Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… Oktober 7, 2015
Posted by cicakkreatip.com in otomotif, Tips Motor, yamaha.Tags: apa imbas jika kipas radiator dibuat nyala terus, efek jika kipas rdiator nyala terus, efek kipas radiator nyala, efek kipas radiator tidak menyala, fungsi kipas radiator, kapan kipas radiator berputar, kapan mutarnya kipas radiator, kenapa dengan kipas radiator, kenapa dengan radiator kipas, Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas, kenapa kipas radiator tidak menyala terus, kenapa saat panas kipas radiator berputar, kipas radiator tidak mau berputar, nyala kipas radiator, seputar kipas radiator, suhu berapa kipas radiator berputar
trackback
“Sore mas bro…mau tanya nih..!!! Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ??? Kenapa muter gak dari awal mesin on ?? Kalo di ibaratkan payung…udah basah kuyup baru pake payung !!! Kenapa gk sedia payung sebelum hujan…hehe…” pengirim (rickyahmad74xxx@gmail.com).
Sore mas Ricky…pertanyaannya menarik sekali. Memang enggak manusia ataupun mesin pendinginan sangat diperlukan, manusia jika suhu badannya panas, keluarlah keringat sebagai pendingin…karena suhu yang menyenangkan akan memudahkan kita dalam bekerja. Mesinpun begitu, panas butuh didinginkan, pasalnya jika panas berlebihan maka sebagian tenaga akan hilang karena panas.
Baca Juga : Kenapa Kipas Radiator Tidak mau berputar..!! Penyebabnya??
Jika melihat tipe pendinginan, maka ada 3 pilar utama yang muncul…pertama pendinginan udara alami…pendinginan yang mengandalkan udara bebas, ditandai dengan cylinder yang terdapat sirip sirip. Kedua ada udara tekan, pendinginan udara yang dipaksa masuk karena kondisi mesin tertutup cover (baca didalam Red.) ciri cirinya ada tambahan kipas, sedangkan terakhir ada pendinginan liquid. Pendinginan ini menggunakan cairan / liquid untuk pendinginan mesin.
Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? pertanyaannya dibalik, apakah fungsinya maksimal jika kipas nyala di awal dalam kondisi mesin dingin?? Kipas radiator berputar jika kondisi panas berlebihan, cenderung hal ini lebih berfungsi ketika berkendara dalam kondisi jarak jauh dan lebih lebihnya dalam kondisi jalan macet yang membuat suhu mesin bisa naik dengan cepat. Kipas radiator bekerja difungsikan untuk mengurangi panas yang berlebihan tadi, dalam hal mengalirkan udara kedalam kisi kisi radiator supaya suhu mesin tetap bisa stabil.
Suhu dikatakan over ada di 100 derjat celcius keatas… Sesuai ujicoba yang cicak lakukan beberapa waktu lalu (disini artikelnya…), kipas menyala bisa juga diawali 100˚C keatas. Hal ini dikarenakan sifatya kipas untuk menekan suhu yang over tadi supaya suhu mesin tetap setabil.
Fungsi Thermo Sensor..?? Fungsi Sensor motor injeksi yang satu ini apa ya?
Kenapa tidak dimuali dari awal?? Banyak pertimbangan, contohalnya kalau dimulai dari awal mesin start kipas menyala malah kurang berfungsi, pasalnya dalam kondisi start awal atau menengah pendinginan dari air radiator saja suda memadai, jika ditambah kipas nyala opo enggak mubazir, toh pengaruh juga pada daya listrik yang dipakai, imbasnya beban generator untuk sumbang listrik makin berat.
Satu lagi…perlu diketahui disaat start awal malah pendinginan dicekal oleh thermostart, air radiator tidak dialirkan ke radiator…air yang dipompa water pump hanya disirkulasikan dalam waterjacket saja, hal ini tujuannya untuk mempercepat suhu kerja mesin (-/+ 85˚C) kalau kipas dari awal menyala apa suhu kerja mesin enggak susah tercapainya ❓
Seiring dengan kerja mesin secara terus menerus, pendinginan yang baik adalah menjaga suhu kerja mesin biar tetap stabil, bilang kata suhu dinging dibuat cepat panas suhu panas dibuat cepat dingin. Pasalnya jare wong pinter jargonnya begini, kalau mesin bekerja pada temperatur rendah setidaknya Hilang tenaga, Pemakaian BBM Boros, Bagian part mengalami keausan. Kebalikannya jika terlalu panas..terjadilah pembakaran lebih cepat, piston macet dan lain sebagainya. Baca juga : Pendindinginan tipe radiator menjadi kurang maksimal jika hal seperti ini terjadi
Kayak diibaratkan payung, jika mau basah karena air hujan, barulah pakai payung. Jangan hujan belum turun sudah pakai payung? hehehehe 😀 mubazir** – cicakkreatip.com
Jika para pembaca mempunyai motor keren, unik dan ingin dimuat di cicakkreatip.com, silahkan kirim foto dan modifikasi yang dilakukan lewat alamat Email : adm.cicakkreatip@gmail.com, atau bisa juga lewat Whatsapp : 085733637733 atau…bisa juga melalui Black Berry Messenger (BBM) : 7D7DBA51. “Bukan hanya modif saja, jika mau sharing tentang motor juga bisa lewat kontak diatas.
juss mas penjelasannya 😀
Kalo dianalogikan ke tubuh manusia. Kalo kepanasan tidak bisa kerja maksimal sebaliknya juga kalo lagi kedinginan juga gak bisa maksimal adanya menggigil dan bersin melulu… uhuiiiii….
sangat setuju 😀 betulll 😀
mantappp leekkk
betl banget semua penjelasannya
http://kobayogas.com/2015/10/07/siap-siap-lihat-iklan-satria-fu-injeksi-digeber-pembalap-motogp/
jossss jossss jossss 😀
Biar adem lah mas hahaha..
[…] Baca juga : Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Kecepatan (KM), Odometer dan lampu signal dulu sudah lebih dari cukup untuk mengisi menu di speedometer, namun seiring dengan kemajuan teknologi sampai sampai yang dulunya cuma ada di dinding rumah, sekarang ini juga ada di speedometer, Jam digital disemartkan dalam speedometer motor jaman sekarang, contoh seperti skutik gedhe Yamaha Nmax. Baca juga : Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] “Dengan hasil yang diraih Hendriansyah di kejurnas sport ini praktis membawa YZF-R25 menjadi juara nasional. Tetapi kami harapkan walau sudah menjadi juara, tetap riset motor tidak berhenti sampai di situ,” ujar Supriyanto, Manager Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Baca juga : Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Baca juga: Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Ruangan ini memang didesain kedap suara. Ruangan juga dipenuhi blower untuk membuat aliran udara bisa bersirkulasi. Untuk lubang pembuangan gas kenalpot juga ada blowernya, lubang pembuangan gas yang dikeluarkan kenalpot lumayan besar. Meski demikian kalau selesai running kalau pintu masuk enggak dibuka rasanya persis cincang bawang merah, mberebes mili gas buang pedih dimata. Baca juga: Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Baca juga: Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Skutik ini diterbitkan di EICMA 2015. Memang motor adventure, jadinya jangan heran kalau kak-kaki motor ini tinggi banget…stang-nya juga lebar, roda depan double cakram dan tentunya biar tampilannya kekinian, head light pakai teknologi Light Emitting Diode (LED). Baca juga : Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Baca juga : Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Baca juga : Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]
[…] Baca juga : Kenapa kipas radiator menyala kalo mesin sudah panas ?? Pertanyaan pembaca… […]