Iklan
jump to navigation

Kenapa Kampas Rem depan Cepat habis Ya…?? Padahal masih baru motornya?? Februari 19, 2015

Posted by cicakkreatip.com in otomotif, Tips Motor.
Tags: , , , , , , , , , , , , ,
trackback

kampas rem depan habis

Kampas rem depan kok cepat habis ya?? ngak nyangka motor baru gres dan berjalan sejauh 500km kok sudah amblas kampas remnya, hem..kira kira ada yang ngalamin ngak ya?? kira kira penyebabnya apa ya? apa jangan jangan saya yang berkendaranya salah, atau kondisi part kampas yang memang juwelek pool.

Ke dua faktor penyebab di atas bisa saja benar namun bisa juga salah, yang pasti perlu diketahui, kampas rem cepat habis penyebabnya ada banyak, jadi biar enggak langsung memvonis kampas remku cepat habis, monggo disimak salah satu penyebab kampas rem cakram cepat habis yang kang Majid rangkum dibawah ini ➡

Penyebab kampas rem cakram cepat habis

▪ Cakram/piringan oleng

Cakram oleng!! sangat sederhana kan…? cakram yang oleng membuat kondisi kampas rem cepat habis, pasalnya hal ini diakibatkan karena piringan oleng membuat gesekan yang terus menerus dengan kampas, meski kondisi tuas rem tidak di tarik, kampas tetap bergesekan dengan cakram yang diakibatkan karena permukaan piringan yang tidak rata tersebut, biasanya hal ini ditandai dengan habisnya kampas rem yang tidak merata.

▪ Kotoran yang menempel

Nag…yang satu ini juga mungkin tidak kita duga sebelumnya, kotoran..!! ya kotoran yang menempel di permukaan cakram atau kampas bisa membuat kampas rem cepat terkikis, biasanya kotoran lebih sering kita jumpai dikala musim hujang, dimana kondisi jalan yang becek disertai dengan lumpur mudah sekali hinggap di bagian rem cakram yang kondisinya terbuka.

Karena adanya kotoran meski tuas rem tidak kita tarik, tetap terjadi gesekan antara kampas dan piringan, hal inilah yang membuat kampas cepat habis, pernah kan mendengar suara gesekan “srek-srek-srek” di bagian rem? nah suara tersebut bisa jadi diakibatkan oleh kotoran yang nempel, jadi mulai sekarang jangan di lihat saja kalau bagian rem kotor, monggo diguyur air biar rontok kotorannya 😀

▪ Kondisi medan jalan yang dilalui

Yang satu ini nih yang juga membedakan kenapa kampas rem cepat habis..! kondisi medan yang kita lalui sehari hari mas bro…jalanan macet, jalanan berbukit, jalanan mulus, dan lain sebagaianya…jalanan berperan penting dalam keawetan kampas rem, lag kok bisa?

Kondisi jalan merupakan salah satu penyebab sering atau tidak kita menggunakan rem, cenderung jalanan menanjak atau menurun membuat kita sering menggunakan rem…yang mana hal ini yang memicu kampas rem sering terpakai, imbasnya? terkikisnya kamaps juga lebih besar jika dibandingkan dengan jalan rata.

▪ Cara pemakaian yang ekstrim

Hal ini juga masih ada sangkut pautnya sama kendisi jalan, seringnya kita memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, gaya pengereman juga semakin kuat pula, hal ini memicu terkikisnya kampas lebih besar pula. Tidak hanya itu, pemakaian kendaraan yang ekstrim seperti freestyle, balap, intinya yang ekstrim juga bakal membuat part fast mofing ini cepat tergerus.

▪ Boncengan dengan pacar..!

Lah kok agak nyeleneh yang satu ini 😀 hehehe hal ini sebenarnya sama seperti pemakaian..bonceng pacar biasanya memicu penggunaan rem yang non standar, lag wong jalan berlubang dikit atau kena polisi tidur yang rendah saja tuas rem di tarik dengan sekuat tenaga, biar punggung mefetttt pacar ceritanya hehehe…kondisi ini kurang baik untuk kampas..untung saja ceweknya ngak pegang bor listrik, bisa bisa lubang itu punggung sampeyan kalau sering ngerem 😀

▪ Rem setengah macet

Rem setengah macet, meski tidak membuat roda berhenti total, kondisi ini bisa membuat kampas rem cepat aus, dimana samahalnya kayak kena kotoran tadi, meski tuas rem tidak di tarik…tetap ada persinggungan diantara cakram dengan kampas, hal ini tentunya akan membuat kampas terkikis, meski sedikit…ingat sedikit demi sedikit lama lama akan jadi..?? wes dijawab sendiri 😀

▪ Material kampas jelek

Yang terakhir nih…hal di atas mungkin tidak kita temukan di motor kita, tapi kok cepat habis ya? hal ini berarti satu tersangka utama yang harus dan wajib kita dicurigai…! apa itu? material kampas remnya sendiri bro…jika memang yakin ke enam alasan di atas tidak terjadi pada motor kita, berarti material kampas rem yang patut dipertanyakan?? kampas remnya kemungkinan kurang pas (terlalu lunak 😀 ).

Material lunak bukan berarti jelek, lah kok bisa…?? banyak kejadian kampas rem cepat habis, tapi setelah kang Majid lihat hal ini sangat menguntungkan bagi piringan, dimana piringan (cakram) umurnya bakal lebih panjang, pasalnya dikala kampas dan piringan saling bergesekan, yang kalah buhan piringan, melainkan kampas, pasalnya kampas lebih lunak dibandingkan cakram.

Lag..berarti kampas yang lebih keras dong yang jelek…? tidak juga 😀 pasalnya kampas rem yang keras keuntungannya adalah kita tidak sering untuk mengganti kampas, namun..bukan tidak memiliki kelemahan, kampas yang keras, cenderung membuat piringan ikut terkikis…jadi kalau kampas rem keras memang kita tidak sering mengganti kampas sesering kampas yang lembek di atas, namun kan penggantian akan pindah ke piringan karena terkikis.

Berarti kampas lunak dan keras ada plus minusnya dong? he’em…kejadian dilapangan seperti itu? monggo dipilih saja sesuai selera, mau ganti kampas rem atau piringan cakram?? monggo 😀 #Eg iya ada ngak ya kampas rem dan piringan yang sama sam kuat, biar enggak ganti seumur hidup wkkkkkkk 😀 – cicakkreatip.com

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. Kobayogas - Februari 19, 2015
2. dioardi - Februari 19, 2015

aku sudah pernah mengalami kampas depan tinggal besinya, waduuh piringan jadi beret2, bahaya bro.

https://dioardi.wordpress.com/2015/02/19/cb150r-streetfire-facelit-akan-tampil-lebih-kekar/

cicak kreatip.com - Februari 20, 2015

heheheheh 😀

3. Andik Taufiq - Februari 19, 2015

Wahahaha.. yg bonceng pacar oot itu…

cicak kreatip.com - Februari 19, 2015

Wkkkk…. 😀

4. iffcpamarayan - Februari 19, 2015

Oh kitu

5. NJMX - Februari 20, 2015

Yang bener ? Mx ane 25rb baru ganti kampas yg depan, yg blakang masih tebel banget

6. Anto_AE - Februari 20, 2015

Satu lagi yang belum, Permainan Dealer Brow…..
Di ganti yang Bekas, yang baru di jual lagi… 😀

cicak kreatip.com - Februari 20, 2015

Wkkkkkkkk 😀 kok yg dinual bukan rodae sekaluan bro 😀

7. danisubject - Februari 20, 2015

pake balap nih 😀 ..

cicak kreatip.com - Februari 20, 2015

wkkkkk 😀


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: