Iklan
jump to navigation

Buat tarikan Mio M3 Makin Enteng Lagi… Ganti Per CVT milik Xeon Karbu saja!! Maret 31, 2015

Posted by cicakkreatip.com in otomotif, PENGETAHUAN, Tips Motor, yamaha.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

testride yamaha mio m3 blue core

Sekedar tips ringan saja yang mungkin bisa berguna khususnya bagi penyemplak motor matic. Hal ini hubungannya sama Yamaha Mio M3 yang baru saja dirilis oleh YIMM di akhir tahun 2014 yang lalu.

Sejatinya untuk Yamaha Mio M3 125cc dengan teknologi Blue Core sudah memiliki base engine yang cukup ringan untuk mencapai tenaga puncak, namun jika kang bro semua merasa masih kurang, maka bisa mencoba tips dari bro Aris selaku Service Advisor (SA) bengkel resmi Yamaha SIP Pahlawan Jl. Cemengkalang 14 Sidoarjo ini.

Baca juga yang ini: Honda Beat “KO” melawan banjir, Mio M3 125 menolong, cie cie…

Tips ini sebenarnya dilakukan pada motor kesayangannya sendiri, dimana rombakan untuk membuat power bawah menengah menjadi enteng dilakukannya dengan subtitusi per pully CVT scondary Mio M3 dengan milik Yamah Xeon karburator.

Penggantian ini bertujuan untuk membuat diameter pully Scondary bisa bertahan atau membuka lebih lama, sehingga daya tekan per ke pully semakin keras, imbasnya akan membuat pully sulit untuk bergeser (diameter sulit berubah).


Jpeg

▪ CARA APLIKASI :

Jika kita melihat gambar per (spring) Mio M3 dan Xeon diatas, terlihat per standart Xeon memiliki panjang yang lebih dibandingkan per Mio M3. Cara pemasangannya bisa dilakukan secara langsung, tanpa adanya modifikasi apapun, pasalnya untuk diameter lingkaran per kedua skutik Yamaha tersebut sama, jadinya tinggal plug and play saja. Untuk per originalnya Xeon karbu bisa kita beli dengan harga Rp 20 ribuan saja…!!

Jpeg

▪ KONDISI V-BELT KETIKA APLIKASI PER XEON :

Sesudah selesai dipasang, terlihat jelas bahwa karena panjang per Xeon yang lebih, setidaknya daya tekan per juga semakin besar, sehingga setelah engine dinyalakan dan CVT bekerja, terlihat jelas kondisi V-belt jika ditekan pada bagian center terlihat sangat keras (tegang), V-belt tidak kendo dan tentunya hal ini dapat disimpulkan bahwa posisi pully memang mendapat tekanan per yang kuat.

testride yamaha mio m3 blue core2

▪ IMPRESSION SETELAH APLIKASI PER XEON :

Dari awal sudah kang Majid sedikit ungkap, bahwa penggantian part CVT yang dilakukan ini membuat power Mio M3 makin responsif, dari putaran bawah hingga 90 km/jam untuk meraihnya bisa dilakukan dengan mudah, kesannya bentotan gas yang ringan seimbang dengan putaran roda belakang yang bringas!! kalau enggak percaya silahkan dicoba sendiri 😀

Baca juga yang ini: Yamaha Mio M3 125 Melawan Honda Vario eSP 125 ..?

Bisa dikatakan tarikan bawah – menengah memang top cer sekali!! hal ini dikarenakan ration atara pully primer dan scondary di putaran bawah yang dominan butuh torque gedhe bisa bertahan cukup lama jika dibandingkan dengan per bawaan Mio M3.

Hal ini dikarenakan aplikasi per yang panjang membuat tekanan per ke pully scondary lebih besar, sehingga perubahan pully akan sedikit lebih lama, hal inilah yang membuat torque untuk putaran bawah bisa bertahan lebih lama, imbasya colek gas sedikit langsung kabur, ngueng….!!

Aplikasi semacam ini bukan hanya bisa dilakukan di Yamaha Mio M3 saja, melainkan di semua merk kendaraan matic bisa juga mainan seperti ini :mrgreen: Mudah mudahan tips ini bisa dijadikan pembaca cicak sebagai penambah wawasan khususnya di bidang otomotif, meski motornya bukan matic, ora popo gan!! yang penting ilmunya 😀

Jika ada yang punya tips top cer lainnya, dan ingin sharing dengan pembaca cicakkreatip lainnya, monggo di share di kolom komentar dibawah ini, maturnuhon sudah berkenan mampir :mrgreen: – cicakkreatip.com

Baca juga yang ini: Test ride Yamaha Mio M3 Blue Core….!! 

Baca juga yang ini: Harga Terbaru Mio M3 125 di Surabaya Jatim naik mas bro..!!

Artikel terkait :

Iklan

Komentar»

1. Kang ari - Maret 31, 2015

Tarikan atas loyo dan geter

cicakkreatip.com - Maret 31, 2015

kamsutnya??? 😦

Kang ari - Maret 31, 2015

tarikan awal enak, mulai tarikan tengah rada loyo, lama dapat topspeednya

cicakkreatip.com - Maret 31, 2015

nah itu….90-100 kalau pakai per xeon agak lama, tapi bawah- menengah cepat tercapainya..

Adji - Agustus 5, 2015

Numpang om, trs akalinnya gmn spy dr low ke top speed biar cpt responnya. Tks

2. kudo78dk - Maret 31, 2015
3. bbktwb - Maret 31, 2015

kalau beat fi generasi pertama gimana caranya agar tarikan bawah enteng? yg rada gampang aplikasinya. soalnya kalo putaran awal suka nahan dulu,

cicakkreatip.com - Maret 31, 2015

rolernya dientengin sudah wusss bro 😀 kasih yang lebih ringan 😀

bbktwb - Mei 21, 2016

Tp klo dibw nyantai, kurang enak. Mesin meraung

4. H99NDY - Maret 31, 2015

Lawas bos, apalagi roller pakai nouvo, bisa loncat loncat tuh motor..

dampit - September 5, 2015

Kalau pakek roler nouvo yang karbu atau yang injek

5. Moersalin - April 2, 2015

Maaf oot, kalo adrress rekom gk gan?

6. ONEBRT - April 2, 2015

trima kasih atas infonya … 😀

cicakkreatip.com - April 3, 2015

sieppppp 😀

7. surya - April 4, 2015

numpang nanya om klo baut pembuangan oli gardan mio m3 letaknya dimana ya? thanks.

cicakkreatip.com - April 4, 2015

Letaknya di bagian bawah, posisi dekat dengan pegas rem belakang.

8. dewianggini\ - April 4, 2015

posisinya disamping ya, yang baut 10? beda ya sama mio 2008 yg posisinya dibawah.. thanks ya om.

cicakkreatip.com - April 5, 2015

betul bro….disamping 😀

9. arifffvino - April 7, 2015

SoulGT ane pake roler X-Ride tarikan bawah makin joss untuk tembus 80kpj cuma butuh 4-6 detik saja .. Namun butuh 20detik untuk tembus 105kpj ..

cicakkreatip.com - April 7, 2015

betul sekali…. 😀 itu juga yang terjadi di mio m3 ketika ganti per 😀

erangtop - Juni 2, 2015

Mas kalo untuk mio j bisa ngga, mio j saya lemoooot bgt.
Pliss sarannya mas

10. dhiaz - Mei 15, 2015

bsa tidak diaplikasikan di soul gt? apakah lbh panjang per cvt xeon karbu dr soul gt?

11. GamerMaster - Juni 9, 2015

mas numpang nyanya nie ..!! kalo mio m3 vs honda beat fi esp ..lebih enteng mana tarikannya ?

12. Yamaha MioJ enggak bisa stasioner, Bersihkan ISC-nya saja… | cicakkreatip.com - September 22, 2015

[…] Kejadian motor tetangga kemarin, dimana disaat motor dihidupkan gas enggak dibetot sedikit maka mesin akan mati, baik itu dalam kondisi diam, kondisi deakselerasi ataupun saat berhenti di lampu merah. Dalam kejadian ini ternyata disebabkan oleh Indle Speed Control (ISC) yang kondisinya dililit kotoran. Baca juga : Buat tarikan Mio M3 Makin Enteng Lagi… Ganti Per CVT milik Xeon Karbu saja!! […]

13. parkit - September 24, 2015

Om kalo setelah ganti per pake xeon karbu apakah perlu jg ganti rollernya biar loncat d awal?? Kalo perlu pake roller apa?

cicakkreatip.com - September 25, 2015

bisa juga bro…disesuaikan keinginan, mau tarikan awal enteng atau tarikan atas jos. tinggal pilih, role enteng dan berat saja..

14. Anggrek Hantu - September 28, 2015

saya punya mio j dulunya lemot banget tapi setelah saya ganti dengan roller TDR 8 gr dan per 1500 Rpm tarikan awalnya oklahh 0 – 80 mantap tapi naik ke 100 agak lama

Anggrek Hantu - September 28, 2015

coba aja gan tipsnya biaya cingcaulahh

15. rudi - September 29, 2015

Mas numpang nanya im3 ku klo ku ganty per cvt dan pemberat punya xeon karbu gimn…?tarikan awal dan top speed nya gimn..?

16. rudi - September 29, 2015

Mas numpang nanya im3 ku klo ku ganty per cvt dan pemberat punya xeon karbu gimn…?tarikan awal dan top speed nya gimn..?

cicakkreatip.com - Oktober 2, 2015

pengalaman yang sudah mencoba tarikan awal mantep brok,,atasnya 90-100 keatas kurang

17. Don - Oktober 2, 2015

mohon info cak, saya mau ganti roller pake yg 7 dan 8g (oplos). trus klo per cvt pake kawahara 1000rpm ada perubahan ga ke tarikan atas bawah nya??

18. Ganti velg Yamah Mio M3 dengan punya Xride… Tips bro Ridwan penguna Mio M3, Madiun | cicakkreatip.com - Oktober 28, 2015

[…] Baca juga tips Buat tarikan Mio M3 Makin Enteng Lagi… Ganti Per CVT milik Xeon Karbu saja!! […]

19. vanroy#43 - November 1, 2015

numpang tanya nih gan…sya pnya mio j 135cc karbu kohar..
masalah nya klo abis di bawa kebut-kebutan trus lepas gas langsung mati harus nunggu lumayan dingin bisa nyala, tapi kompresi masih besar……

#mohon bantuanya gan

20. iqbal - November 21, 2015

bikin boros gak gan?

21. Wamz haskara - Desember 12, 2015

makasih atas infonya masbro..barusan ane coba ganti roller pake xeon 6 biji(1set) dan per cvt pake vario 1500rpm tp ternyata malah lemot..gas gede malah nggereng kaya bajay..akhirnya malah ane ganti lg per cvtnya pake mio lg. ada jg yg blg pake set kanvas nouvo jg bs joss tarikannya apa bener?? muatkah diaplikasikan di m3 mio? makasih..wambyhaskara@yahoo.com

22. Wamz haskara - Desember 12, 2015

makasih atas infonya masbro..barusan ane coba ganti roller pake xeon 6 biji(1set) dan per cvt pake vario 1500rpm tp ternyata malah lemot..gas gede malah nggereng kaya bajay..akhirnya malah ane ganti lg per cvtnya pake mio lg. ada jg yg blg pake set kanvas nouvo jg bs joss tarikannya apa bener?? muatkah diaplikasikan di m3 mio? makasih..

23. dimas - Desember 13, 2015

gan kalau dipasang di mio gt bisa ga?apakah diameter pernya sama?

cicakkreatip.com - Desember 13, 2015

bisa mas bro….. 😀

dimas - Desember 23, 2015

gan pengen akselerasi nambah tapi top speednya tetep gimana ya?

Pazoz - April 13, 2016

Kang saya mau tanya emang bisa per cvt xeon karbu di pasang di mio j fi,kaya nya beda ya,xeon lebih gede jadi ga masuk di dudukan pernya?terus bisa ga bang sliding sheave mio m3 di pasang di mio j fi,,?mohon infonya bang..

siti farhatun - April 13, 2016

Ikut kang

om parjo - Mei 16, 2016

Sekedar berbagi aja pengalaman pribadi, biar mio j mio gt kususnya biar enteng tarikannya dari bawah sampai 100km (kalau trek panjang masih tembus 110 posisi badan biasa saja ban depan 80/90 belakang 90/90 bb sktar 60) onspido cepet tanpa perlu ganti roller maupun per cvt cukup lepas klep kupu2 sekunder bagian trotlebody dari bawah sampai atas ngisi trus 100 kpj baru 100-110 butuh trek panjang.

om parjo - Mei 16, 2016

Sekedar berbagi aja pengalaman pribadi, biar mio j mio gt kususnya biar enteng tarikannya dari bawah sampai 100km (kalau trek panjang masih tembus 110 kpj on spido gps 89 kpj gps android standar paling cm mentok 83 kata blog sebelah posisi badan biasa saja ban depan 80/90 belakang 90/90 bb sktar 60) onspido cepet tanpa perlu ganti roller maupun per cvt cukup lepas klep kupu2 sekunder bagian trotlebody dari bawah sampai atas ngisi trus 100 kpj baru 100-110 butuh trek panjang. Karena penglaman yang sudah2 dari ganti roller dari ukuran 8-11 per cvt 1500 hasil akir ttep mentok 98 on spido dah g mau nambah …
Tapi ingat bensin boros kalau mau ikut trik ku di adu sama spin 125 imbang. Mantapppp mantapppp

cicakkreatip.com - Mei 17, 2016

siap…jos banget komennya 😀

24. deni - Januari 17, 2016

Rumah roller (primary sheave) sama rumah kopling (second sheave) pakai mur ukuran berapa ya? Makasih.

25. deden - Februari 11, 2016

Mas Mau nanya kalau dari 0 sampai ke 80 km butuh berapa detik kalau sudah ganti per cvt xeon

26. Iway - Februari 24, 2016

Saya cari d dealer yamaha kisaran jatiasih kranggan cibubur..part kosong, klo mo beli dmn ya yg ada ?


tulis komentar anda dibawah ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: