Iklan
jump to navigation

Begini to cara Bengkel Resmi Cek kinerja Rem ABS di N-Max!! April 15, 2015

Posted by cicakkreatip.com in otomotif, Tips Motor, yamaha.
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

rem ABS

Kudu belajar lagi Gan! maksudnya? kendaraan roda dua sekarang ini makin maju teknologinya, setiap tahunnya penerapan teknologi yang semula cuma bisa kita rasakan di kendaraan roda empat sekarang mulai perlahan telah tersisip di kendaraan roda dua.

Layaknya teknologi injeksi, dulunya cuma terdapat di pesawat dan mobil saja…lag untuk sekarang ini pabrikan R2 telah mewajibkan kuda wesi rajutannya untuk memakai teknologi tersebut, kalau enggak belajar ngikuti perkembangannya, kang Majid yakin kita pasti dibikin gaptek, ndlahom karena awam teknologi 😀 terlambat enggak papa..asalkan mau belajar.

Kali ini bukan teknologi injeksi-nya yang kang Majid bahas, melainkan tenologi sistem pengeraman antilock braking system (ABS) nya yang akan kang Majid sedikit ulas, dimana ulasan ini cuma menggambarkan begini loh cara pabrikan atau bengkel resmi memeriksa sistem rem ABS itu. Ternyata enggak pakai ndlosor, mlumah, njengking, megang obeng lagi pemeriksaannya, namun cuku tancam dan pencet pencet saja 😀 opo kuwi rek!! :mrgreen: ❓ 😛

tuas rem ABS

Seperti motor matic bongsor Yamaha N-Max 155cc, Rem ABS secara dasar memang fungsinya sama seperti rem non ABS pada umumnya, yakni difungsikan untuk mengurangi laju daripada roda. Bedanya pada ABS terletak pada sitem kontrol pengeremannya, dimana rem non ABS ketika tuas rem kita tarik secara mendadak, maka kondisi kampas rem akan secara respon mengurangi laju roda, resiko slip roda (ndlosor gulungkuming) jika melakukan pengereman mendadak pada kecepatan tinggi akan kita dapati di rem ini.

Impressi Pertama Ketika Merasakan Rem ABS Yamaha Nmax..! Begini to…

Beda dengan ABS, meski tuas rem kita tarik sekuat tenaga, belum tentu kampas rem menahan roda terus menerus, perangkat elektronik (ECU ABS) akan menentukan ritme pergerakan kampas, kampas rem bergerak menekan dan kapan kampas rem bebas menekan, hal ini dipengaruhi oleh inputan dari sensor putaran roda yang terpasang di roda depan ataupun belakang.

seting rem abs yamaha

Lag..berarti perawatan rem ABS patinya kudu beda dong dengan rem biasa? bisa dikatakan begitu, namun perawatannya ternyata enggak susah susah amat…dimana kalau melihat di bengkel resmi Yamaha ni, perawatan dan juga pengecekan kinerja rem ABS normal atau tidak, ternyata hal ini sudah dilakukan dengan sistem komputer (seperti gambar diatas), seperti yang sempat kang Majid coba di bengkel resmi Yamaha Agung Motor Mojokerto beberapa waktu lalu.

Dalam pemeriksaan…yang diperiksa meliputi dua hal, ada pemeriksaan “Rute selang ABS”, dan ada juga pemeriksaan “Gaya reaksi rem ABS jika bekerja”. Hal ini dilakukan secara langsung melalui data loger alat diagnostic tool versi komputer bengkel resmi Yamaha. Perangkat kontrol semacam ECU ABS dengan ECU sistem Injeksi ternyata terpisah, jadi secara pemeriksaan juga terpisah, hal ini terlihat dari konektor ECU rem ABS yang terpisah dengan konektor sistem Injeksi.

Owalah…jaman dulu enggak ada yang namanya mekanik service pakai tengtop #Eh..keliru, maksunya pakai Laptop, adanya pegawai kantoran atau pegawai kelurahan :mrgreen: yang pakai laptop. Lag sekarang ini service motor juga pakai laptop, modiar tenan teknologi ini heheheh 😀 yek opo rek!! sek penak jaman sekarang to servis motor itu 😀 semoga menambah wawasan 😀 – cicakkreatip.com

Harga Yamaha Nmax Non ABS Rp. 21-22 juta’an..! Keluar bulan Juni 2015

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. GandemLover - April 15, 2015

mekanik sekarang harus dibekali ilmu elektronik 😀

https://gandem21.wordpress.com/2015/04/14/kamkop-r15-di-old-vixion/

2. Kobayogas - April 15, 2015

ABS bukan untuk ini:
” Rem ABS secara dasar memang fungsinya sama seperti rem non ABS pada umumnya, yakni difungsikan untuk mengurangi laju daripada roda. Bedanya pada ABS terletak pada sitem kontrol pengeremannya, dimana rem non ABS ketika tuas rem kita tarik secara mendadak, maka kondisi kampas rem akan secara respon mengurangi laju roda”

tapi sesuai namanya, Anti-Lock.. bikin roda gak ngunci ketika dilakukan panic braking lek, ngono kkekekeke

cicakkreatip.com - April 15, 2015

Wwwk…itu kan penjelasan non ABS, tu ada kata2 non ABS. Sayangnya sampean enggak baca artikel dibawahnya si.. Ni artikel dibawahnya” Beda dengan ABS, meski tuas rem kita tarik sekuat tenaga, belum tentu kampas rem menahan roda terus menerus, perangkat elektronik (ECU ABS) akan menentukan ritme pergerakan kampas, kampas rem bergerak menekan dan kapan kampas rem bebas menekan, hal ini dipengaruhi oleh inputan dari sensor putaran roda yang terpasang di roda depan ataupun belakang.” singkat cerita intinya mencegah rem mengunci (lock)

Kobayogas - April 15, 2015

Nyuosssss.. Baca kok lek hehhr

3. warungasep - April 15, 2015
cicakkreatip.com - April 15, 2015

Wkkkk 😀

4. orong-orong - April 15, 2015
cicakkreatip.com - April 15, 2015

Juos gandosss 😀

5. agoey - April 15, 2015

Teknologi semakin maju.. semakin rumit…

Dua Motor Ini Punya Suara Knalpot Standar Yang Enak Didengar Sob.. Setuju..?

http://agoey.com/2015/04/15/suara-knalpot-standar-motor-ini-enak-didengar/

cicakkreatip.com - April 15, 2015

Malah lebih giampang kok bro….asal tau dasarnya…. 😀

6. Aulianomics - April 15, 2015

Mantap deh yamaha lumayan teknologi nya 🙂

7. ocid w@e - April 15, 2015

jangan heran klo cuma service pake laptop, wong bapakku ngangon kebo aja pake laptop jg koq…!

cicakkreatip.com - April 15, 2015

Wkkkkkk jiah…. 😀

8. yanmata - April 15, 2015
cicakkreatip.com - April 16, 2015

Siepppp.. 😀

9. Sofa Tamu Minimalis - April 16, 2015

kerenn tuh settingnya…

cicakkreatip.com - April 16, 2015

ehehe 😀


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: