Iklan
jump to navigation

BBM : 3 hal yang membedakan antara BBM jenis Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing…. Maret 29, 2014

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags: , , ,
trackback

Gambar

Bro dan sis… Banyak sekali jenis bahan bakar kendaraan bermotor yang ditawarkan di pasaran, sepertihalnya BBM yang ditawarkan oleh Pertamina ini, yup…yang kita ketahui saat ini, pertamina telah menyediakan beberapa jenis BBM, dalam artian BBM digolongkan menjadi beberapa pilihan, yakni ada Premiun, Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing (dll..).

Nah…kira kira dari jenis BBM yang ditawarkan oleh Pertamina tersebut mana yang sering sampeyan  gunakan? dan menurut sampeyan semua, jika sampeyan pingin beli BBM, manakah yang paling bagus diantara deretan BBM tersebut?

Hem…pastinya pilih yang pertamax plus dong yang paling bagus…kan lebih mahal wkkkk 😀 bisanya lebih mahal lebih bagus… 😀 wkkkk  (bisa jadi bisa jadi 😀 ) ngakak kang Majid ketika mendengar jawaban yang klasik sekali hihihi, bro sis…tak selamanya harga yang mahal cocok untuk motor kita (lebih tepatnya ngak cocok untuk motor dan kantong kita 😀 ) pasalnya dalam jenis BBM yang ditawarkan oleh pertamina tersebut selain ada beberapa tambahan zat zat yang berbeda, jangan lupa kompresi ratio motor kita berbeda beda loh…. Nah maka dari situlah kita harus memakai BBM dengan angka ron/angka oktan yang sesuai, pasalnya tiap BBM mempunyai angka ron/oktan yang berbeda.

Sudah disindir diatas, BBM memiliki angka ron/oktan yang berbeda beda, terus yang lain? BBM memiliki penambahan zat aditiv yang berbeda, dan terakhir karena adanya angka ron yang berbeda beda tiap BBM, maka dalam pemakain jenis BBM harus disesuaikan dengan mesin yang memiliki perbandingan kompresi yang berbeda (CR). Untuk lebih jelasnya monggo dilihat gambar di bawah ini 😀

 Gambar

Sudah paham bro? masih remeng remeng maz bro 😀 wkkkk 😀 yawes…kang Majid jelasin ya maksud gambar tersebut. Seperti yang kang Majid jabarin di atas, BBM digolongkan berdasarka 3 hal, yakni, akngka ron/oktan, zat aditiv yang terkandung dalam BBM, dan perbandingan kompresi (CR).

Untuk premium, memiliki angka ron Min 88 untuk zat aditivnya seperti pembersih, anti karat dan penjaga kemurnian BBM tidak di ikut sertakan dalam jenis BBM tersebut, terus..terus, satu lagi bro…dalam BBM jenis premium ini bisa digunakan dalam mesin yang memiliki perbandingan kompresi (CR) 7:1 – 9:1 (pantesan harganya murah yo…wkkkkk hussss 😀 ).

Sedangkan untuk jenis yang lain seperti Pertamax, Pertamax Plus dan Pertmax Racing dalam unsur zat yang dikandungnya sudah terdapat zat aditiv seperti anti karat, pembersih, Demulsifier (Zat penjaga kemurnian BBM dari air). Untuk pemakaiannya, Pertamax bisa digunakn pada mesin dengan perbandingan kompresi 9:1-10:1, Pertamax Plus untuk 10:1 -11:1 dan Pertmax Racinguntuk >11:1 ke atas.

Nah bro sis…sudah tau kan mengenai kandungan BBM yang di jual pertamina, so…mulai sekarang gunakanlah BBM yang sesuai, soalnya dari situlah kita bisa menyesuaikan atau memaksimalkan kinerja dari mesin motor kita 😀 lah bro…misalnya kalau pemakain BBM yang tidak pasdengan CR-nya gimana dong..? Untuk jawaban mengenai hal tersebut, monggo penjelasannya sampeyan intip di artikel kang Majid sebelumnya (klik disini)

Wes..itu saja hasil seminar yang kang Majid dapatkan dari Pertamina, besok lagi insya Allah kita sambung ya, mudah mudahan bermanfaat 😀

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. warungasep - Maret 29, 2014
cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

josss siapp 😀

2. aripitstop - Maret 29, 2014
cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

siepp 😀

3. Yudhi Hendro - Maret 29, 2014

sesuai isi kantong, saat ini baru bisa pakai premium, bro 🙂

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

hehehe ndak papa mas… 😀 kang majid juga setia sama premium 😀

4. cahyadip - Maret 29, 2014

Pakainya pertamax saja… 🙂

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

hehehehe siaplah 😀

cahyadip - Maret 30, 2014
5. Kobayogas - Maret 29, 2014
cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

mantepppp 😀

6. daun - Maret 29, 2014

waduh.. nek ngono xeon kudu nggo pertamax plus dong.. diisi premium wis ngacir, nek diisi pertamax plus tambah ngacir dong..

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

hahahah siap..laksanakan 😀

7. monkeymotoblog - Maret 29, 2014
cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

hehehe thanks bro 😀

8. kudo78dk - Maret 29, 2014
cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

heheheh gpp, seng penting sesuai kebutuhannya heheh 😀

9. motogokil - Maret 30, 2014

tapi kalo mau pasti, coba perhatikan overlap klep nya, sehingga diketahui CR yang sesungguhnya. Karena saat overlap, udara yang terhisap akan keluar lagi saat piston naik dan klep masih terbuka.
titip mas http://motogokil.com/2014/03/29/mengenal-sistem-kecerdasan-buatan-dan-aplikasinya-pada-otomotif/

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

siap…s7, …. 😀 monggo mas

10. gc133hijrah - Maret 30, 2014

Vario 125, cbr-cb 150 msti pk pertamax racing ya…. Komprerinya diata 11 tuh

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

bisa juga, monggo kalau perbandingan kompresinya segitu 😀

11. ipanase - Maret 30, 2014

wow wow wow 😀

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

wkkkk opo pan… milimu pertamax7 mengandung berapa unsur pan ? 😀

ipanase - Maret 30, 2014

7 jakkaaaaa

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

wkkkk mante tenan…. istimewa pan milikmu hehe 😀

12. prasetyo676 - Maret 30, 2014

Saya pakai premium oktan 88 saja, karena ratio kompresi motor saya cuma 9:1..
hehehe..

prasetyo676 - Maret 30, 2014

oiya, nitip lapak mas bro, salam dari newbie.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/03/28/tips-burn-out/

cicak kreatip.com - Maret 30, 2014

siep…. 😀 itu sudah cocok mas

prasetyo676 - Maret 30, 2014

Biar irit kantong juga sih.. hehehe.. 🙂

13. Mase - Maret 30, 2014
14. ari - April 1, 2014

mantep suhu…
.

15. Yamaha R25 cocoknya Pakai BBM apa Ya…? Kalu melihat Kompresi rasionya Kudunya Pakai Pertamax Racing Nih :D | CICAKKREATIP.COM - Juni 28, 2014

[…] di atas memiliki keunggulan tersendiri (lihat disini…) dan BBM jenis di atas pemakaiannya di motor juga berbeda beda loh, dimana berbedaan tersebut […]

16. have a healthy lifestyle with daily vitamins - Agustus 29, 2014

Stunning story there. What happlened after? Good luck!

17. Fahmy - November 23, 2014

Artikelnya ori, enak dibaca, nice lah… 🙂
Kang, kalo buat supra x 125 model lama (yang awal keluar) cocoknya pake apa?
Matursuwun ya… 🙂

cicak kreatip.com - November 23, 2014

pakai premium ok bro…tapi sekali kali di cekoki pertamax juga ok 😀

18. Haraga Pertamax Ron 92 per 2 Januari 2015 Resmi Turun | cicakkreatip.com - Januari 2, 2015

[…] 3 hal yang membedakan antara BBM jenis Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing…. […]

19. Konsumsi bahan Bakar Suzuki Gixxer SF tembus 60 Km/Jam, Irit Ya..? | cicakkreatip.com - April 8, 2015

[…] ▪ 3 hal yang membedakan antara BBM jenis Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing…. […]

20. Mulai Mei 2015 Premium dihapus…gantinya Pertalite Gan! | cicakkreatip.com - April 17, 2015

[…] ▪ Baca ini juga bro: 3 hal yang membedakan antara BBM jenis Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing […]

21. Beberapa fakta mengenai Bahan Bakar Pertalite…! | cicakkreatip.com - April 27, 2015

[…] 3 hal yang membedakan antara BBM jenis Premium, Pertamax, Pertamax Plus dan Pertamax Racing…. […]

22. Bedanya Bahan bakar Pertalite dengan bahan bakar pertamina lain!! | cicakkreatip.com - Juli 24, 2015

[…] […]


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: