Iklan
jump to navigation

Seting Nilai CO pada motor injeksi sebenarnya efeknya apa? Yuk dibahas bareng… Juni 29, 2015

Posted by cicakkreatip.com in otomotif, teknologi, yamaha.
Tags: , , , , , , , , , ,
trackback

motor injeksi

Bahasanya ajigile nih, pakai bahasa rembuk, memang musyawarah warga coy..!! 😀 jadi begini cerita sesungguhnya…diantara pembaca cicakkreatip pasti pernah mendengar ataupun sudah akrab sekali dengan seting angka CO pada motor injeksi. Terutama yang punya motor injeksi dengan motor merk Yamaha.

Perbedaan Motor Injeksi dengan karburator..! Fungsi Karburator dengan Throttle Body.. Mbah Bogang Bertanya..!! Bedanya Apa..?

Angka CO dari pabrikan sebenarnya standart-nya ada di angka 0, namun pabrikan tidak membatasi jika konsumennya ingin seting CO pada beberapa produknya yang CO-nya bisa di seting. Umumnya seting CO bisa ditambah ataupun dikurangi, min & plus ya!! layaknya di Yamaha Vixion, angka CO bisa ditambah (+) mulai angka 0 sampai 30. Untuk pengurangannya juga sama (-) CO di Yamaha Vixion bisa dikurangi mulai 0 sampai -30. Contoh lagi nih…Yamaha YZF R25, CO bahkan bisa diseting + 0 -126 loh, serta untuk min-nya sampai -128. Kadang tiap motor beda!!

knalpot aftermarket

Yang paling penting, tentunya resetting CO dilakukan guna memenuhi asupan bahan bakar yang disuplay oleh injector, terlebih langkah ini bakal manjur jika ada penggantian part layaknya kenalpot brong, atau freeflow dan sejenisnya. Kadangkala banyak yang melakukan seting CO dengan titik fokusnya bisa di tambah (+) atau sebaliknya, bisa dikurangi (-). Untuk urusan nilainya sendiri tergantung dari karakter engine ketika memakai part after market yang ada, pasalnya seting CO enggak bisa dipatenkan dengan angka tetap. Misalkan motor ini cocoknya pakai setingan A, motor ini pakai B, sekali lagi menyesuaikan!!

Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!!

Bicara banyak mengenai seting CO, kenapa angka CO perlu disesuaikan?? Hubungannya sama apa? Ini nih yang kudu diperhatikan, jika perlu dicatat rumusan CO ini 😀 atau bisa di copy artikel cicakkreatip kali ini, biar ingat!!

Seting angka CO dilakukan sebenarnya tujuannya tidak lain adalah untuk menambah ataupun mengurangi jumlah suplay bahan bakar yang dilakukan oleh injector dengan kapasitas satuan cc. Rumusnya, disetiap setrip atau satu angka entah entah min atau plus nilainya adalah mengurangi atau menambah BBM dengan jumlah 0,05 cc. Contoh-nya…

Perbedaan Motor Karburator dengan Injeksi…Mbah bogang Juga bertanya Lageee… !! #part 2

Standat nilai CO pabrikan untuk motor baru adalah “0”. Jika angka CO kita naikkan tepat di angka “+1” (tambah satu strip) maka bahan bakar yang disuplay oleh injector akan bertambah 0,05 cc. Kebalikannya apabila angka saya turunkan satu setrip ‘-1” (min satu setrip) maka bahan bakar yang disemprotkan oleh injector akan dikurangi 0,05 cc. Lag…jika saya kasih +5, gimana dong?? Ya gampang..tinggal ngalikan saja, 0,05cc x 5 = ?? dihitung sendiri.

Wes kan, giamblang kan?? Jadi kesimpulannya, CO di dalam FI bisa dikatakan sebagai penambah dan pengurangan jatah BBM yang disuplay oleh injector. Namun..kayaknya untuk sistem FI yang sudah menggunakan sensor 02, seting CO kayaknya kurang afdhol jika dilakukan. Kenapa demikian??

seting angka co motor injeksi2

profil tampilan seting co motor injeksi yamaha memakai dataloger (PC)

Contoh saja…jika kita tambah CO +30, efeknya semakin boros kan…?? jika gas buang dalam kondisi rich (campuran kaya), sensor 02 kirim signal ke engine control unit (ECU) selaku pemegang pengendali, karena laporannya menunjukkan boros…maka ECU perintah injector untuk mengurangi jumlah/debit BBM yang dikabutkan.

Lah jadinya sama saja dong seting CO??? Wesss jangan difikirin dulu, insya Allah nanti ada sesi pembahasa-nya sendiri…artikel ini saja dipahami sampai matang. Ikuti terus artikel cicakkreatip, enggak papa…biar enggak ketinggalan informasi menarik kayak begini 😀 tapi cicakkreatip juga enggak pinter, cuma sekedar tau saja…jika ada pembaca cicak yang lebih tau, jangan sungkan sungkan ketik gagasannya di kolom artikel yanga da dibawah…okyyy coy!! – cicakkreatip.com

Alat Pengukur Tekanan Pompa Bahan Bakar Motor Injeksi “Fuel Pump Pressure Gauge”..!!

Video seting CO Andy Neo :

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. hehehe - Juni 29, 2015

Mas aku cah unesa sing melu pelatihan e pean kae hehehe…
Pe takok nek setting CO tambah + cekne luwih enteng munggah gunung kira2 relevan gak? Suwun

2. Hot: Kode model baru muncul dari Yamaha, Matic baru dengan suspensi USD..!! | cicakkreatip.com - Juni 30, 2015

[…] ▪  Baca juga Seting Nilai CO pada motor injeksi sebenarnya efeknya apa? Yuk dibahas bareng… […]

3. Motor baru yamaha tambah lagi, kini ada 5 kode model baru!! ada MT 150cc kah?? | cicakkreatip.com - Juni 30, 2015

[…] • Baca juga Seting Nilai CO pada motor injeksi sebenarnya efeknya apa? Yuk dibahas bareng… […]

4. ilham - Juni 30, 2015

Kalo misal udah di porting polish,ganti camshaft,tu kan udara yg masuk jd banyak..apakah ECU otomatis menyesuaikan debit bbm,tanpa harus di sett ulang??

firman - Oktober 23, 2015

Jika motor d lengkapi O2 sensor(type CLOSELOOP) saat engine run dan laporan dr O2 bahwa bbm terlalu miskin,maka YA ecu akan menambah scr otomatis tanpa di seting ulang,namun masukan data dr O2 sensor akan di olah oleh ECU hanya pada saat motor berjalan stabil.jd saat akselerasi maka masukan dr O2 sensor di abaikan.kenpa??karena d setiap lini putran mesin yg stabil sudah tercapai power maksimal pada putran itu.jika d tambah power juga tidak akan naik..(line power maksimum di setiap putran mesin/1000Rpm)

5. Konsumsi Bahan Bakar Yamaha MT25 versi Otomotif..!! | cicakkreatip.com - Juni 30, 2015

[…] • Seting Nilai CO pada motor injeksi sebenarnya efeknya apa? Yuk dibahas bareng… […]

6. ivan - Juli 1, 2015

pengalaman ane, CO+10 suhu mesin turun drastis, yg td nya panas banget jd gak terlalu panas, n kipas juga lebi jarang nyala, motor jupi MX king

cicakkreatip.com - Juli 1, 2015

joslah…berarti masuk kan, +bahan bakar tambah 😀 engine dingin..

sandy - Maret 6, 2016

Yg punya MX King setting CO harus ke bengkel resmi Yamaha atau tidak ???

cicakkreatip.com - Maret 6, 2016

Tetap ke beres kalau gak punya diag tools broh….

7. arh thea - Juli 1, 2015

(●≧▽≦)♪ ωααααααασσσσωωωωωωω…..

…………////
………..(0 0)
.—oOO– (_)—–.
╔═════════════════╗
║MANTAP…………………….║
╚═════════════════╝
‘—————oOO
……..|__|__|
………. || ||
……. ooO Ooo

8. Dongkrak Trafik Blogmu Dengan Trik Related Article | ARIF DADOT - Juli 3, 2015

[…] blog sesama blogger otomotif. Misalnya di blog kondang mang kobay juragan the meries. Juga ada di kang Madjid. Dipadukan dengan tips dari tim WordPress, jadilah sebuah trik yang boleh dianggap baru […]

9. Ibnu - Januari 14, 2016

gan kalo mau seting co buat honda di jakarta dimana ya?

cicakkreatip.com - Januari 14, 2016

di beres saja bro…

Ibnu - Januari 16, 2016

maksudnya? tolong pencerahannya gan motor butuh diseting co nih

10. yudha hermawan - Januari 17, 2016

gan numpang tanya..
tadi ane ke bengkel minta di stel co nya..
nah udh kebaca tuh klo settingan nya mash “0” ..
tpi sangat di sayangkan, karena engga bisa di setting..
gamau di keatasin , begitu juga sebalik nya..
kira2 apa ya gan yang salah?
motor ane soul gt 125 bluecore..

cicakkreatip.com - Januari 17, 2016

kebetulan unuk all new soul gt gak bsa setting co gan…..std 0

11. Fredy - Februari 17, 2016

Klo mau setting co di motor yamaha perlu pake fuel adjuster / piggyback apa gak om?

cicakkreatip.com - Februari 18, 2016

gak perlu broh 😀

12. aziz f - Februari 24, 2016

numpang tanya gan, vixion advance klau udah ganti busi iridium, filter ferrox, sama 9 power enaknya seting co + berapa yaah…biar lebih ngacir

mhon infonya

cicakkreatip.com - Februari 24, 2016

kalau urusan setel co biasanya dikasih plus 3, namun pengalaman baisanya hal tersebut tidak bisa menjadi patokan, kebanyakan dicoba dulu, kiranya +3 enak ya okey. Namun kalau kurang..bisa di ajas ke angka yang lebih tinggi atau (-)

13. fery - Maret 6, 2016

Numpang tanya gan, ane baru ganti kanalpot racing utk motor r25,.bagusnya di stel co+ berapa ya gan??, untuk sekarang blm ane s6tel co nya masih standar,, mohon infonya..

cicakkreatip.com - Maret 6, 2016

Monggo di ciba pakai 6 broh…tapi kadang co gak bisa dipastikan..jadi harusnya nyobain oasnya pakai + pa –

14. zulkarnaen - April 19, 2016

Bos ane mau tanya ni. Kenapa ya suara NGINGGGGG….. pada MT25 tidak keras lagi/samar-samar suara nya.
Naaa… kalau pas di jalankan suara itu bahkan sedikitpun tidak terdengar lagi.
Kemarin tu si… tu motor sempat jatuh. Lumayan keras benturan nya.
Mohon info nya ya bos.


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: