jump to navigation

Tiap kali Motor Kita Masuk Bengkel, Apakah Perlu Untuk Menyetel Klep..? Perlu Ngak..?? Juli 19, 2014

Posted by cicakkreatip.com in PENGETAHUAN, Tips Motor.
Tags: , ,
trackback

tiap-kali-motor-kita-masuk-bengkel-apakah-perlu-untuk-menyetel-klep-perlu-ngakBro dan sis…seiring dengan masa pakai kendaraan bermotor kita, baik R2 maupun R4, maka setidaknya perawatan berkala kudu rutin kita lakukan, dimana tak lain lagi hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan performa mesin pada kondisi primanya.

Banyak komponen mesin yang perlu di seting ulang pada rentang waktu tertentu, sepertihalnya penyetelan celah klep, dimana setiap kali kita servis motor, tak lupa mekaniknya menyetel klep motor kita. Nah..kira kira nih ya, menurut bro sis semua…tiap kali motor kita masuk bengkel apakah mekanik wajib atau Perlu Untuk Menyetel Klep..? Monggo dijawab sesuai opini masing masing…!!!

bengkelsepedamotor-feelergBerdasarkan pengalaman kang Majid sendiri, sebenarnya tiap kali motor di servis, tidaklah wajib untuk di setel celah klep, namun lebih tepatnya adalah mengecek celah kelep nya saja. Kenapa demikian..? kok tidak di setel langsung..? jawabannya sudah pasti, tidak semua kendaraan ketika di servis mengalami perubahan celah, dimana meski terdapat perubahan celah, kebanyakan celah tersebut masih dalam ambang standart pabrikan.

Terus kapan dong kita stel klepnya..? setelah dilakukan pengecekan dan didapati celah klep yang terlalu longgar atau sebaliknya (tidak sesuai dengan std pabrikan) barulah kita mengambil langkah untuk setel klep, jadi stel klep tidak secara langsung dilakukan karena status motor yang lagi servis saja, namun karena dari hasil pengecekanlah yang menentukan tindakan penyetelan klep.

Nah terus…kalau di bengkel ada motor baru tapi klep nya di setel itu salah dong..? nah kembali lagi, kalau emang celahnya melebihi standart pabrikan, maka wajib dilakukan penyetelan, namun jika masih std pabrikan, maka langkah pengecekan saja sudah lebih dari cukup.

Tapi bro…lah kan motor baru, pastilah 99% celah klep nya masih std, ya…kalu emang ada perubahan paling ya masih dalam ambang standart pabrikan, misalnya dalam kondisi motor yang baru ini si mekanik langsung mebabi buta setelan klepnya gimana dong bro…?

Hem…untuk hal ini kita boleh mempertanyakan knowledge dari sang mekanik, pasalnya emang betul, motor baru kebanyakan yang ada celah klep nya pastilah masih standart pabrikan, lah kenapa di setel..? toh malah buang buang waktu + malah bikin baut setelan klep motor kita jadi lecet saja…benar ngak bro 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

Komentar»

1. blueZ - Juli 19, 2014

Sampe sekarang ane belum pernah stel klep di jupi z padahal udah 5 taun 😛 , tp selama mesin enak dan tarikan maknyus ane belum akan stel tuh klep 😛 , takut stelan mekaniknya ga presisi aja 😀 ..
Cuma ane ada pertanyaan aja kang apa ada ya hubungan kerenggangan klep dengan borosnya penggunaan bahan bakar?

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

siep..manteppp bro, kalau ngak ada masalah yo ora usa stel klep gpp.

*apa ada ya hubungan kerenggangan klep dengan borosnya penggunaan bahan bakar?

jawab: Sangat ADA BRO heheh, celah klep mempengaruhi konsumsi BBM juga, entar kang Majid jelasin lewat artikel selanjutnya yo..biar tambah gamblang, dan tentunya biar mengerti dengan baik, ngak separo separo. OK bro.. 😀

2. ipanase - Juli 19, 2014

ada waktunya

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

yuhuy….. 😀

3. Ferboes Richardson - Juli 19, 2014

Saya serahkan semua sama bengkel.langganan untuk urusan si jupe kang hehehehe
http://ferboes.com/2014/07/19/kawasaki-er6n-start-the-engine/

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

heheheh mantepppp 😀

4. aripitstop - Juli 19, 2014

baru tahu saya…artikel menyejukkan…pencerahan buat saya

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

ngoahaha, 😀 (eh bro..nomermu brapa..?)

orong-orong - Juli 21, 2014
5. ridertasik - Juli 19, 2014
cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

hehehe 😀

6. simplerunnerindonesia - Juli 19, 2014

Ora wani nyetel kelep… (tidak berani nyetel kelep) lagian motor siapa yang mau saya setel hahah…. saya cuma berani bersihin filter udara http://hobilari.com/2014/07/19/tips-bbm-kendaraan-lebih-irit/

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

hahahaha sippppp 😀

7. Kobayogas - Juli 19, 2014

Aku kapan yaaa

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

wkkkk apanya mang kobayyy? 😀

8. Blank Canvas - Juli 19, 2014

pencerahan buat saya yang deblo soal otongmotip… suwunnn mas

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

hehehe sieppp…. 😀

9. setia1heri - Juli 19, 2014
cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

heheh monggo mas 😀

10. RPMspeed - Juli 19, 2014

kara orang bengkel daerah saya stelnya kalau udah brisik bgt mesinnya kang 😮

http://rpmsuper.com/

cicak kreatip.com - Juli 19, 2014

Hehe lebih aktual mass ya..siippp 😀

11. Ms Dhukha - Juli 21, 2014

Tergantung mekaniknya, apalagi bengkel resmi terum motor yang masuk masih baru-baru, ditambah antrian yang panjang… Dijamin cuma digeber-geber doang tuh motor… 😀

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

heheheh 😀

12. adityaprad - Juli 21, 2014

Iya hal pertama di cek dulu kalo dimasukin filler terlalu longgar baru deh di stel

http://adityaprad.wordpress.com/2014/07/20/modifikasi-city-cub-yang-minimalis/

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Sipppp… 😀

13. Mase - Juli 21, 2014

nyimak kang

14. Guadalupe - Agustus 23, 2014

I read a lot of interesting content here. Probably you spend a
lot of time writing, i know how to save you a lot of
work, there is an online tool that creates high quality, SEO friendly posts in minutes,
just type in google – laranitas free content source

15. Joanne - Agustus 30, 2014

I read a lot of interesting content here. Probably you spend a lot of
time writing, i know how to save you a lot of time, there is an online tool that creates unique, SEO friendly
articles in seconds, just search in google – laranitas free content source

16. hi hi hi - Maret 25, 2015

Kebanyakan bengkel kalau diauruh stel klep cuma denger suara mesin, terus bilang gak perlu…. Apalagi kalau bawa mx….

cicakkreatip.com - Maret 25, 2015

Hehehe 😀

17. eka - Maret 25, 2015

“toh malah buang buang waktu + malah bikin baut setelan klep motor kita jadi lecet saja…benar ngak bro”

Kayanya ini asli lg curhat..hehe

cicakkreatip.com - Maret 25, 2015

wkkkkk bener sekali, hehehe pengalaman nih heheh 😀

18. ivanantonia1 - Maret 25, 2015

Idealnya setiap berapa kilometer celah klep perlu disetting ya?
Apa sampai motor terasa tidak enak ketika dikendarai?

19. Imamudin - Maret 25, 2015

tapi ada juga lho mekanik yg demen banget setel celah klep. padahal sbnrnya fine fine aja

20. FIRMAN AUTOMOTOR - Maret 25, 2015

kalo ad mekanik hanya dengar aja udah bilang ini g perlu setel,pasti dia bukan mekanik tapi dukun,soal main tebak tebak.
trs juga keluaran pabrikan 80 % produk mereka setelannya awut awutan.soal mereka setel pakai tool khusus bukan pakai yg kayak d beres pakai.dan kebanyaka pabrikan g memeriksa tool valve adjusment nya itu.klo mobil oke lah.klo motor?? masih tanda tanya, wajib cek klep buat mastikannya apakah sesuai standard atau tidak.yg merasa mekanik pasti tahu klo keluaran pabrikan sebagian besar stelannya g sesuai spek.

21. Lukmanul Hakim - Juli 16, 2015

kalo saya biasanya cek dan stel klep sendiri di rumah, soalnya akan lebih presisi stel sendiri, alat lengkap soalnya, kalo ke bengkel mesin gk dingin, gk presisi jadinya, mau nungguin mesin dingin kelamaan di bengkel,mau ngapain ?, wkwkwk

Urusan stel klep udh dipikirin enginer motor agar user friendly, tinggal kita beli feeler gauge dan special tool nya aja,,, dan tentunya knowledge harus punya,,,

cicakkreatip.com - Juli 16, 2015

Sipppp….mantep dah 😀

Lukmanul Hakim - Juli 16, 2015

AHASS di kota ane ane suka males gan ngecek klep, padahal gampang banget tinggal buka head dan cek pake feeler gauge, gk perlu kendorin baut adjustment nya, kalo feeler gauge gk mau masuk baru distell ulang,,, kalo montir Ahass dia penting target harian tercapai dan cepat selesai,,,


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: