jump to navigation

Cara Mengganti Oli Gear Motor Matic… Tanpa ke Bengkel Saya Yakin Anda Juga Bisa Melakukannya Sendiri..!! Juli 21, 2014

Posted by cicakkreatip.com in PENGETAHUAN, Tips Motor.
Tags: , ,
trackback

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiriBro dan sis semua…dalam perawatan berkala motor setidaknya ada beberapa hal yang tidak membutuhkan teknik dan skil khusus, dimana hal ini adalah masalah pengatian oli, yag…baik itu oli mesin ataupun oli gear (CVT) moto matik. Kali ini kang Majid mau kasih sedikit tips mengenai cara mengganti oli gear motor matik Yamaha, terutama Yamaha Mio Series, monggo disimak…

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri1. Siapkan seperangkat alat yang dibutuhkan dan juga oli gearnya, alatnya simpel kok, kita cuma membutuhkan tang dan kunci ukuran 12 (ring atau pas bisa semua).

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiriIMG_20140717_1026292. Siapkan nampan untuk menampung oli bekasnya, taruh di bagian bawah lubang penguras, posisi lubang ada dimana? Posisinya ada di bagian bawah CVT, lihat bagian bawah, ada kepala baut ukuran 12, itulah lubang pengurasnya.

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri3. Buka lubag penguras memakai kunci 12 secara perlahan, setelah itu baru buka bagian penutup oli yang ada di atas untuk mencegah kevakuman ruangan oli, supaya aliran oli yang keluar bisa lancar (penutup berwarna putih).

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri4. Setelah oli keluar semua sampai tetes terakhir 😀 barulah bro sis semua tutup kembali lubang penguras oli tersebut dan kencangkan kembali dengan kunci 12.

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri5. Isi oli dengan menuangkan secara langsung di lubang pengisian yang sudah dibuka, pengisian bisa dilakukan secara langsung dengan memotong ujung wadah oli yang runcing, segera masukkan oli sampai tetes terakhir, bila kesulitan dalam memasukkan oli, kita bisa memakai corong supaya oli tidak tumpah.

cara-mengganti-oli-gear-cvt-motor-matic-tanpa-ke-bengkel-saya-yakin-anda-juga-bisa-melakukannya-sendiri6. Setelah selesai mengisi, barulah kita tutup penutup dengan tangan, lah kok ngak pakai tang loh? saya kira pakai tangan saja sudah cukup kuat, pasalnya penutup oli terbuat dari plastic yang notabene tidak membutuhkan kekuatan yang tinggi untuk memasangnya (jika kurang yakin bisa menggunakan tang untuk pengencangannya). Ok sudah beres kita ganti oli gearnya…

Untuk jangka waktu penggantian oli gear dilakukan per 9000km, atau tiga kali ganti oli mesin, barulah oli gear di ganti. Lebih jelasnya untuk waktu penggantian oli gear bisa dilihat buku panduan servis masing masing.

Gimana bro sis, mudah bukan cara pengantiannya..? saya percaya dalam hati anda semua pasti mengangguk ngangguk, yaweslah kalau begitu silahkan di paraktekkan lansung, lumayan toh bisa ngirit biaya ke bengkel 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

Komentar»

1. orong-orong - Juli 21, 2014
cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

sipppp 😀

2. Ferboes Richardson - Juli 21, 2014
cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

hehehe 😀

3. JalanBerkarisma - Juli 21, 2014
cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

sieppp 😀

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Sippp 😀

4. setia1heri - Juli 21, 2014
cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Thanks brooo… 😀

5. adityaprad - Juli 21, 2014

Mio gmpang
Kalo punya vario ngisinya pake miring2 :v

http://adityaprad.wordpress.com/2014/07/20/modifikasi-city-cub-yang-minimalis/

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Hehehe he’eh mazzz …. 😀

6. jahe - Juli 21, 2014

biasanya bengkel sekalian ganti oli mesin

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Ho’o mas… 😀

7. agoey - Juli 21, 2014

Ngirit biaya jasanya… 😆

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Hahaha pasti mas 😀

8. Irawan - Juli 21, 2014

memang harus sering dikontrol mas, soale rawan kemasukkan air. apalagi yang sering dipakai berendam di banjir 😀

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Hehehe he’e mas bro….

9. piksen abang - Juli 21, 2014

sip bro.., saya baru servis perdana white eagle neh.. kalo dah ga gratis ganti sendiri ajah..

cicak kreatip.com - Juli 21, 2014

Hehehe mantep..semoga bisa bermanfaat 😀

10. RiderAlit - Juli 21, 2014

Saya juga biasa ganti oli mesin sendiri, mas. Sebulan sekali. Tahap paling repotnya memang waktu memasukan oli barunya, apalagi klo ngga pakai corong.

11. Rizka - Februari 12, 2015

Mantab Broo… Bisa dipraktekan langsung, makasih ya infonyaaa…. 🙂

12. Imbas Roller Motor Matic Rusak Atau Aus…! Bikin Tarikan Motor Ngesotz… | cicakkreatip.com - Februari 16, 2015

[…] ▪ Cara Mengganti Oli Gear Motor Matic…  […]


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: