ECU ITS : Mencoba ECU Yamaha V- ixion Buatan Anak Bangsa… ITS – Surabaya November 16, 2013
Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.Tags: ECU ITS, ECU Yamaha V- ixion, ECU Yamaha V- ixion buatan ITS, IQIUTECHE, Surabaya
trackback
Bro dan sis… Sebelumnya pernah dengar ngak mengenai Engine Control Unit (ECU) Yamaha V-Ixion buatan anak ITS – Surabaya, pada dasarnya… ECU buatan anak bangsa ini keunggulannya lebih terlihat dari segi perubahan batas dari putaran engine mesin (RPM), dimana biasanya kita menyebutnya dengan sebutan limiter.
Sebelumnya kangbro juga merasa penasaran…gimana sih wujud daripada ECU tersebut, serta bagaimana sih cara setingnya…? Apakah butuh alat khusus seperti diag tool milik Yamaha…atau cuma pakai software saja…??? Hem…dari sistu kangbro bermaksud untuk membeli produk tersebut dengan harapan bisa mempelajari cara pengoprasian daripada ECU tersebut.
ECU kangbro dapatkan, dengan kontek teman kangbro yang sebelumnya juga orang yang ikut serta dalam pengembangan ECU tersebut. Barang sudah ada di gengaman, langsung saja kangbro amati. Dalam dus kemasan terdapat satu buah ECU, dengan kabel USB serta satu buah CD yang berisi installer yang fungsinya sebagai program untuk seting ECU tersebut.
Rasa penasaran semakin tak terbendung…langsung saja kangbro pelajadi perangkat tersebut dengan membaca manual book yang terdapat di CD, dengan panduan tersebut, secara perlahan kangbro lakukan simulasi dengan menginstal perangkat lunak tersebut…tidaklah rumit bagi kangbro untuk menuangkan program tersebut di perangkat laptop, so padadasarnya sama kok seperti intall program pada umumnya…cuma untuk menginstall program yang satu ini, untuk USB driver-nya harus di konekkan secara manual, dimana drivernya sudah tersedia di dalam CD .
Program suadah terintall, langsung saja kangbro cari motor V-ixion, berhubung ini ECU-nya Yamaha V-ixion yang OLD (lama)….maka, cacpcus kangbro cari unit tersebut. Unit motor sudah didapati, langsung saja kangbro gati ECU-nya dengan ECU buatan ITS, dimana program yang sudah terinstal tadi kangbro buka, dengan sebelumnya kangbro koneksikan ECU dengan Laptop menggunakan kabel USB yang sudah satu paket dengan unit ECU tersebut.
Kangbro membuka program tersebut, dengan mendapati pokok inti yang lumayan menarik bagi kangbro…dimana dilayar sudah tersedia menu-menu untuk seting perangkat ECU tersebut. Pada dasarnya dua menu yang memicu akan pembelajaran ECU yang kabro lakukan pada kali ini, yakni menu Ignition dan menu Injection, dimana pada menu tersebut, kangbro bisa melakukan seting terhadap pengapian dan debit bahan bakar yang disemprotkan per RPM.
Setelah seting selesai, kangro menghidupkan motor dengan tujuan melihat kondisi performa yang ditunjukkan oleh engine tersebut, dimana performa tersebut kita ngelihatnya pada hasil pergerakan jarum speedometer bawaan motor, eits…selain itu juga kita bisa memantau kondisi pengapian dan debit pengabutan bahan dengan visual angka yang tertera pada layar laptop melalui program yang kita instal tadi….jika ada yang kurang sesuai, entah masalah tarikan awal atau tarikan pas rpm tinggi, maka bisa kita seting ulang dengan mengganti angkayang tertera pada kolom seting. Kedua menu ini (ignition & ijection) membutuhkan setingan yang cukup butuh ketelatenan, dimana kalau bahan bakar yang disemprotkan, atau pengapian yang tidak sesuai, biasanya kenjadian rpm mesin yang tidak stabil akan kita temui.
Setingan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dimana motor mau dipakai harian, atau kebalikannya. Terserah kita, maunya enak buata tarikan atau stabil…tetapi untuk mendapatkan setingan seperti keinginan kita, kita kudu telaten, dimana mungkin kita harus berulangkali mencobak supaya dapat mendapatkan hasil setingan yang kita inginkan.
Lah bro…kalau ngak mau ribet, bisa ngak jika saya ngak pakia nyeting…??? Kangbro jawabnya BISA, so tau kenapa…soalnya dalam perangkat software tersebut, juga di bontoti dengan setingan std yang sudah digarap oleh kawan kawan pengembang ECU tersebut, tapi tetep bro…kalau pingin yang lebih ciamik, dengan karakter performa mesin yang kita inginkan, maka tetap dibutuhkan setingan.
Nah dari hasil ujicoba yang kangbro lakukan tersebut, ni kangbro adasedikit gambaran dari hasil ujicoba tersebut. Ujicoba kangbro lakukan dengan menggunakan motor Yamaha V-ixion (OLD) std pabrikan, motor dalam kondisi diam dengan meggeber rpm dari mesin tersebut, kangbro cuma memakai patokan dari speedometer bawaan motor itu sendiri.
Monggo dilihat perbedaan dalam penerapan ECU tersebut…. Kurang lebihnya mohon dimaklumi… 😀
cicak kreatip.com I By : Abd. Majid
mantep nih..made in indonesia
heheh betul bro 😀
wah jd pengen nyoba wkwkwk
http://belalangmerah.wordpress.com/2013/11/16/siap-siap-empat-moge-yamaha-akan-meluncur-akhir-bulan-ini/
monggo dicoba bro 😀
Kapan2x k lo ada dana melimpah kang xixixi
http://belalangmerah.wordpress.com/2013/11/17/aksi-gila-jean-claud-van-damme/
hehehe sieppp dah.. 😀
Karya anak indonesia, patut diapresiasi……
betulll 😀
wow… Josss… Semoga laris manis…
manteppp… semoga bro 😀
cintailah ploduk ploduk endhonesa 😀
siepppp mantep 😀
sayang nya mmesin cilinder satu cuman muat rpm 10000, max,,,,
meskipun bisa digeber 13000 pada dijalan cuman 10000 aximal, hhhhhh
,,,,
mosok si bro.. 😀
josllah, buatan anak negri.. 😀
siep mantep 😀
wah ane kudu cepet nih risetnya, bisa ECU ane nggak aptudet lagi neh
hehehehehe berrrrrrrrn:D
Belum bsa beli,hehe
heheheh nabung dulu aja bro hehehe, sekalian untuk yang nvl lagi proses pembuatan katanya 😀
wah khusus Vixion ya
padahal pengen nyoba di Beat FI sama di Supra PGM-FI hehehe
ya moga-moga suatu hari nanti ada ECU ITS yang buat Honda hehehe
btw, Vixion Sampeyan lebih enak kah bro habis pake ECU ITS tsb hehehe
cah indonesia cen kreatif banget
hehehe harus itu bro 😀
sayangnya ane gak punya piksen 😀
btw, arek2 its memang hebat >> lanjutkan!!!
aku nitip yo..
http://tegean.wordpress.com/2013/11/17/solusi-riding-dikala-hujan/
heheh siepp… monggo mazbro 😀
kreatif nih…
mannyussss 😀
wah vixion tetanggaku..pake ecu std…mentok di 10.500…..itu bisa 11ribu…keren ya…aplg yg divideo pas udah pake ecu nya anak its…12000 lewat ey…
he’em bro…. soalnya limitnya bisa diatur sesuka hati 😀
Gw kemaren beli ECU yang standar aja… coz ECU vixion gw jebol..
ow gitu…. siplah, ngak nyobak ECU ini kah bro..? 😀
wah, anak kampus gw nih .. kwkkw
hehehe mantep kalau begitu 😀
ajib
regane piroan lek bro ❓
HET-nya 1.200.000 bro..
hmmm lumayan , gak njajan sak wulan nek tuku iki 😆
wkwkwkw…ah…bisa saja mazbro ki… 😀
pengeeennn…..
tapi ra duwe motor vixion & injeksi
req, ECU vartech 125 lik, anggo utak-atik motor adikku
hehehe….hadeh motornya si adik jadi sasaran heheh 😀
hheebbaattt…
mantep bro 😀
[…] segera merilis ECU MioJ yang sudah dibuatnya, dengan sebelumnya sudah berhasil buat ECU vixion (klik disini), hal ini sempat kangbro korek informasinya dari salah satu rekan team yang ikut serta dalam […]
bro ane mw tnya,hargane ecu tu rapa’an brow? Mksh. . H h h
terakhir kang majid dapat info sekitar 1200,000
I’m very pleased to discover this website.
I want to to thank you for ones time for this particularly fantastic read!!
I definitely really liked every part of it
and I have you saved as a favorite to check out new stuff in your website.
Cocok utk V Ixion Produksinya Tahun Berapa Ya? Klu V Ixion Baru Bisa Kah?
vixion yang old bro….
[…] ECU ITS : Mencoba ECU Yamaha V- ixion Buatan Anak Bangsa… ITS – Surabaya […]
beliny dimana? harganya
Mantaff, Ane juga mantan ITS Kang Brow (Walau bukan mahasiswa, cuman dah lama, sejak jaman “ProtonComp”)
Kang Brow, ada inpo yang Vixion New ndak kang brow … ???. Klo ada sih yang dah support OBD2 kang, klo ada kabirin ya kang ….
okeeeeyyy broo 😀
mohon skemanya dong omm