Iklan
jump to navigation

Pakai BBM Jenis Pertamax plus, Kondisi Ruang Bakarnya Ternyata Kayak Begini…!! Desember 3, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags: , , , , , ,
trackback

Image

Bro dan sis… lanjutan dari artikel kangbro sebelumnya (klik disini) dimana sebelum artikel ini di posting…kemarin kangbro sempat nulis mengenai pemakaian BBM jenis premium, dalam penerapan BBM premium tersebut motor dibuat jalan sekitar 100Km, setelah itu dilahat kondisi ruang bakarnya dan waw..rungbakar terdapat jelaga hitam… Nah kira kira kalau pakai BB jenis Pertamax yang pakai Plus (pertamax plus)… kira kira sama ngak yo kondisi ruang bakarnya…? Hem Monggo dilihat, ini hasil mencoba kangbro.

Sebelumnya sama seperti perlakuan yang kangbro berikan pada BBM jenis premium sebelumnya, dimana untuk kendaraan penguji yang dipakai adalah berjenis automatic dengan memakai sistem pengatur BBM jenis Injeksi, dengan kapasitas mesin 115cc yang memiliki perbandingan kompresi 9,3 : 1.

Tahap pertama… Sebelum memulai tes, kangbro memastikan akan kondisi ruang bakar…sekalilagi kangbro bersihkan samapai dengan kondisi  benar benar bersih jika didapati kotoran/kerak yang nempel, setelah itu pengecekan BBM yang ada di fuel tank juga kangbro periksa, dimana semula BBM jenis premium yang ada di dalamnya, sekarang kangbro kuras habis lalu menggantinya dengan BBM jenis Pertamax Plus.

Sekali lagi dalam acara cicip memcicip BBM  ini, kangbro memakai kendaraan yang benar benar standart pabrikan, tanpa ada unsur otak atik terhadap komponen motor  yang imbasnya menjurus pada modifikasi. Kondisi BBM udah ok, kondisi Ruang bakar sudah bersih, kondisi sparepart yang telah dibongkar sudah dikembalikan ke posisi semula, nah sekarang barulah tahap ujicoba kangbro mulai di jalan raya.

Sama seperti pengujian sebelumnya, kangbro memakai jarak tempuh yang ditunjukkan di speedometer sebagai patokan, dimana setelah ± 100km motor berjalan kaki, kangbro lakukan pembongkaran pada ruang bakarnya. Pengujian yang kangbro lakukan ini ngak ada tuntutan waktu, dimana  kalau orang jawa bilang sak tutuk tutuke…!! (se sampai sampainya)…hem soalnya dalam mencapai kilometer  yang kangbro inginkan, motor hanya dibuat pulang pergi ngantor saja.

Image

Selama dua hari motor dibuat melindas aspal, 98km ternyata sudah dilampaui oleh si motor, dengan demikian kesempatan untuk menjenguk ruang bakar telah tiba, penasaran kangbro…!!! gimana yo hasilnya setelah minum pertamax plus…? apa tambah bersih, atau tambah gosong…? iew  jangan dipikirin dalam dalam bro… malah bikin timbul jerawat dalam waja sampenyan hehehe 😀 . Akibat dari rasa penasaran… yaweslah kilometer belum sampai 100, tetapi masih 98km, kangbro lakukan pembongkaran, lah kok ngak nunggu 100km saja bro…? berhubung udah penasaran, daripada timbul jerawat, hajar bleh…xixixixi 😀

Image

Tahap awal pembongkaran kangbro sedikit dikejutkan akan warna intake manifold yang terlihat berwarnah merah, ew… setelah minum pertamax plus warnanya menjadi agak kemerah merahan bro…apa ini pengaruh dari bahan pewarna pertamax plus yang meninggalkan jejak di dinding intake manifold…berr….kalau BBM jenis premium kemarin ngak membekas tu di manifold… mungkin apa gara gara warna peremium yang cenderung jernih kayak exstrajos itu ya…? hehehe bisa jadi – bisa jadi… 😀

Image

Setelah membongkar tetek bengeknya, akhirnya ruang bakar bisa di intip juga…tereng tereng… hasilnya seperti gambar yang sampeyan lihat di atas saat ini, terlihat hasilnya sama sama nyerempet dikit dengan pemakaian BBM jenis premium kemarin (klik disini untuk melihat), kondisinya tetap bro…tetap didapati jelaga, tetapi warnyanya bukan hitam pekat, melainkan warna merah. Sempat kaget juga sih…kata orang orang..kalau pakai pertamax plus ruang bakar menjadi bersih…!! lah ini kok menyimpang yo dari pernyataan tersebut…hemmmm sempat kecewa juga sih, tetapi setelah dipikir pikir dengan mengaitkan teorinya, bahwa pemakaian bahan bakar yang sesuai itu dipengaruhi juga oleh perbandingan kompresi yang ada (kompresi rasio – CR).

Image

Mungkin kejadian seperti ruang bakar diatas masuk akal juga bro…lah wong saat ini kangbro memakai motor dengan perbandingan kompresi 9,3 : 1 , dimana std dalam pemakaian BBM jenis pertamax  kurang lebihnya adalah 10:1-11:1, hem… Ok sudah gamblang hasilnya, sekarang kita ambil kesimpulan dari penjelasan di atas. Dari hasil ujicoba kangbro kali ini bisa disimpulkan bahwa kerak/jelaga yang ada di ruang baka motor kangbro tersebut lebih tepatnya  terjadi karena pemakaian dari jenis BBM yang kurang tepat, alias menyimpang dari  kompresi rasio yang ada. Hemm… tok tik tok tik…jadi tambah penasaran, jika dikasih pada motor yang perbandingan kompresinya tepat…gimana yo kondisinya…? ber tambah lagi target ujicobanya…hadeh… ketawa dulu ah…….hehehe…hehehe…hehehe 😀 .

Ya…setidaknya itulah hasil dalam ujicoba yang kangbro lakukan kali ini, emangsih kangbro ujicobanya ngak pakai alat alat yang juosss…seperti para profesor, lah wong kangbro bukan profesor jeee… Yawes….dilakukan sesuai cara anak alay saja (alami nyobaknya),  jadi jika ada kurangnya dalam ujicoba kali ini, mohon di maklumi bro yo…oce bosss…!!!

Oh iya sampai kelupaan, jika ada yang punya cita-cita nyumbangin pendapat pada artikel kangbro kali ini, monggo unek uneknya diutarakan di kolom komentar dibawah kasur….  😀

Next artikel, ujicoba pada jenis BBM Shell Super….ditunggu…!!!

Salam cicak kretaip.com…

Iklan

Komentar»

1. dodi - Desember 3, 2013

waduh. . . .ikuT penasaran juga.neh lh mtorku aja yg jd kelinci perubhn.biar gamblang&cerah otaku iki.hehe

cicak kreatip.com - Desember 3, 2013

hehehe jadi sukarela nih motornya heheeh 😀

2. masshar2000 - Desember 3, 2013

iya bro…coba yg kompresinya gedean dikit..vario 125…
http://masshar2000.wordpress.com/2013/12/03/motogp-rossi-ingin-pedrosa-juara-dunia/

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

woke siap mazbro.. 😀

3. Kobayogas - Desember 3, 2013

Wah bacanya kudu konsen neh…titip jemuran dulu deh lek
http://kobayogas.com/2013/12/03/modifikasi-kawasaki-z-250-fi-part-2/

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

hehehe siap…monggo dititipi bro 😀

4. dodi - Desember 3, 2013

pinjem. ..bertarif.hahaha

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

wkwkwkwk 😀

5. ahmadfaisolat - Desember 3, 2013

podo gesenge 😀

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

wkwkw bener bro.. 😀

6. hoho - Desember 4, 2013

om, coba yang oplosan dong om, premium dicampur pertamax plus, dengan perbandingan 3:2 (3 pertamax plus,2 permium). kan tuh banyak yg pada seneng nyampur2 katanya biar dapet nilai oktan yang pas, kalau dari perbandingan diatas dapet nilai oktan 92.2

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

wah boleh juga bro…ntar kangbro coba… 😀

7. rusman - Desember 4, 2013

saya selalu pake permium campur pertamax hasilnya gimana ya?

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

hemmm ntar kangbro cobain dah…kalau sempat 😀

8. Fordi - Desember 4, 2013

coba yg pertamax dlu aja kang bro..biar bbm dr pertamina ke icip smua.mtrq jg sm kyk pny kang bro,biasa pke premium & tiap bln dicekokin carbon cleaner.btw,enak ya bs bongkar mtr dw?jd gk prlu ke bngkel.

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

hehehe siap bro…uwenak pool bro..hehehe siap lakasanakan nyicip pertamax hehe 😀

9. redbike92 - Desember 4, 2013

wah bisa kemerah-merahan ya 😦
motorku juga gitu
kalau diminumin full Pertamax atau Pertamax Plus malah gak bisa lari
paling sip campuran premium dan pertamax hehehe

mungkin (mungkin lho ya)
kompresi 9.3:1 masih cocok untuk minum premium

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

betulll….lah emang 9.3:1 lebih tepatnya dicekokin premium bro.. 😀

thedeadbone - Desember 7, 2013

punya ane minum pertamax sesekali pertamx plus,motr e sama kaya punya kangbro hahah…

btw kalo dikasi plus mlh jd jelek ya?
yg ane rasain sih tarikan e mlh enteng beda dri prtamax…

kesimpulan e gmn kang yg cocok bbm e buat mio j kt 48 ini?

10. Sigit - Desember 4, 2013

sekalian juga, kalo misal dah 100 km trus dicemplungi ya**lube carbon cleaner gitu ngaruh apa gak :mrgreen:

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

wah mantep juga idenya bro..masuk masuk..kalau ada waktu kangbro coba’dah.. 😀

Sigit - Desember 9, 2013

wah, ane kagak bisa bongkar2 kaya situ.. 😦

11. kadalaspal - Desember 4, 2013

harusnya ron 92 bro
pertaplus buat kompresi 10:1 – 11:1

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

he’em seharusnya begitu bro… 😀

12. ari - Desember 4, 2013

coba besok di isi solar gan 😀

piss!!

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

wkwkwkw..masuk..solar dex aja yo huahahaha…. 😀

13. Mase - Desember 4, 2013

wah motor baru sudah dibongkar2 mas.. good job

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

hehehe….ngak masalah bro..yang penting kita semua pada ngerti, betul ngak..? heh 😀

Mase - Desember 5, 2013

Betul betul betul

14. z1 rider kndal - Desember 5, 2013

jozzz.. iso abang kayak kuek.. gimana jadinya kalo rx king,/ bravo pake prtamax+.. :mrgreen:

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

hehehe bisa saj bro z1 ini heheh, mantep koyo’e rx king dikasih pertamax + 😀

15. Ferboes Richardson - Desember 5, 2013

Lah kok…??
Tapi kalo pake pertamax jadi jarang service. sampai setahun masih enak. Cuma bersihin filternya doang
http://ferboesrichardson.wordpress.com/2013/12/05/ikan-pemakan-kutu-untuk-kolam-koi/

cicak kreatip.com - Desember 5, 2013

nah seharusnya begitu…. 😀

16. Pakai BBM Jenis Shell V-Power…Ni Aktual Kondisi Ruang Bakarnya…!!! | - Desember 5, 2013

[…] masih penasaran akan hasil dari pengujian BBM jenis pertamax plus yang kangbro lakukan kemarin (klik disini), hasilnya kok bisa yo keraknya banyak, padahal kalau dibandingkan dengan BBM jenis Shell hampir […]

17. denny surya erlangga - Desember 5, 2013

Bukan.nya kalau bbm pertamax plus tp ruang bakar hitam
Itu setau saya ada oli yg masugk ke ruang bakar
Secara tidak kita ketahui 😀

cicak kreatip.com - Desember 6, 2013

bija jadi itu bro…tapi ini unitnya masih gressss alias masih baru bro.. 😀

cicak kreatip.com - Desember 6, 2013

bija jadi itu bro…tapi ini unitnya masih gressss alias masih baru bro.. 😀

cicak kreatip.com - Desember 6, 2013

bija jadi itu bro…tapi ini unitnya masih gressss alias masih baru bro.. 😀

cicak kreatip.com - Desember 6, 2013

bija jadi itu bro…tapi ini unitnya masih gressss alias masih baru bro.. 😀

cicak kreatip.com - Desember 6, 2013

bija jadi itu bro…tapi ini unitnya masih gressss alias masih baru bro.. 😀

18. ipanase - Desember 6, 2013

aje gile, si jem pake pertamax pun malah kayak premium 😦

cicak kreatip.com - Desember 6, 2013

he’em je….heran kangbro…ni mau cobak sekali lagi ujicobanya….untuk lebih memastikan sekalilagi

ipanase - Desember 7, 2013

medeni

19. hadiz - Desember 8, 2013

waduh kalo buat new vixion bagusnya pake pertamax atau pertamax plus nih bro… soalnya di derah malang

cicak kreatip.com - Desember 8, 2013

hemmm….bisa juga bro..so vixion juga perbandingan kompressi 10.4 :1

20. oncom - Desember 22, 2013

Kalau pakai mesin yang kompresinya 11.0:0 kira2 hasilnya seperti itu juga ga ya, soalnya motor ane kompresinya segitu dan sampai sekarang pakai pertamax plus, kalau hasilnya sama aja, siap2 beralih ke shell nih, tapi sayangnya ga semua tempat ada, hanya ada di kota besar aja

cicak kreatip.com - Desember 23, 2013

hehehe..hemm..ntar kangbro cobak dah… 😀

21. oncom - Desember 24, 2013

Waduh ane ga bisa bongkar mesin gan, tapi emang pingin ngrasain ganti BBM sih, pgn tau performanya

cicak kreatip.com - Desember 24, 2013

hehehe…monggo dicoba 😀

22. anto gombloh - April 13, 2014

kang brro saya mau nanya klu yamaha YZF-R15 manteb nya pakek apa premium opo pertamax

23. Farid Hidayatullah - Oktober 1, 2014

kok sampek gitu ? smash titan saya pakai pertamax nggak sampai pekat gitu cuman berwarna merah aja kyk cuman di basahi pertamax, jadi nggak sampai begitu, bahkan muka piston saya bersih berwarna merah sedikit sperti cuman di basahi pertamax plus yg belum masuk ke mesin,, jadi cuman sperti di basahi sama warna merah pertamaxplus,

24. anto - November 15, 2014

kang coba dong perbedaab antara Pertamax Plus, Shell Super dan Shell V Power.
kira-kira bedanya seperti apa gituuu

cicak kreatip.com - November 15, 2014
25. Kata siapa pakai pertamax plus bisa membersihkan mesin? Pakai carbon cleaner pun nggak menjamin bisa bersih total bro | Mengupas berita soal rider dan motor - Desember 9, 2014

[…] Untuk pertamax plus, percobaan pertama, ini penjelasannya […]

26. agas - Januari 8, 2015

mantap bos berguna sekali

27. Terry Simpson MD - Januari 17, 2015

Terry Simpson MD

Pakai BBM Jenis Pertamax plus, Kondisi Ruang Bakarnya Ternyata Kayak Begini…!! | cicakkreatip.com

28. nugie - Maret 29, 2015

kompresi ruang bakarmu kurang gede mas bro makane pertamax plus e orak kobong kabeh pertamax wae wis cukup motor kompresi 9-10 pas e pertamax wae.

29. badboys - April 10, 2015

klo dari pengalaman saya pke motor injeksi 150cc dari awal punya ampe skrg biasa pke pertamax plus,terlepas dari hasil akhir ruang bakar, saya lebih mengambil sisi positif ato keuntungan lainnya.
1. tenaga motor pancen oye (ga ketinggalan jauh klo ngikutin yg 200cc)
2. suara mesin lebih halus (ga berisik ato kasar kyak org lg bikin bangunan)
3. klo perawatan sih yg rutin cuma ganti oli dan cek air radiator
4. klo ada yg bilang mesin cepet panas karena pke pertamax plus, ya wajar aja, namanya jg mesin nyala dipke keliling, klo ga mau panas ya dibungkus plastik trus simpen di gudang
5. silahkan perbandingan keadaan injektor untuk mesin injeksi yg pke premium dgn pertamax plus

30. diay - April 10, 2015

Waah klo ane mke yg v power 95 gmna yah
jd pnsran kndisi cbu ane 😦

cicakkreatip.com - April 11, 2015

Coba ketik di pencarian, sdah kang majid coba kok..

31. arnando53 - April 10, 2015

kalo perpindahan dari pertamak ke premium pengaruhnya ke motor apa ya broo

32. fajri - April 10, 2015

Lek gl pro thn 95 di isi pertamax gimana mas brow?

33. desakulsm - April 10, 2015

baru tahu ane kalau emang kayak gini,

34. mahendra - April 11, 2015

Premium di dlm tangki yg dikuras habis sblm diisi pertamax plus apa benar2 bersih? Apa gak sebaiknya semuanya ganti baru kalau mau nguji… terutama tangki… diganti dengan yg blm pernah dipake… biasanya awalnya pake premium trus pake pertamax plus, kotoran2 yg melekat didalam tangki akan terkikis dan ini akan ikutan terbakar di ruang pembakaran… mgkn ini yg membuat tetap terlihat kotor…

cicakkreatip.com - April 11, 2015

Kondisi motor baru bro…. Pengujian disesuaikan pengguna sehari2 , thanks masukannya 😀

35. pryanto - April 11, 2015

waduh………jadi pengen coba……

36. mazsis - April 11, 2015

ra tak pikir jeru brow, sing ptg motor q mlaku n ra mogok pas luar kota 😛

37. Harun.rasyidi - April 22, 2015

sy py mtr vario cbs125..thn 2014 pengaruh g pke partamax biasa…emg bnr knl pon jd keropos….tx inpo nya

cicakkreatip.com - April 23, 2015

enggal masalah bro….enggak ada hubunggannya sama knalpot kropos kok

38. Pertamax Naik untuk Wilayah Pemasaran Pertamina Regional 3…! Berikut SPBU yang masuk regional 3… | cicakkreatip.com - Mei 14, 2015

[…] ▪ Pakai BBM Jenis Pertamax plus, Kondisi Ruang Bakarnya Ternyata Kayak Begini…!! […]

39. nurya - Mei 15, 2015

Itulah alasan para rider ninja pilih Bbm selain pertamini “ehh” pertamina, coz meskipun namanya Pertamax Plus hasilnya gak ++

Beda halnya sama Shell and Petronas, (Total blm lahir saat itu) ketika mereka jual Bbm ber-oktan 95 kualitasnya pun dijaga.

sewaktu ane kerja di Petronas Jababeka (sblm bangkrut) 😀 th 2009 sering ngobrol2 sama Rider Ninja, soal kualitas Bbm oktan 92 / 95 antara Petronas VS Pertamina, walhasil mereka bilang: “Oktan sama tapi kualitas beda, terasa disaat tarikannya yg lbh mantep”

And ane pun gak mau kalah saing sma rider ninja, Vespa PX yg jadi pendampingku tiap balik ke Bogor selalu bawa bekal Primax 95 😀 sekaligus buat ngecengin motor Modern tapi Bbmnya kuno 😀 hahahaha..

Tapi Petronas kino sdh tiada 😦 stlh dikerjain pak BY 😀

40. ali - Oktober 8, 2015

kalo TOTAL gimana gan ?…. review dong

41. 7lovepsychics.com - Oktober 9, 2015

It’s the best time to make a few plans for the long run and
it’s time to be happy. I have read this submit and if I
could I wish to counsel you some attention-grabbing things or suggestions.
Maybe you can write next articles regarding this article.
I desire to learn even more card readers!

42. Mister udik - November 25, 2015

Mungkin harus dicoba untuk motor ber kompresi besar…satria f atau jupiter mx mungkin

43. Digo Andara - Desember 23, 2015

motor baru sekarang minimal minumnya harus petramax, apalagi yang udaj injeksi….jangan dipaksa dicekokin premium…. masa kuat beli motor baru nga kuat beli bbm nya…..


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: