Iklan
jump to navigation

Kenapa Kipas Radiator Tidak mau berputar..!! Penyebabnya?? Maret 10, 2015

Posted by cicakkreatip.com in otomotif, Tips Motor.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

thermo sensor

Khususon yang mempunyai motor injeksi dengan pendinginan liquid cooling (radiator) pada pendinginan radiator terdapat kipas yang kerjanya membantu pendinginan disaat kondisi mesin overhead, kipas akan membantu kinerja pendinginan (radiator) dengan menghembuskan udara segar menuju ke selah selah kisi kisi yang ada di radiator.

Pernah mengalami kipas radiator tidak mau berputar ❓ perlu diketahui, seperti yang kang Majid bilang di atas, kipas radiator (fan) akan bekerja dikala shu mesin over, dalam artian unit pendingin yang ada sudah tidak mampu lagi untuk menekan suhu mesin, maka dari situlah dibantu kipas yang berputar dengan menghembuskan udara, kayak minum kopi rek..panas yo ditiupin ➡

▪ Pendindinginan tipe radiator menjadi kurang maksimal jika hal seperti ini terjadi ……

Maka dari situlah kipas radiator akan bekerja dikala mesin overheating saja, dimana kisaran suhu mesin sudah sampai 90-100 derajat celsius. Dibawah suhu tersebut, jangan harap kipas mau berputar..lah wong suhunya masih suhu kerja mesin dan masih bisa di tekan oleh air radiator.

Terus, misalkan kalau suhu mesin sudah mendekati over dan dikala itu kipas masih belum menyala apa yang kudu diperiksa?? untuk ini banyak piranti yang diperiksa, mulai dali kipasnya sendiri, kabel kabel, ECU, serta yang enggak boleh ketinggalan adalah pengecekan pada Thermo Sensor, apa itu?? Gambar ada di atas…thermo sensor merupakan sensor suhu mesin, yang mana tugasnya adalah mendeteksi kondisi suhu mesin.

Suhu mesin akan dilaporkan ke Engine Control Unit (ECU) setelah itu ECU akan memutuskan kipas harus berputar apa tidak, yang mana hal ini ditentukan sesuai dengan suhu yang ada, suhu dingin – suhu kerja mesin (kipas mati) suhu over – diatas suhu kerja mesin (kipas berputar). Next artikel akan kita bahas cara mengecek thermo sensor…

▪ Fungsi lain dari Thermo Sensor : Fungsi Thermo Sensor..?? Fungsi Sensor motor injeksi yang satu ini apa ya?

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. Kobayogas - Maret 10, 2015
cicakkreatip.com - Maret 10, 2015

wkkkk pijet dulu 😀

2. Nofgi - Maret 10, 2015

Gimana kalau indikator panaanya yg rusak ?
Di Vixionku nyala terus -__-

https://nofgipiston.wordpress.com/2015/03/09/maraknya-modifikasi-vixion-menggunakan-replika-headlamp-z250/#

cicakkreatip.com - Maret 10, 2015

wkk..nyala terus bisa juga ngefong connectornya, pernah kejadian karena kena kemasukan air connectornya..

3. samidt - Maret 10, 2015

ralat om, basa inggrisnya kipas udah jadi “fun” ya sekarang ? hahaha
jangan lupa kasih hamster, biar berputar, ckaka

rumh - Maret 10, 2015

iyo ganti fun saiki…

cicakkreatip.com - Maret 11, 2015

huahahaha “FAN” 😀

4. Perbedaan MX King dan Jupiter MX 150 Itu Apa?? Monggo diintip | cicakkreatip.com - Maret 13, 2015

[…] ▪ Kenapa Kipas Radiator Tidak mau berputar..!! Penyebabnya?? […]

5. fathiawidi - Maret 18, 2015

Reblogged this on thiew's blog and commented:
Ayo bagi kalian yang mengalami masalah pada radiator kipas, boleh dibaca 🙂 #kipas #radiator

6. Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… | cicakkreatip.com - Oktober 7, 2015

[…] Baca Juga : Kenapa Kipas Radiator Tidak mau berputar..!! Penyebabnya?? […]

7. antonius - April 22, 2016

Tips buat yg punya vixion…klo lampu indikator merah menyala,kemungkinan besar kipas radiatornya nggak berfungsi…
Cb test kipas (fan) langsung ke accu…apabila kipas gak bs nyala cb dibongkar sendiri aja(asal gak ada bau gosong/terbakar) paling cuman karbon brushnya aja yang macet…nanti pasangnya tinggal kasih silicon lg(biar gak kemasukan air)…selamat mencoba😊


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: