Iklan
jump to navigation

Bersihkan speed sensor secara teratur..! terutama yang memakai rem ABS… Juli 29, 2015

Posted by cicakkreatip.com in otomotif, PENGETAHUAN, Tips Motor, video otomotif, yamaha.
Tags: , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

rem ABS

Pacar, gebetan dan sejenisnya..!! merawat pacar itu gampang, cuma dengan menjaga komunikasi seperti ungkapan masa muda dulu, “gimana yank…sudah makan belum, lagi apa yank…sudah bobok belum 😛 masa masa pacaran dulu, poko’nya super over protektif. Jika sayang pasti perhatian…itu kalau pacar, tapi kejadian ini setidaknya berbanding lurus dengan barang yang kita miliki, seperti motor kita.

testride yamaha nmax

Perawatan bukan hanya dilakuakn pada hal yang terlihat jelas saja, namun yang harus kita perhatikan juga adalah komponen kecil yang juga berperan sebagai penunjang kerja motor itu sendiri, seperti sensor speed pada motor yang sudah menggunakan sistem pengereman anti lock braking sytem atau bahasa kerene rem ABS.

Mengenal Teknologi YCC-I pada Yamaha YZF-R1, R6 dan V-Max!!

Hal mendasar untuk merawat rem ABS diluar bengkel adalah memantau kondisi sensor speed yang terpasang di roda depan dan belakang. Sensor yang berwarna hitam dengan posisi sensor yang ada di sisi lingkaran tengah cakram harus kerapkali kita periksa, apalagi kalau di musim hujan, harus rutin kita periksa…pasalnya posisi sesor yang ada di luar sangat mudah dihinggapi benda asing macam lumpur. Kalau lumpur nempel menutupi bagian ujung sesnsor, sudah bisa dipastikan kerja sensor dalam melaporkan gerakan putar roda akan menurun.

sensor kecepatan

Seperti yang cicakkretaip lakukan…memeriksa kondisi kotoran yang terdapat pada sensor speed. Kebetulan ini sensor speed pada Yamaha Nmax 155 cc. Hal ini bisa kita lakukan dengan  mudah kok, meski enggak ada bakat jadi mekanik. Cukup modal kunci ring atau kunci T 10” saja. Langkahnya cukup kita buka baut pengikat sensor tersebut pakai kunci 10”.

Setelah itu kita cabut sesnsor dari dudukannya, periksa kondisi sensor dari kotoran dan juga kondisi lain seperti retak, tergerus dan lain sebagainya. Jika terdapat lumpur, cukup kita bersihkan pakai majun, atau bila susah hilang, bisa juga pakai air sabun. Tenang saja, kondisi sensor aman dari air kok 😀

Melihat Pengecekan Rem ABS di bengkel resmi..!!

Perawatan ini bisa kita lakukan sendiri, bisa dilakukan disetiap motor yang memakai rem ABS. Atau disetiap motor yang menggunakan sesor speed yang diletakkan di roda, seperti motor matic pada umumnya. Kalau motor sport sih kebanyakan sensor speed ditaruh langsung di gigi percepatan (gerbox).

Untuk perawatan sensor speed bisa kita lakukan sendri, tapi untuk sistem elektronik semacam sirkulasi minyak rem ABS dan gaya reaksi rem ABS, tentunya bisa kita bawa ke bengkel resmi, guna mendapat pemeriksaan dengan alat software yang bengkel resmi punya!! Semoga artikel ini bisa membuka wawasan, salam ABS ya Gan!! – cicakkreatip.com

Video simulasi perawatan speed sensor… Hp klik disini…

Iklan

tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: