Buat tarikan Mio M3 Makin Enteng Lagi… Ganti Per CVT milik Xeon Karbu saja!! Maret 31, 2015
Posted by cicakkreatip.com in otomotif, PENGETAHUAN, Tips Motor, yamaha.Tags: aplikasi per cvt mio m3 dengan xeon, artikel mio m3, artikel modif motor matic, artikel ulasan modifikasi mio m3, buat mio m3 tarikan bawah enteng, buat suara cvt mio m3 halus, buat tarikan mio m3 enteng, buat tarikan motor matic lebih enteng, cara buat tarikan mio m3 enteng, cara membuat suara cvt mio m3 halus, cvt mio m3 halus, ganti per cvt mio m3, ganti per cvt motor matic, ganti per pully mio m3, modif mio m3, modifikasi biar buat tarikan mio m3 enteng, panduan rombak mio m3, panduan rombak yamaha mio m3, ulasan buat mio m3 makin responsif
trackback
Sekedar tips ringan saja yang mungkin bisa berguna khususnya bagi penyemplak motor matic. Hal ini hubungannya sama Yamaha Mio M3 yang baru saja dirilis oleh YIMM di akhir tahun 2014 yang lalu.
Sejatinya untuk Yamaha Mio M3 125cc dengan teknologi Blue Core sudah memiliki base engine yang cukup ringan untuk mencapai tenaga puncak, namun jika kang bro semua merasa masih kurang, maka bisa mencoba tips dari bro Aris selaku Service Advisor (SA) bengkel resmi Yamaha SIP Pahlawan Jl. Cemengkalang 14 Sidoarjo ini.
Baca juga yang ini: Honda Beat “KO” melawan banjir, Mio M3 125 menolong, cie cie…
Tips ini sebenarnya dilakukan pada motor kesayangannya sendiri, dimana rombakan untuk membuat power bawah menengah menjadi enteng dilakukannya dengan subtitusi per pully CVT scondary Mio M3 dengan milik Yamah Xeon karburator.
Penggantian ini bertujuan untuk membuat diameter pully Scondary bisa bertahan atau membuka lebih lama, sehingga daya tekan per ke pully semakin keras, imbasnya akan membuat pully sulit untuk bergeser (diameter sulit berubah).
▪ CARA APLIKASI :
Jika kita melihat gambar per (spring) Mio M3 dan Xeon diatas, terlihat per standart Xeon memiliki panjang yang lebih dibandingkan per Mio M3. Cara pemasangannya bisa dilakukan secara langsung, tanpa adanya modifikasi apapun, pasalnya untuk diameter lingkaran per kedua skutik Yamaha tersebut sama, jadinya tinggal plug and play saja. Untuk per originalnya Xeon karbu bisa kita beli dengan harga Rp 20 ribuan saja…!!
▪ KONDISI V-BELT KETIKA APLIKASI PER XEON :
Sesudah selesai dipasang, terlihat jelas bahwa karena panjang per Xeon yang lebih, setidaknya daya tekan per juga semakin besar, sehingga setelah engine dinyalakan dan CVT bekerja, terlihat jelas kondisi V-belt jika ditekan pada bagian center terlihat sangat keras (tegang), V-belt tidak kendo dan tentunya hal ini dapat disimpulkan bahwa posisi pully memang mendapat tekanan per yang kuat.
▪ IMPRESSION SETELAH APLIKASI PER XEON :
Dari awal sudah kang Majid sedikit ungkap, bahwa penggantian part CVT yang dilakukan ini membuat power Mio M3 makin responsif, dari putaran bawah hingga 90 km/jam untuk meraihnya bisa dilakukan dengan mudah, kesannya bentotan gas yang ringan seimbang dengan putaran roda belakang yang bringas!! kalau enggak percaya silahkan dicoba sendiri 😀
Baca juga yang ini: Yamaha Mio M3 125 Melawan Honda Vario eSP 125 ..?
Bisa dikatakan tarikan bawah – menengah memang top cer sekali!! hal ini dikarenakan ration atara pully primer dan scondary di putaran bawah yang dominan butuh torque gedhe bisa bertahan cukup lama jika dibandingkan dengan per bawaan Mio M3.
Hal ini dikarenakan aplikasi per yang panjang membuat tekanan per ke pully scondary lebih besar, sehingga perubahan pully akan sedikit lebih lama, hal inilah yang membuat torque untuk putaran bawah bisa bertahan lebih lama, imbasya colek gas sedikit langsung kabur, ngueng….!!
Aplikasi semacam ini bukan hanya bisa dilakukan di Yamaha Mio M3 saja, melainkan di semua merk kendaraan matic bisa juga mainan seperti ini Mudah mudahan tips ini bisa dijadikan pembaca cicak sebagai penambah wawasan khususnya di bidang otomotif, meski motornya bukan matic, ora popo gan!! yang penting ilmunya 😀
Jika ada yang punya tips top cer lainnya, dan ingin sharing dengan pembaca cicakkreatip lainnya, monggo di share di kolom komentar dibawah ini, maturnuhon sudah berkenan mampir – cicakkreatip.com
Baca juga yang ini: Test ride Yamaha Mio M3 Blue Core….!!
Baca juga yang ini: Harga Terbaru Mio M3 125 di Surabaya Jatim naik mas bro..!!
Artikel terkait :
Tarikan atas loyo dan geter
kamsutnya??? 😦
tarikan awal enak, mulai tarikan tengah rada loyo, lama dapat topspeednya
nah itu….90-100 kalau pakai per xeon agak lama, tapi bawah- menengah cepat tercapainya..
Numpang om, trs akalinnya gmn spy dr low ke top speed biar cpt responnya. Tks
tambah wuzz wuzz
http://78deka.com/2015/03/31/next-cb150sf-sesuai-ekspektasi-atau-sekedar-menangkap-pelangi/
kalau beat fi generasi pertama gimana caranya agar tarikan bawah enteng? yg rada gampang aplikasinya. soalnya kalo putaran awal suka nahan dulu,
rolernya dientengin sudah wusss bro 😀 kasih yang lebih ringan 😀
Tp klo dibw nyantai, kurang enak. Mesin meraung
Lawas bos, apalagi roller pakai nouvo, bisa loncat loncat tuh motor..
Kalau pakek roler nouvo yang karbu atau yang injek
Maaf oot, kalo adrress rekom gk gan?
trima kasih atas infonya … 😀
sieppppp 😀
numpang nanya om klo baut pembuangan oli gardan mio m3 letaknya dimana ya? thanks.
Letaknya di bagian bawah, posisi dekat dengan pegas rem belakang.
posisinya disamping ya, yang baut 10? beda ya sama mio 2008 yg posisinya dibawah.. thanks ya om.
betul bro….disamping 😀
SoulGT ane pake roler X-Ride tarikan bawah makin joss untuk tembus 80kpj cuma butuh 4-6 detik saja .. Namun butuh 20detik untuk tembus 105kpj ..
betul sekali…. 😀 itu juga yang terjadi di mio m3 ketika ganti per 😀
Mas kalo untuk mio j bisa ngga, mio j saya lemoooot bgt.
Pliss sarannya mas
bsa tidak diaplikasikan di soul gt? apakah lbh panjang per cvt xeon karbu dr soul gt?
mas numpang nyanya nie ..!! kalo mio m3 vs honda beat fi esp ..lebih enteng mana tarikannya ?
[…] Kejadian motor tetangga kemarin, dimana disaat motor dihidupkan gas enggak dibetot sedikit maka mesin akan mati, baik itu dalam kondisi diam, kondisi deakselerasi ataupun saat berhenti di lampu merah. Dalam kejadian ini ternyata disebabkan oleh Indle Speed Control (ISC) yang kondisinya dililit kotoran. Baca juga : Buat tarikan Mio M3 Makin Enteng Lagi… Ganti Per CVT milik Xeon Karbu saja!! […]
Om kalo setelah ganti per pake xeon karbu apakah perlu jg ganti rollernya biar loncat d awal?? Kalo perlu pake roller apa?
bisa juga bro…disesuaikan keinginan, mau tarikan awal enteng atau tarikan atas jos. tinggal pilih, role enteng dan berat saja..
saya punya mio j dulunya lemot banget tapi setelah saya ganti dengan roller TDR 8 gr dan per 1500 Rpm tarikan awalnya oklahh 0 – 80 mantap tapi naik ke 100 agak lama
coba aja gan tipsnya biaya cingcaulahh
Mas numpang nanya im3 ku klo ku ganty per cvt dan pemberat punya xeon karbu gimn…?tarikan awal dan top speed nya gimn..?
Mas numpang nanya im3 ku klo ku ganty per cvt dan pemberat punya xeon karbu gimn…?tarikan awal dan top speed nya gimn..?
pengalaman yang sudah mencoba tarikan awal mantep brok,,atasnya 90-100 keatas kurang
mohon info cak, saya mau ganti roller pake yg 7 dan 8g (oplos). trus klo per cvt pake kawahara 1000rpm ada perubahan ga ke tarikan atas bawah nya??
[…] Baca juga tips Buat tarikan Mio M3 Makin Enteng Lagi… Ganti Per CVT milik Xeon Karbu saja!! […]
numpang tanya nih gan…sya pnya mio j 135cc karbu kohar..
masalah nya klo abis di bawa kebut-kebutan trus lepas gas langsung mati harus nunggu lumayan dingin bisa nyala, tapi kompresi masih besar……
#mohon bantuanya gan
bikin boros gak gan?
makasih atas infonya masbro..barusan ane coba ganti roller pake xeon 6 biji(1set) dan per cvt pake vario 1500rpm tp ternyata malah lemot..gas gede malah nggereng kaya bajay..akhirnya malah ane ganti lg per cvtnya pake mio lg. ada jg yg blg pake set kanvas nouvo jg bs joss tarikannya apa bener?? muatkah diaplikasikan di m3 mio? makasih..wambyhaskara@yahoo.com
makasih atas infonya masbro..barusan ane coba ganti roller pake xeon 6 biji(1set) dan per cvt pake vario 1500rpm tp ternyata malah lemot..gas gede malah nggereng kaya bajay..akhirnya malah ane ganti lg per cvtnya pake mio lg. ada jg yg blg pake set kanvas nouvo jg bs joss tarikannya apa bener?? muatkah diaplikasikan di m3 mio? makasih..
gan kalau dipasang di mio gt bisa ga?apakah diameter pernya sama?
bisa mas bro….. 😀
gan pengen akselerasi nambah tapi top speednya tetep gimana ya?
Kang saya mau tanya emang bisa per cvt xeon karbu di pasang di mio j fi,kaya nya beda ya,xeon lebih gede jadi ga masuk di dudukan pernya?terus bisa ga bang sliding sheave mio m3 di pasang di mio j fi,,?mohon infonya bang..
Ikut kang
Sekedar berbagi aja pengalaman pribadi, biar mio j mio gt kususnya biar enteng tarikannya dari bawah sampai 100km (kalau trek panjang masih tembus 110 posisi badan biasa saja ban depan 80/90 belakang 90/90 bb sktar 60) onspido cepet tanpa perlu ganti roller maupun per cvt cukup lepas klep kupu2 sekunder bagian trotlebody dari bawah sampai atas ngisi trus 100 kpj baru 100-110 butuh trek panjang.
Sekedar berbagi aja pengalaman pribadi, biar mio j mio gt kususnya biar enteng tarikannya dari bawah sampai 100km (kalau trek panjang masih tembus 110 kpj on spido gps 89 kpj gps android standar paling cm mentok 83 kata blog sebelah posisi badan biasa saja ban depan 80/90 belakang 90/90 bb sktar 60) onspido cepet tanpa perlu ganti roller maupun per cvt cukup lepas klep kupu2 sekunder bagian trotlebody dari bawah sampai atas ngisi trus 100 kpj baru 100-110 butuh trek panjang. Karena penglaman yang sudah2 dari ganti roller dari ukuran 8-11 per cvt 1500 hasil akir ttep mentok 98 on spido dah g mau nambah …
Tapi ingat bensin boros kalau mau ikut trik ku di adu sama spin 125 imbang. Mantapppp mantapppp
siap…jos banget komennya 😀
Rumah roller (primary sheave) sama rumah kopling (second sheave) pakai mur ukuran berapa ya? Makasih.
Mas Mau nanya kalau dari 0 sampai ke 80 km butuh berapa detik kalau sudah ganti per cvt xeon
Saya cari d dealer yamaha kisaran jatiasih kranggan cibubur..part kosong, klo mo beli dmn ya yg ada ?