Iklan
jump to navigation

Pajak atau STNK motor Mati, Apakah polisi punya wewenang untuk menilang kita?? Maret 25, 2015

Posted by cicakkreatip.com in news, otomotif, Tips Motor, umum.
Tags: , , , , , , , , ,
trackback

Pembahasan yang wajib pembaca cicak ketahui, pasalnya hal ini hubungannya sama pelanggaran saat melaju di aspal ūüėÄ pernahkah sampeyan semua kena tilang gara gara pajak kendaraan mati? atau pernakah kena tilang ketika STNK mati? pasti pernah kan ūüėÄ kalau pajak STNK mati koyoe radak rancau, tapi kalau STNK mati polisi tilang kita, itu sudah ada kaitannya dengan peraturan lalulintas yang ada.

Aplikasi Pembuatan SIM dan Perpanjang SIM Online sekarang sudah hadir!

Cukup menarik ketika melihat artikel merdeka, dimana hal ini hubungannya sama pertanyaan diatas… STNK mati atau tidak diperpanjang apakah kena tilang ‚Ěď dari jawaban Divisi Humas Mabes Polri via Facebook mengatakan…

Polisi diberikan kewenangan untuk menindak tegas kendaraan dengan STNK yang sudah mati. Sebab, STNK merupakan nomor registrasi kendaraan, di mana termuat data kendaraan, identitas pemilik, nomor registrasi dan masa berlakunya. http://www.merdeka.com/peristiwa/bisakah-polisi-tilang-kendaraan-karena-stnk-mati.html

Dasarnya apa? apakah ada peraturan yang menyatakan hal tersebut? ada dong..lihat pasal 74 ayat (2) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan dikuatkan Pasal 1 angka 17 Peraturan Kapolri No. 5 Tahun 2012, pasal tersebut menuturkan akan penghapusan registrasi pemilik kendaraan jika tidak diperpanjang.

Dengan penghapusan tersebut, maka kendaraan bermotor dikatakan ilegal dan tentunya kalau sudah ilegal, jika dikaitkan lagi dengan pasal 68 ayat 1 UU LLAJ yang menuturkan bahwa kendaraan wajib dilengkapi STNK yang masih berlaku, jika STNK-nya ada tetapi sudah tidak berlaku, maka  kendaraan tersebut tidak layak beroperasi Рcicakkreatip.com

Baca juga yang ini…Ganti Warna Motor Meyimpang dari warna di STNK Apakah Boleh? apakah kena tilang juga?? ini Jawabannya‚Ķ

model cantik yamaha14

#Salam buat pembaca cicakkreatip semua…. naik motor dulu Gan!! :mrgreen: ūüėõ

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. Blank Canvas - Maret 25, 2015

aya boayar oajak.. biar pemerintah bisa beli ups lagi . . ayo ayo

2. GandemLover - Maret 25, 2015

pokoke keno tilang nek stnk mati bukan pajaknya…

https://gandem21.wordpress.com/2015/03/25/satu-helm-2-visor-italy-punya/

3. Yamaha MX King lebih Unggul dibandingkan Satria FU..!! Ngak percaya, lihat saja… | cicakkreatip.com - Maret 25, 2015

[…] ‚Ė™ Pajak atau STNK motor Mati, Apakah polisi punya wewenang untuk menilang¬†kita?? […]

4. Badak hitam - Maret 27, 2015

Bukan nya polisi itu ga berhak nilang pajak atau stnk ya ?
Yg berhak itu orang dishub atau perpajakan kan ?

5. Membayar Pajak Kendaraan Pakai Foto Copy KTP Apakah Bisa?? Ni jawabannya…! | cicakkreatip.com - April 2, 2015

[…] Pajak atau STNK motor Mati, Apakah polisi punya wewenang untuk menilang¬†kita?? […]

6. Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor di Jawa timur 2015 | cicakkreatip.com - Oktober 1, 2015

[…] Pajak atau STNK motor Mati, Apakah polisi punya wewenang untuk menilang¬†kita?? […]

7. mameg - Oktober 2, 2015

bedakan antara STNK mati dengan Pajak telat/nunggak, kalau STNK mati sudah jelas ada pasalnya bahwa petugas berhak untuk menindak/tilang, namun jika yg mati adalah pajak(tahunan)nya alias nunggak, petugas tidak berhak menindak krn itu adalah kaitannya dengan dispenda, dan sudah ada sanksi nya sendiri dari dispenda, yakni denda.
kemudian logikanya, jika pajak telat/nunggak belum tentu STNK nya mati, krn bisa jadi telatnya baru setahun atau dua tahun, bahkan sampai empat tahun STNK masih kondisi hidup, namun jika STNK nya mati itu sudah pasti pajaknya juga telat/nunggak, minimal nunggak setahun.

cicakkreatip.com - Oktober 2, 2015

josss betul broh ūüėÄ

8. Falah - Januari 30, 2016

Nggak nyambung, stnk hidup 5 tahun, sementara pajak 1 tahun. Kalau pajak telat bayar apa hubungannya dg stnk yg hidup, kok ditilang? Emang pengesahan stnk itu tiap tahun, kalau iya sama aja artinya umur stnk 1 tahun.

9. supriyanto - April 8, 2016

Kpn di jatim ada pemutihan lagi sb dendanya kok tinggi skrg malah ada JR

supriyanto - April 8, 2016

Pemda prov jatim jgn naikan denda pajak kendaraan roda dua khususnya yg dibwh 125cc….klo bs gk usah pakai denda..to itu bs bikin rakyat senang


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: