jump to navigation

Musim Hujan Membuat Rantai Motor Kaku…!! Cara Mengatasi dan Mengantisipasi… Januari 12, 2014

Posted by cicakkreatip.com in Uncategorized.
Tags: , ,
trackback

Image

Bro dan sis… Kira kira yang punya motor dengan pemindah tenaga akhir menggunakan rantai (chain) pernah ngak mengalami rantai kaku, seperti yang terlihat pada gambar diatas… Terlihat emang dari jebretan pada rantai motor sport XXX tersebut telah mengalami kaku, kangbro coba sentuh dan meluruskan pakai tangan…ternyata lumayan juga kerasnya…hem, kira kira apa ya penyebabnya…?

Bukan menjadi hal yang luar biasa lagi, dan bukan hanya bisa terjadi pada motor sport saja, melainkan hal ini bisa terjadi pada semua kendaraan yang menggunakan rantai, dimana semua ini bisa juga terjadi pada motor sampeyan jika perawatannya terbengkalai, mengingat akhir akhir ini musim hujan kerapkali menyapa kita, dan tentunya imbas air atau lumpur jalanan akan menempel di rantai dan akhirnya akan menimbulkan terbentuknya karat, akhirnya rantai ngak bisa flexible lagi alias kaku.

Image

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, pastinya kita kudu rutin cek up kondisi rantai dan selalu membumbui dengan pelumas, minimal Oli lah…mengingat oli juga mempunyai zat anti karat dan juga bersifat sebagai bantalan, jadi cocoklah. Tapi bukan berarti Oli mesin selalu bagus, soalnya oli mesin juga bisa mengundang kotoran, terutama debu…jadi cocoknya apa kalau begitu..? kalau secara std. ya pakai pelumas khusus oli yang direkomendasika, sepertihalnya chain lub dan kawan kawannya.

Jika sudah terlanjur keras rantai kita, gimana dong..? yang bisa kita lakukan adalah mencuci rantai dengan bensin, atau sejenisnya, atau bisa juga dengan air sabun, kita cuci sampai bersih, lumpur karat sikat habis (jika rantai yang pakai O-ring tidak disarankan di cuci pakai bensin, takutnya O-ringnya bisa ngembang). Setelah bersih baru kita lumasi sama Oli atau yang lebih joss lagi yo pakai pelumas khusus rantai. Mudeng br…?  Jika ada yang mau nambai artikel ini monggo…!!

Nah bro…gimana dengan rantai motor sampeyan…? Sudahka sampeyan lumasi…? 😀

Salam cicak kreatip.com I By : Abd. Majid

Artikel terkait :

Komentar»

1. Kobayogas - Januari 12, 2014
cicak kreatip.com - Januari 12, 2014

wkkkkk..kaku.. 😀 jarang dilumasi, sering kena hujan 😀

Kobayogas - Januari 12, 2014

Parah yang punya… wkwkkwk

cicak kreatip.com - Januari 12, 2014

wkkkkkkkkkk 😀 hussss

2. Wong Ndeso 94 - Januari 12, 2014
cicak kreatip.com - Januari 12, 2014

hehehe… 😀

3. aripitstop - Januari 12, 2014
cicak kreatip.com - Januari 12, 2014

makblesss 😀

4. dodi - Januari 12, 2014

aman bosS

cicak kreatip.com - Januari 12, 2014

sieppp…. 😀 selalu 😀

5. Yoshi - Januari 12, 2014

persis rantai motorku 😀 kemarin punyaku aku rendam pake bensin, terus disikat-sikat.
habis itu pasang dan kasih chain lub. lumayan, sekarang sudah gak keriting lagi.

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

mantep… 😀

6. potretbikers - Januari 12, 2014
cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

wkkkk monggo suhu 😀

7. lexyleksono - Januari 12, 2014

Rajin-rajin kasih chain lub aja cukup efektif kok masbro..

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

siep… s7 😀

8. ochimkediri - Januari 12, 2014

jadinya kayak mie kriting,wuahahahaaaa
saya biasanya pake rante semprot khusus motor…

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

wkkkkkkkk 😀

9. hulssay - Januari 12, 2014

D bonding biar gag kriting terus..haha…

http://hulssay.com/2014/01/12/my-style-of-the-day/

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

wkkkkkk 😀

10. ipanase - Januari 12, 2014

kasih oli singer

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

masukkk 😀

11. Sigit - Januari 13, 2014

inga inga…
kadang suka males sih, ujan langsung masukin motor, gak pake dibilas dulu apa gimana 😀

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

wkkkk nah itu diya penyebabnya 😀

Sigit - Januari 13, 2014

itu jg yg bikin pin kaliper rem depan berkerak ‘n piston kaliper rem belakang macet 😆

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

betul…kadang bisa bikin suara cit cit juga tu 😀

Sigit - Januari 13, 2014

cit cit sih enggak, tp srek srek + seret cakramnya 😀

12. Mase - Januari 13, 2014

sering2 pake chain lube

cicak kreatip.com - Januari 13, 2014

yupz mantep..s7

13. ari - Januari 14, 2014

ane selalu kasih chainlube

cicak kreatip.com - Januari 15, 2014

mantep kalau begitu bro 😀

14. Roby_likePeace (@Roby_likePeace) - Agustus 20, 2014

wahh….ane lg nyari solusi rantai motor ane yang kaku…singkat cerita.. pas ngeliat gambar rantai motor di atas…yg muncul dlm pikiran ane…masih ada yg lebih parah dr rantai ane ternyata,,wkwkwkwk
makasih gan infox….

cicak kreatip.com - Agustus 21, 2014

siep..sama sama bro.. 😀

15. galih w - November 2, 2014

wah ternyata masih ada yg lbih parah dr rantai motor ku !! tp saya blm paham bos tntang rantai Orings kok gak boleh dbersihin pke bnsin ,, rantai orings itu yg bgmna sih bos?? kalo motor saya honda blade 125 pgm f1 itu rantai orings bkn ya ?? honda bner2 payah msak bru umur 3bln rantai udh kaku !!! mohon pncerahan nya mas , !?? thankssss

cicak kreatip.com - November 2, 2014

Oring yang kang majid tau adalah..rantau yg mrmakai ring jenis karet…rantainya memiliki ring karet yg berbentuk ‘o’ jika ring karet kena bensin pastinya molor..makanya ngak boleh di cuci bensin. 😀 scorpio contohnya

16. full size canada goose black friday cyber monday trillium parka navy women outlet factory shop - November 28, 2014

People Seemed to Laugh about bag – Today We laugh at them
full size canada goose black friday cyber monday trillium parka navy women outlet factory shop http://www.thayersautocare.com/css/grey-goose-amazon-black-friday/aafragzf-p-790.html

17. Tips Berkendara disaat Hujan…! Penting untuk diperhatikan mas bro…! | cicakkreatip.com - Januari 18, 2015

[…] ▪ Musim Hujan Membuat Rantai Motor Kaku…!! Cara Mengatasi dan Mengantisipasi… […]

18. lekdjie mumet-ndhase.com - Januari 19, 2015
19. mukhlish87 - Maret 6, 2015

Mw tanya Mas…saya sudah bersihkan rantai, direndem pk bensin kisaran 20 menit (alhmd ringnya gak ngembang :D), lalu dibersihkan satu persatu pakai koas dan tusukan gigi. Eh…nemu 3 potong yang kaku. Sampai saat ini kakunya masih saja gak bisa dilenturin, padahal sudah saya coba luruskan paksa pakai palu, obeng, dkk Kira2 tipsnya spt apa ya Mas?


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: