Iklan
jump to navigation

Pengertian Satuan Tenaga HP, PS, KW dan sebagainya, Bedanya apa ?? Belajar dulu coy… Februari 2, 2015

Posted by cicakkreatip.com in otomotif, PENGETAHUAN, Tips Motor.
Tags: , , , , , , , , , , , ,
trackback

# Gambar dari Google

Awalnya sempat garuk garuk kepala sambil ndlomong ketika melihat spek suatu kendaraan roda dua yang memunculkan torehan angka yang dihasilkan oleh suatu kendaraan, berapa tenaganya..? 19 HP coy…!! berapa tenaganya 19 KW om.!! ehem..kepingin batuk jadinya, lag KW sama HP apa bedanya sih…mbingungi iki 😀

Hehehe…sabar dulu, hayo buka buku yang pernah diajarkan di sekolah 😀 Sebenarnya kang Majid juga dulunya bingung banget, opose bedanya, HP dengan DK?? kok bikin njlimet aja 😀 tapi..ngak usah bingung, sebenarnya itu cuma sebuah satuan tenaga saja kok, hayo di utak atek bro..

Selain HP, ada juga yang namanya satuan PS, DK, BHP, KW dan PK. Lag..bedanya apa coy?? jadi begini mas bro…sedikit keminter gak popo yo 😀 perbedaan satuan di atas merupakan satuan yang digunakan dalam tiap negara, seperti negara Eropa sukanya pakai satuan PS, Inggris sukanya pakai satuan HP, wes poko’e versi mereka beda beda, namun hampir hampir sama 😀 untuk lebih detailnya disimak yang ada di bawah ini ➡

HP : Horse Power

KW : Kilo Watt

DK : Daya Kuda (Indonesia)

PS : Pferdestarke (Jerman)

BHP : brake horse power

PK : Paarden Kracht

#berikut perbandingan tiap satuan ➡

1 HP = 0,735 KW
1 KW = 1,34 HP
1 PS / PK = 0,98 HP
1 PS / PK = 0,74 KW
1 KW = 1,36 PS
1 HP = 1,01 P
kawasaki-pun-tidak-mau-ketinggalan-jajal-tendangan-power-yzf-r25-di-acara-launching-r25-di-surabaya

Nah itu dia..di atas merupakan asal dari satuan tenaga yang sering dicantumkan di atas kertas 😀 terus bedanya apa lagi..? ternyata bro…satuan BHP (brake horse power) itu merupakan satuan yang didapat dari hasil pengukuran tenaga yang ditorehkan oleh poros engkol, biasanya orang orang beradab 😀 sering menyebutnya pengukuran On crank – shaft. hasil dari pengukuran ini murni dari dupakan crank shaft, dimana tenaga yang di ukur masih belum melewati komponen seperti kopling, dan perangkat lainnya yang imbasnya tidak mengurangi tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran didalam ruang bakar (tenaga murni bro..).

Lag sedangkan untuk satuan PS (pferdestarke) dan HP (horse power) merupakan satuan yang diperoleh dari pengukuran akhir, yakni pengukuran di roda, istila kerennya itu On Wheel gan..!! pengukuran ini melihat aktual tenaga akhir dari poros engkol yang sudah melewati beberapa komponen, seperti kopling, transmisi, dan lain sebagainy.

Dari hasil pengukuran di atas, kebanyakan metode pengukuran On crank biasanya lebih besar 30-20% dari On Wheel, dimana alasannya seperti penjelasan di atas…On Crank pengukurannya murni dari crankshaft. Biasanya pabrikan banyak yang menggunakan metode On Crank, tapi kalau di dunia modifikator ataupun balap, cenderung yang lebih digemari adalah metode pengukuran On Whell, kenapa demikian…??? sudah pasti On Whell hasilnya lebih nyata, dimana hasilnya adalah hasil akhir, hasil ini lebih akurat karena dikatakan sama dengan hasil aktual jika kendaraan di geber di jalan raya.

Hem..yawes itu dulu rek..!! mripat kang Majid sudah melek merem… 😀 yawes semoga bermanfaat, jika ada yang kurang ditambahi saja di kolom komentar, salam cicakkreatip.com

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. warungasep - Februari 2, 2015

Wow akhirnya saya tempe ehhh tahu 😀

http jemuran ketinggalan 😀

2. wtf170 - Februari 3, 2015

ooo gitu ya….
kirain HP=handphone
DK=plat region Bali
xixi

3. bikerkampung86 - Februari 3, 2015
4. Datuk Toman - Februari 3, 2015

Walh.. Tetep njlimet kudu ngitunng….

cicak kreatip.com - Februari 3, 2015

hehehe 😀

5. balap ontel - Februari 3, 2015

apa cuma aq di sini yg bingung ??? nice post .
PERTAHANKAN

cicak kreatip.com - Februari 3, 2015

tq bro… 😀

6. eka_hida - Februari 3, 2015

tetep aja om masih bingung -_-

7. Dongkrak tenaga Motor Injeksi dengan coil booster!! Ni hasil test dyno-nya… | cicakkreatip.com - Februari 4, 2015

[…] ▪ Pengertian Satuan Tenaga HP, PS, KW dan sebagainya, Bedanya apa ?? Belajar dulu coy… […]

8. patria - Februari 9, 2015

PS, DK, BHP, KW dan PK adalah satuan daya ( daya adalah usaha yang dilakukan per satuan waktu ) rumus sederhananya P = w / t .

Bedanya hanya satuannya, tak ada yang membedakan bahwa satuan daya tertentu di gunakan untuk mengetahui daya motor pada roda, hanya perbedaan satuan saja, biasanya produsen mobil atau motor baru menggunakan metode pengukuran pada kruk as ( crank shaft ) kecuali disebutkan lain ( misalkan 250 hp on wheel)

cicak kreatip.com - Februari 9, 2015

Sippp…betul sekalu 😀

9. Irwandi Surya Putra - Februari 28, 2016

Nemu jg nich artikel, thnk artikelnya bro. walu rada telat bukanya tapi nambah ilmu bgt.

10. Richo - Maret 20, 2016

Kalau dk dikonversiin ke hp gimana gan?


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: