Iklan
jump to navigation

Keuntungan & kerugian Menggunakan Mesin Langkah Pendek, Langkah Panjang dan Langkah Persegi….(Long Stroke, Short Stroke, Square) April 11, 2014

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags: , , , , , , , ,
trackback

bore, stroke_cicakkreatip.com.jpg

Brosis semua…lanjutan dari penjelasan yang kang Majid bahas kemari (klik disini untuk melihat artikel…) mesi sepeda motor kendaraan yang kita gunakan sehari hari pada umumnya terdapat dua jenis jika ditinjau dari cara kerjanya, dimana ada motor 4 langkah (4 stroke) dan ada motor 2 langkah (2 stroke).

Dari jenis mesin yang ada, ternyata tiap mesin mempunyai karakter yang berbeda beda loh…dimana karakter tersebut dibuat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi  yang ada, jadi tidaklah heran kalau didalam dunia otomotif ada yang namanya mesin langkah panjang (long stroke), mesin langkah pendek (short  stroke) dan mesin langkah persegi (square).

Dalam ke 3 karakter  mesin yang ada, tiap mesin memiliki ciri khas masing masing, dimana tiap karakter memiliki sebuah keuntungan dan kerugian masing masing. Nah kira kira apa keuntungan & kerugian-nya? Monggo dibahas bersama kang Majid di sini 😀

jupiter z

*Mesin Langkah Panjang (long stroke) adalah mesin yang mempunyai langkah lebih panjang daripada diameter silinder (Ex Jupiter Z : Bore 51mm x Stroke 54mm), mesin jenis ini memiliki torsi di putaran rendah yang besar, hal ini berkaitan  dengan rumusan torsi, dimana torsi memiliki rumusan (F x R) gaya/tenaga x jarak, semakin panjang jarak sumbu benda dengan gaya yang diberikan, maka semakin besar pula torsi/momen puntir yang dihasilkan.

torsi-cicakkreatip.com

Tidak hanya itu saja, dengan langkah yang panjang…tentunya pengaruh juga sama perbandingan kompresi yang di hasilkan (CR), diman untuk jenis mesin langkah panjang, perbandingan kompresinya lebih tinggi dibandingkan langkah pendek.

Untuk kerugian pada mesin jenis ini, pastinya dengan langkah yang lebih panjang, sudah pasti gesekan piston antar dinding silinder lebih besar pula (friksi lebih besar), terus…untuk mencapai Rpm maksimal, mesin langkah panjang ini cenderung membutuhkan jeda waktu yang lama dibandingkan dengan langkah pendek.

rx king_cicakkreatip

*Untuk mesin langkah pendek (short  stroke) adalah mesin yang mempunyai langkah lebih pendek daripada diameter silinder (Ex RX- King : Bore 58mm x Stroke 50mm). Mesin ini mempunyai daya gesek (friksi) yang cukup kecil.

Dikarekan langkah pistonnya yang pendek, maka naik turun piston semakin cepat pula, nah imbasnya apa? pastinya tenaga untuk memutar poros engkol juga semakin cepat pula. Jadi untuk mesin jenis ini bisa kita bilang mampu menghasilkan putaran mesin (rpm) yang lebih cepat daripada langkah panjang, wajar kalau tipe yang satu ini jika gas di betot motornya langsung ngacir 😀 biasanya untuk karakter mesin tersebut lebih dominan diterapkan untuk motor balap.

Dari penjelasan di atas, bukan berarti langkah pendek yang paling bagus loh, dimana jika kembali pada rumusan torsi (FxR), bisa dibilang untuk torsi awal yang dimiliki oleh motor jenis ini tidaklah sebesar langkah panjang dan untuk perbandingan kompresi (CR) yang dihasilkan juga masih besaran langkah panjang.

fiz r_cicakkreatip

*Terakhir, langkah Persegi (square), mesin jenis ini dibilang memiliki langkah persegi dikarenakan diameter silinder dengan langahnya sama atau hampir sama, (Ex Fiz R : Bore 52mm x Stroke 52 mm). Mesin jenis square ini memiliki karakter yang mewakili langkah panjang dan pendek, dimana untuk masalah tenaga dan torsinya lebih merata tiap Rpm-nya. Maka dari situlah untuk menis dengan langkah persegi  ini cocok dipakai pada kokdisi apapun.

Untuk membuktikannya, monggo dibandingkan motor langkah panjang, pendek, persegi buatan pabrik garpu tala ini, mana yang lebih enak? Cocok ngak dengan teorinya 😀 monggo dibuktikan sendiri 😀

jupiter z, fizr, rxking_cicakkreatip

NB: jika ada kekurangan dalam artikel ini, monggo ditambahi di kolom komentar, dan jika ada yang ditanyakan monggo juga diungkap di kolom komentar 😀

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. cahyadip - April 11, 2014

Selain berbagai langkah juga, gimana karakter pembesotnya…kalo saya motor langkah apapun tetep alon2 asal kelakon qi qi

http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/11/event-kawasaki-exhibition-br200-di-bandung/

cicak kreatip.com - April 11, 2014

hahaha s7 masukkk bro.. 😀 hihi

2. ochimkediri - April 11, 2014

kembali ke konsumen pengennya motor yang gimana…

cicak kreatip.com - April 11, 2014

yupz betul 😀

3. Mas Sayur - April 11, 2014

mantap suhu…
absen malam..lama nggak mampir..kangen.. 😉

cicak kreatip.com - April 11, 2014

hahaha..siap mas sayu hehehe 😀 wah tumben nih ngak muncul muncul sampeyan 😀

Mas Sayur - April 11, 2014

aku saiki tudase tambah,kang bro..jualan pagi dan sore..,nyuplai warung warung tenda…ini saja saya belum pulang ke rumah..mampir warnet dulu :mrgreen:

cicak kreatip.com - April 11, 2014

owalah gitu to…pantesan biasanya sampeyan nongol kok tak cari2 ngak muncul 😀 , hem..yaweslah semangat je yo…. 😀

Mas Sayur - April 11, 2014

makasih semangatnya,kang bro… 🙂

cicak kreatip.com - April 11, 2014

siapppp 😀

Mas Sayur - April 11, 2014
4. kimcil balap - April 11, 2014

Kalau saya lebih enak yang tipe square merata setiap putaran atas dan bawah…

cicak kreatip.com - April 11, 2014

siep….s7, kang majid juga milih yang square

5. aripitstop - April 11, 2014

Jos

cicak kreatip.com - April 11, 2014

sieppp 😀

6. prasetyo676 - April 11, 2014
cicak kreatip.com - April 12, 2014

josss 😀

7. Mas Dani - April 11, 2014

wah, motor model e biru kabeh, tanda menyambut R15 livery Movistar mas? hehe

cicak kreatip.com - April 12, 2014

wkkkkk wkkkkk ikutin tren mas dan yo heheh 😀

8. ipanase - April 11, 2014

yang colek langsung terbang yang mana om 😀

cicak kreatip.com - April 12, 2014

nyolek cewek ae pan hahaha 😀 pasti tangan langsung melayang 😀

9. Adiezz Xpress - April 11, 2014

Msak langkah alias stroke pnya pngaruh pda CR om? Kalau nvl (overstrok) dan cbsf (overbore) CR nya kok tinggian CB? Trus mx (long stroke) vs byson ( squar) kok cr nya tinggian MX? Mohon pencerahannya http://adiezz86gasspoll.wordpress.com/2014/04/11/komparasi-ninja-zx-250-vs-ninja-ex-250/

cicak kreatip.com - April 12, 2014

lah kan dari motor yang sampeyan bandingkan di atas memiliki spesifikasi lain yang berbeda, seperti overlapingnya, kapasitas ruang bakar dll. toh kalau masih ingat sampeyan pada artikel kang majid yang dulu, rumus menghitung perb kompresi adalah Compresi Ratio = Kapasitas Total/Volume Ruang Bakar

CR = V + v = V + 1
v v
untuk lebih jelasnya monggo dilihat artikel lama kang majdi http://cicakkreatip.com/2013/10/22/cara-menghitung-perbandingan-compresi-penjelasan-mengenai-angka-oktan-bbm-sumebr-daya-energi-6/

10. paperiders - April 11, 2014
cicak kreatip.com - April 12, 2014

hehehehe..bisa saja sampeyan om 😀

11. Ms Dhukha - April 12, 2014

Siip….

cicak kreatip.com - April 12, 2014

juosssss 😀

12. warungasep - April 12, 2014
13. ari - April 13, 2014

joss….eh,motor dewa kok ngak di masukin kang majid??

14. Z1 Holigan - April 18, 2014

mau nanya kang. Z1 itu overstroke (50mm x 57,9mm), tapi karakternya kok rada mirip overbore ya ? torsi maksimum juga di rpm 6.500. Gimana tu ya ? :3

cicak kreatip.com - April 19, 2014

yupz..setau kang majid dalam jupiter z1 ada teknologi holow pin crank shaft, sebuah pin crankshaft yang ada lubangnya, dengan teknologi tersebut langkah z1 semakin ringan, dan tak ketinggalan teknologi injeksi yang dianut z1 juga emang dirancang agak menuju racing 😀

15. mesin penggiling daging - April 21, 2014

kalo saya lebih suka yang panjang karena lebih hemat energi

16. Johnb58 - Juli 23, 2014

Muchos Gracias for your blog post. edbcddcdkdcd

17. Spesifikasi Honda CB150R Facelift terbaru…! Power sama, Torque Naik + Obesitas!! | cicakkreatip.com - Juli 12, 2015

[…] • Keuntungan & kerugian Menggunakan Mesin Langkah panjang, pendek & persegi… […]

18. di2cx - Januari 29, 2016

fungsi torsi itu sendri apa kangbro,,,?? mhon pencerahan nya,,, terima kasih,,,


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: