Iklan
jump to navigation

Motor Pakai BBM Jenis Premium…!!! Gimana Ya…Kondisi Ruang Bakarnya…? November 29, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Uncategorized.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

Gambar

Bro dan sis…kadangkala pemilihan bahan bakar yang pas akan membuat konsumsi bahan bakar pada motor kita menjadi lebih efisien, selain itu tentunya tenaga yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar tersebut juga akan lebih maksimal.

Bukannya sok keminter, tetapi sekedar iseng iseng saja, dengan memperhatikan banyaknya bahan bakar kendaraan bermotor yang bermunculan di pasaran, dengan menawarkan kelebihannya masing masing. Kangbro tergerak untuk mencicipi satu persatu akan pemakaian bahan bakar tersebut dalam kendaraan bermotor kangbro.

Kali ini dalam acara cicip mencicip BBM, kangbro menggunakan motor injeksi 115cc dengan perbandingan kompresinya 9,3:1, pengapian jenis TCI dengan tipe transmisi automatic. Sengaja ngak kangbro sebutin nama motornya, lah emang kangbro niatnya bukan promosi heheh :D , oke motor sudah disiapin, kondisi motor masih standart pabrikan, dalam artian motor masih belum di otak atik sama sekali, lah kilometernya saja masih menunjukkan angka 8km, masih baru om…

Meski masih baru, kangbro tetap pingin ngintip kondisi ruang bakarnya, sudah berjelaga apa tidak…meski sudah bisa dipastikan bahwa motor baru ya kondisi ruang bakarnya masih kinclong, lah kok sampeyan bukak loh..? ya namanya orang kaya waktu,,,kangbro buang buang waktu dah hehehe 😀

Kangbro mulai membongkar ruang bakarnya, nah ni potret dari rauang bakar motor yang kilometernya masih 8Km.

Gambar

Ediannnnnnnn…jiah edian tenannnn…ealah biasa saja deh bro hehe 😀 , nah betulkan masih bersih ruang bakarnya, yaweslah dikembalikan lagi ke kondisi semula, langsung isi bahan bakar dan langsung tancap gas.

Oh iya…bahan bakar pertama yang kangbro coba adalah jenis premium, dengan alasan bahan bakar jenis ini lebih merakyat dan tentunya lebih banyak digunakan, dengan patokan kilometer di speedometer kangbro buat aktifitas seperti pada pamakaian kendaraan pada umumnya, berangkat kantor, pulang kantor…walhasi kangbro targetnya ngak muluk muluk, speedometer menunjukkan angka 100km kangbro bongkar dah tu ruang bakar lagi.

100km sudah diperoleh dalam kurun waktu 2 hari, dimana motor kangbro buat PP kantor tiap harinya, semangat pingin ngintip lagi menjadikan tangan kangbro lebih agresif dalam membuka, membuka baut baut yang ada di mesin maksudnya (jangan brefikiran jorok om heheh) sudah lepas baut baut pengikat cylinder headnya, langsung tarik dah keluar…jiahhhhh semula ruang bakarnya kinclong, sekarang menjadi gosong, wah wah…jadi gini ya kondisi ruang bakar jika kita memakai premium…monggo dilihat gambar di bawah ini.

Gambar

Hemmm jadi kayak gitulah gambaran hasil pembakaran premium di ruang bakar, lah dala baru 100km kok sudah berkerak yo…? Yupz itulah faktanya di lapangan sepakbola, bro jika kerak/karbon dalam ruang bakar tersebut dibiarin tanpa ada tindakan, bisa bisa dengan berjalannya waktu pemakaian motor, ruang bakar menjadi semakin menyempit karena tumpukan karbon tersebut, walhasil kompresi menjadi naik, tenaga mesin menjadi amburadul, dan bisa juga karena karbon tersebut  motor kita menjadi los kompresi (kehilangan kompresi) walhasil motor kita menjadi mogok.

Dengan penjelasan tersebut, maka tidak heran jika dengan rentan waktu tertentu, motor kita perlu di beda jeroannya, terutama ruang bakar haus dibersihkan, supaya dapat mengembalikan performa mesin menjadi seperti sediakala, layaknya motor baru.

Hem itulah hasil cicip mencicip kangbro terhadap BBM jenis  premium, sengaja untuk akselerasi motor saat memakai premium tidak kangbro bahas, soalnya pada intinya sampeyan juga pasti sudah merasakannya…ya toh..? heheh 😀 , sekian hasil nyicip mencicip premium dari kangbro, target selanjutnya adalah Pertamax dan Shell… hemmm..tunggu hasilnya pada artikel selanjutnya.

Salam cicak kreatip.com

Iklan

Komentar»

1. masshar2000 - November 29, 2013
cicak kreatip.com - November 29, 2013

hehehe,,masih tetap aman bro..lah wong tinggal bersiin aja kok hehehe 😀

2. dodi - November 29, 2013

1. cobA doNk mz brow. . .ulas juga hal yang sama seperti itu tapi BBM nya diGanti dengan PERTAMAX.
2. terus jikalau setiap harinya sudah pake pertamax eh eh disuatu hari kehabisan BBM begitu diPom malah adanya cuma pertamax plus. Nah jika begito ngaruhnya apa ya dengan mesin?

cicak kreatip.com - November 29, 2013

nah itu bro… selanjutnya akan kangbro bahas 😀

3. wongndeso94 - November 29, 2013

Wah, bahaya. Wedi aq

cicak kreatip.com - November 30, 2013

heheh ngak usah wedi bro..toh ada waktu untuk service besar 😀

4. belalangmerah - November 29, 2013
cicak kreatip.com - November 30, 2013

huhahaha…bisa saja bro.. 😀 hehehe 😀

belalangmerah - November 30, 2013

maklum gaji pas2xan neh kang…eh kurang malah…….
monggo yang mau nyumbang
*eh hahahaha

cicak kreatip.com - November 30, 2013

heheh disukuri saja bro yang sudah ada..toh rizeki sudah di jata heheh 😀

belalangmerah - November 30, 2013

Bener bngt mαѕЪяσ° hehehe

5. touringrider - November 29, 2013

Tiap gnti oli tambahkan juga carbon cleaner di tangki bbm.

cicak kreatip.com - November 30, 2013

nassuk…itu salah satu cara yang jitu.. siep 😀

6. Mase - November 30, 2013
cicak kreatip.com - November 30, 2013

hehehe yupz 😀

7. Kobayogas - November 30, 2013

Kang cicak improve banget bahasa nya…lbh enak dibaca skrg hehhe..joss..
Ya begitoelah adanja..pake bbm ron tinggi jg ada kerak, bedanya di kuantitas si keraknya heheh..
http://kobayogas.com/2013/11/29/thailand-international-motor-expo-live-report-and-gallery/

cicak kreatip.com - November 30, 2013

suwin mazbro…proses belajar masih berlanjut heheh 😀
betul…s7, eit pemakaian BBM juga kudu sesuai dengan kompresi rasionya juga heheh 😀

Kobayogas - November 30, 2013

Idealnya gitu, tp dengan retard pengapian selesai deh, performa di korbanin hehee..

cicak kreatip.com - November 30, 2013

hehehe 😀

8. orong-orong - November 30, 2013
cicak kreatip.com - November 30, 2013

hemm kaya’e begitu bro…next artikel kangbro coba pakai pertamax bro.. 😀

9. rsaputro - November 30, 2013

nhahh ini baru buka bukaan kang jadi jelas to mana yang bagus mana yang kurang, tapi tetap premium wkwk yang penting jalan. belum bisa nyari uang sendiri soalnya :mrgreen

cicak kreatip.com - November 30, 2013

hehehe mantepdah…poko’e jalan 😀

10. abalabal - November 30, 2013

ane dri awal bli smpek skrg dikilometer 35 ribon pkek pretamax ples trus kang, mntap, blum prnah gnti busi, slalu merah bata, 😀 mklum kompresi 10,9:1 😆

cicak kreatip.com - November 30, 2013

mantep kalau begitu, mera bata berarti maknyus pembakarannya 😀

11. genbuz - November 30, 2013

wow… Ngeri…
Jadi ngga sabar nunggu ulasan selanjutnya…

cicak kreatip.com - November 30, 2013

hehehe 😀

12. ari - November 30, 2013

bongkar kebiasaan lama 😀

cicak kreatip.com - November 30, 2013

hehehe 😀

13. zidae - November 30, 2013

lha trs motorq dah 5th lebih blm prnh servis besar.kyk ap dlmnya…..

cicak kreatip.com - November 30, 2013

hehehe hemm monggo di cek, pastinya lumayan tu keraknya, hehe 😀

14. dodi - Desember 1, 2013

Slmt sore mZ brow

Biasa,saya menampakan diri krna ada mauny.hehehe
Mau tanya niH sepuTar BBM.
Tunggangan saya si cibi streetfire minumNy kalo gk salah pertamax,saran dr pabriknya gituhh. nah malah ku kasih PREMIUM, niatnya mau saya ganti PERTAMAX.

1. Apakah dalam pergantianya dri premium kePertamax harus kuras tangki dulu atokah maen timpa aja,sehingga tercampur antara bensin yang ditangki dg pertamax ?
2. Jikalo pertamax biasa dicampur dg pertamax plus/dg premium, dg alasan sikon yg memaksa. Contohnya kehabisan BBM ditengah jalan sehingga harus mengisi dg BBM yg ada ? Apakah hal seperti itu aman bagi mesin?
3. Isu tetang mesin bisa JEBOL karena dikasih pertamax bener gak tuh ?
4. Terimaksh bngt&paling ditunggu artikelnya tetang pembahas kaya gini. MANTAPC:-)

cicak kreatip.com - Desember 1, 2013

sebelumnya terimakasih atas kunjungannya bro…kangbro jawabya pertanyaannya sesuai dengan apa yang kangbro tau.. 😀

1. Apakah dalam pergantianya dri premium kePertamax harus kuras tangki dulu atokah maen timpa aja,sehingga tercampur antara bensin yang ditangki dg pertamax ?
Jawab : seharusnya kudu kita kuras, soalnya dalam suatu jenis bahan bakar itu memiliki angka oktan tersendiri, dimana standart angka ron (oktan) untuk bbm itu sudah ditentukan, contohnya : premium angka oktannya 88, pertamax angka oktan 93, pertamax plus 95, nah jika bahan bakar tersebut di campu jadi satur, pasti malah amburadul nilai angka oktannya, so jadinya malah ngak jelas BBM-nya, yatoh..? tetapi kadangkala karena financial, kalau di buang BBMnya terus ganti yang baru, pasti sayang yo..toh BBM sekarang naik harganya..heheh 😀

2. Jikalo pertamax biasa dicampur dg pertamax plus/dg premium, dg alasan sikon yg memaksa.Contohnya kehabisan BBM ditengah jalan sehingga harus mengisi dg BBM yg ada ? apakah hal seperti itu aman bagi mesin?
Jawab : jawabannya hampir mirip seperti jawaban pada pertanyaan no. 1 , sebenarnya tidak ada masalah tetapi bisa juga jadi masalah..bingungkan..? biasanya kalau pakai BBM pertamax lari ke premium kemungkinan efek yang paling terasa yo masalah tenaga dan kondisi kebersihan ruang bakar saja, tetapi jika kita sudah lama pakai premium terus pindah ke pertamax, nah itu kadangkala bisa membuat motor kita ngambek, dimana semula kerak yanga ada di ruang bakar tertimbun, setelah di isi pertamax, dihajar dah kerak tersebut sampai bersih, rontok ngak tersisa, lah dari kerak yang rontok tersebut keluarnya pasti ke kenalpot (exhous), lah sebelum keluar pasti melewati katup terlebih dahulu, dari lewatnya katup bisa juga lancar bisa juga nyangkut, lah yang bahanya pas nyangkut….jika nyangkut pasti katup menjadi terganjal, imbasnya katup (valve) tidak bisa menutup sempurna..walhasil terjadilah los kompresi (kompresi bocor), dari situ sudah bisa dipastikan motor pasti ngak mau nyala, so 3 syara motor bisa nyala adalah BBM, Kompresi, Api, jika salah satu ngak ada..motor dijamin ngak bakal bisa nyala.

3. Isu tetang mesin bisa JEBOL karena dikasih pertamax bener gak tuh ?
Jawab : bisa juga jebol bisa juga tidak tergantung spesifikasi dari enginenya, monggo kita cermati pada jawaban soal no. 1
Semoga bisa menjawab pertanyaannya bro…kurang lebihnya mohon dimaklumi, Untuk lebih jrengnya lagi..monggo lihat artikel kangbro sebelumnya :
https://cicaakcerdas.wordpress.com/2013/10/22/cara-menghitung-perbandingan-compresi-penjelasan-mengenai-angka-oktan-bbm-sumebr-daya-energi-6/

15. dodi - Desember 1, 2013

dah cerah ini otak. . .
owkeh,saya dah faham kang brow. . .jian matUr nuwun bngetlh.
terus dilanjuT artikelnya

cicak kreatip.com - Desember 1, 2013

siep jozzz bro dodi..thanks juga sudah sering mampir 😀

dodi - Desember 1, 2013

sering mampir tpi jarang koMen.hehe

cicak kreatip.com - Desember 1, 2013

hehehe..siep 😀

16. ipanase - Desember 3, 2013

wah wis bongkar bongkarrr

cicak kreatip.com - Desember 3, 2013

hehehe 😀

17. Pakai BBM Jenis Pertamax plus, Kondisi Ruang Bakarnya Ternyata Kayak Begini…!! | - Desember 3, 2013

[…] dan sis… lanjutan dari artikel kangbro sebelumnya (klik disini) dimana sebelum artikel ini di posting…kemarin kangbro sempat nulis mengenai pemakaian BBM […]

18. ahmadfaisolat - Desember 3, 2013

buset, kober2e mbuka kop silinder :mrgreen:

cicak kreatip.com - Desember 8, 2013

hehehe….demi pengetahuan.. bro 😀

19. Pengujian BBM Jenis Pertamax Plus Yang Ke Dua… Ni Kondisi Ruang Bakarnya…!!! | - Desember 8, 2013

[…] dipenuhi dengan jelaga, tetapi lebih sedikit jika dibandingkan dengan pemakaian BBM jenis premium (klik disini), untuk pistonnya tetap kondisinya didapati jelaga/kerak yang tidak merata, dimana lebih dominan […]

20. BBM : Adu Kebersihar Ruang bakar Jika Pakai BBM Premium, Pertamax Plus, dan Shell V-Power… Siapa Jawaranya…? Monggo Dilihat…!!! | - Desember 13, 2013

[…] Klik disisini untuk melihat  artikel pemakaian BBM jenis premium. […]

21. kang gie - April 19, 2014

Top markotop ulasane mas bro…

cicak kreatip.com - April 20, 2014

thanks bro 😀

22. Ardiansyah Boe - Agustus 28, 2014

mantap ne,,,,jadi ane tahu bedax new,,,,,,makasih bro,,,,,,,, dah repot2 bongkar2 motornya,,hehehe
salam cicakkreatip

cicak kreatip.com - Agustus 28, 2014

heheh sipppzzz. sama sama… suwon sudah mampir 😀

23. alvin - Desember 5, 2014

brati cara naikin kompresi motor tinggal pake premium beberapa lama ya,he,,cos dengan numpuk carbon kompresi jadi naik, abis itu baru deh pake shell apa pertamax biar tenaganya nyuss 😀

24. Kata siapa pakai pertamax plus bisa membersihkan mesin? Pakai carbon cleaner pun nggak menjamin bisa bersih total bro | Mengupas berita soal rider dan motor - Desember 9, 2014

[…] Keterangan diberikan pada artikel yang berbeda. Untuk premium ini penjelasannya: […]

25. Gambar berbagai macam kondisi busi nggak selalu bisa dipakai acuan bro! | Mengupas berita soal rider dan motor - Desember 10, 2014

[…] diambil dari website cicakkreatip.com. Gambar tersebut diambil dari kendaraan yang sama. Yang pertama adalah hasil pakai […]

26. Kondisi / warna busi nggak selalu bisa dipakai untuk mengetahui kondisi mesin bro! | Mengupas berita soal rider dan motor - Desember 10, 2014

[…] diambil dari website cicakkreatip.com. Informasi lebih lengkap bisa dibaca di website tersebut atau di artikel sebelumnya. […]

27. agas - Januari 8, 2015

makasih mas bro jadi nambah pengetahuan

cicak kreatip.com - Januari 8, 2015

Sama sama bro…suwon sudah mau mampir di blog kang majid 😀

28. teknoksigen - Maret 12, 2015

lebih baik pertamax walau kualitasnya dibawah shell dan total tapi gak apa2 lah demi memajukan produk dlm negeri

29. dAniel - Oktober 23, 2015

Kang bro.. Ane punya motor honda cbr 150 r..
Di bagian pelampung tangki bahan bakarnya tiap kali ane hidupin mesin sllu bunyi kricik..kkrriicciik..
Pas ane pake torsi 4rb bunyi ilang pas torsi rendah pake santai kok bunyi lagi..
Ane udah cari semua sumber di mbah google tapi tetep aja kagak ada..
Pertama sih ane pikir bagian mesinnya pas uda bawa ke bengkel masih aman2 aja.. Pas di pake lagi kok kluar lagi bunyi di tangki mesinnya..
Mohon bantuan penjelasannya ya gan bro..

30. Ruwanda - Mei 18, 2017

Campurin yamaha carbon cleaner, ajib tu, coba buat review ny bg, 2 kali aj pakai itu


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: