear pada putaran tertentu.. sesuai dengan kondisi jalan dan kecepatan maksimal pada tiap-tiap gigi.

sekiranya itu.. kalau ada kesalahan dalam menjawab, monggo direvisi, intinya kita sama sama belajar 😀

cah creative - Oktober 29, 2013

Bukanx perpindahan gigi (ratio) itu mempengaruhi terhadap torsi kendaraan. kiri2 apa hubungax dengan hoursepower monggo kulo nyuwun jawabane

cah creative - Oktober 29, 2013

Berarti dengan cc yang sama. Dengan sepeda yang gigix lebih banyak menghasilkan daya yang besar juga. Artinya vixion dengan CB 150R hoursepowerx lebih besar CB 150 R….
Wah nanti sepeda q tak tambahin gigi aja.

cicak kreatip.com - Oktober 29, 2013

bro emang ada beberapa yang mempengaruhi terhadap horse power dan torsi, dimana Torsi dan horsepower pada suatu kendaraan itu juga dipengaruhi oleh kapasitas cyliner (cc) dan tekanan kompresi, bisa diartikan semakin besar kapasitas cylinder dan kompresi maka bias menghasilkan suatu tenaga yang lebih besar, dengan demikian tentunya motor dalam konsumsi BBM-nya lebih banyak juga.

Selain itu ada juga faktor yang mempengaruhi, yakni masalah bobot dari kendaraan tersebut, karena semakin berat kendaraan, maka semakin besar torsi awal yang dibutuhkan untuk menggerakkan kendaraantersebut, sehingga semakin panjang pula waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga puncak/horsepower yang besar untuk percepatannya. Torsi dan horsepower memiliki puncaknya pada putaran tertentu. Nah jika masih belum yakin, biasanya untuk mengetahui torsi dan horse power dari suatu kendaraan biasanya kita ngujinya pakai alat dyno tes.
==================================================================
Ref: Berarti dengan cc yang sama. Dengan sepeda yang gigix lebih banyak menghasilkan daya yang besar juga. Artinya vixion dengan CB 150R hoursepowerx ( ref: horse power/daya kuda) lebih besar CB 150 R….
Wah nanti sepeda q tak tambahin gigi aja.

3. Mas Sayur - Oktober 29, 2013

wah..jan … tambah ilmu tenan iki aku…
btw ntar kalau sdh lulus aku oleh sertifikat ora,mas…? 😉

http://bakulkangkungjpr1.com/2013/10/29/suzuki-gsr250sinazuma-bertudung-dari-china-juga-akan-di-jual-di-jepang-indonesia/

cicak kreatip.com - Oktober 29, 2013

hehehehe…. sertifikat ngak jadi jaminan bro, yang penting ilmunya bener ngak hehehe.. 😀 ,

yada deh takbuatin sertifikat ala kangbro entar.. 😀

4. Aan Kiye - Oktober 29, 2013

ane blum mudeng Om xixixi 😉

cicak kreatip.com - Oktober 29, 2013

hehehe monggo yang belum mudeng bagian mana bro..? 😀 monggo ditanyaken .. 😀

5. Iketut Diarsa - Oktober 29, 2013

hehehe…….lum kuda sembrani bisa mabur

cicak kreatip.com - Oktober 29, 2013

hehehehe 😀

6. genbuz - Oktober 29, 2013

waduh wis mulai koleng… Biasane moco sepisan wis mudeng, iki moco ping 5 tembe mudeng… Nak ngene angel kon Rengking 1… Hehe…

cicak kreatip.com - Oktober 29, 2013

hehehe monggo ditanyakan jika ada yang kurang faham bro heheh 😀 , maklum ini adalah materi mengenai sumber daya energi yang terakhir, next kita akan bahas materi lainnya 😀

7. macantua - Oktober 29, 2013

Nah ini nih…. Biasanya orang suka ketipu sama BHP dan HP… Gini kang. Secara aktual nih kata bbrp orang NVL punya tenaga sekian dan besarnya lbh besar dari si CBSF. Bobot NVL juga lebih rendah dari sang CBSF. Torsi juga kalah. Anggap 1HP untuk mengangkat 75kg per meter per second. PWR jelas besar NVL ya… Tapi kenapa kenyataan dilapangan hasilnya beda ya. Ane lbh sering liat yang katanya lebih inferior menang dilapangan (asumsi skill rider sama motor kondisi standar)…. Kita bicara on HP wheel nih… Bukan BHP… Monggo kang… Ada faktor lain kah????

cicak kreatip.com - Oktober 30, 2013

waduh kalau kata orang kangbro ngak berani komen nih, hehehe,, lebih akuratnya dites saja kemampuan 2 motor tersebut pakai dyno test saj bro… heheh 😀

macantua - Oktober 30, 2013

Justru itu ane bingungnya… Kata orang dyno kalah. Tp dilapangan beda…

cah creative - Oktober 30, 2013

Semua sepeda mtr memiliki karakter masing masing dan dengan keunggulan masing2 tdk mungkin. Motor yng ditunggangi sama mas q di moto GP valentino rossi dengan lorenzo pasti berbeda walaupun memiliki CC yang sama tergantung tekat atau adrenalin dari joki bisa menentukan siapa yang menang

macantua - Oktober 30, 2013

Nah ini… Sbnrnya 50:50 pengaruh engine dan rider kan om..

cicak kreatip.com - Oktober 30, 2013

sippp masukkkk…. 😀

8. masshar2000 - Oktober 29, 2013

1 HP = 0.9 PS massbro…tepatnya 0,97 PS ..mohon dikoreksi jika salah…suwun.
http://masshar2000.wordpress.com

genbuz - Oktober 30, 2013

yups… Betul mas Bro, tepat nya
0,96269… Yah di buletin 9,7 ora opo2lah karo konco… Hehe…

masshar2000 - Oktober 30, 2013

hehehe…buat pelaris..

cicak kreatip.com - Oktober 31, 2013

hahaha pakai pelaris segala nih heheheh 😀

9. wongndeso94 - Oktober 30, 2013

Berarti Truk” itu PSnya ya yg jd acuan bs ngangkut berapa maksimalnya.

http://wongndeso1994.wordpress.com/2013/10/29/bengawan-solo-misteri-yang-dipercaya-atau-tidak/

cicak kreatip.com - Oktober 30, 2013

bukan ps tapi cenderung yang lebih gede itu torsinya bro… 😀

10. orong-orong - Oktober 30, 2013
cicak kreatip.com - Oktober 30, 2013

hahaha,, sipppp 😀

11. genbuz - Oktober 30, 2013

Alhamdulillah wis faham kang Bro.
Pantesan pas bahas p200ns power di klaim 23 HP, versi dyno test cuma 19, sekian HP. Ternyata 23 HP nya itu on crankshaft… Jadi tenaga yg di salurkan sampai ke roda itu mengalami loss power ya kang Bro…

cicak kreatip.com - Oktober 30, 2013

hem koyo’e se begitu bro hehehe… 😀 , jos kalu sudah faham 😀

12. shop for canada goose black friday ottawa il 2014 sale outlet - November 25, 2014

Tips for bag.. How one can crank bag In The Blink Of an Eye !
shop for canada goose black friday ottawa il 2014 sale outlet http://www.viaggiolux.com/css/canada-goose-jacket-black-friday-sale-usa/zxoinnnh-p-908.html

13. canada moncler black friday cyber monday lovers of men vest sleeveless single breasted black coupon code - November 27, 2014

What analysts are not revealing regarding bag and the way this is relevant to you actually.
canada moncler black friday cyber monday lovers of men vest sleeveless single breasted black coupon code http://www.superstardirectory.info/Content/moncler-black-friday/cyber-monday-in-new-york/mxactrpb-p-604.html

14. pletisenperbatasan - Desember 16, 2014

brow sertifikat 3 dr ymki iso d gae golek utangan ra… .?

15. nur - Januari 8, 2015

Nah kalau 1horsepower jadinya berapa CC kang?

cicak kreatip.com - Januari 8, 2015

cc itungannya ngak dipengaruhi oleh horse power bro, tapi imbasnya ke horspower 😀

cicak kreatip.com - Januari 8, 2015

“contoh pengertian HP: setiap 1 PS (Pferd Strarke) atau 1 HP (horse power) bisa diartikan sebagai tenaga yang diperlukan untuk mengangkat beban seberat 75 kg sejauh 1 meter dalam waktu 1 detik

16. mikel - Maret 11, 2015

hubunganya horsepower sm rpm apa bang ?

17. ihsan - Maret 21, 2015

sangat bermanfaat ilmu nya bg saya pribadi.terima kasih pak.cicak hhe 😀

18. Dwi Rizky Febriyanto Ipep - Maret 23, 2016

oke, 1 hp itu tenaga yang diperlukan untuk mengangkat beban seberat 75 kg sejauh 1 meter dalam waktu 1 detik. Nah kalau 2 hp?
pengertiannya seperti apa?? apakah 2 hp = 150 kg sejauh 1 meter/dtk… atau 150 kg sejauh 2 meter/dtk..atau 150 kg sejauh 2 meter /2dtk..mohon informasinya, terimakasih..

19. Cicou - April 23, 2016

Yg mau saya tanyakan sya liat dibrosur sebuah alat treadmill tertulis 2HP/3.00HPP klau ini maksudnya apa bang mohon pencerahan

Apa bedanya hp sm hpp


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: