jump to navigation

ECU ITS : Mencoba ECU Yamaha V- ixion Buatan Anak Bangsa… ITS – Surabaya November 16, 2013

Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.
Tags: , , , ,
trackback

Gambar

Bro dan sis… Sebelumnya pernah dengar ngak mengenai Engine Control Unit (ECU) Yamaha V-Ixion buatan anak ITS – Surabaya, pada dasarnya… ECU buatan anak bangsa ini keunggulannya lebih terlihat dari segi perubahan batas dari putaran engine mesin (RPM), dimana biasanya kita menyebutnya dengan sebutan limiter.

Sebelumnya kangbro juga merasa penasaran…gimana sih wujud daripada ECU tersebut, serta bagaimana sih cara setingnya…? Apakah butuh alat khusus seperti diag tool milik Yamaha…atau cuma pakai software saja…??? Hem…dari sistu kangbro bermaksud untuk membeli produk tersebut dengan harapan bisa mempelajari cara pengoprasian daripada ECU tersebut.

ECU kangbro dapatkan, dengan kontek teman kangbro yang sebelumnya juga orang yang ikut serta dalam pengembangan ECU tersebut. Barang sudah ada di gengaman, langsung saja kangbro amati. Dalam dus kemasan terdapat satu buah ECU, dengan kabel USB serta satu buah CD yang berisi installer yang fungsinya sebagai program untuk seting ECU tersebut.

Rasa penasaran semakin tak terbendung…langsung saja kangbro pelajadi perangkat tersebut dengan membaca manual book yang terdapat di CD, dengan panduan tersebut, secara perlahan kangbro lakukan simulasi dengan menginstal perangkat lunak tersebut…tidaklah rumit bagi kangbro untuk menuangkan program tersebut di perangkat laptop, so padadasarnya sama kok seperti intall program pada umumnya…cuma untuk menginstall program yang satu ini, untuk USB driver-nya harus di konekkan secara manual, dimana drivernya sudah tersedia di dalam CD .

Gambar

Program suadah terintall, langsung saja kangbro cari motor V-ixion, berhubung ini ECU-nya Yamaha V-ixion yang OLD (lama)….maka, cacpcus kangbro cari unit tersebut. Unit motor sudah didapati, langsung saja kangbro gati ECU-nya dengan ECU buatan ITS, dimana program yang sudah terinstal tadi kangbro buka, dengan sebelumnya kangbro koneksikan ECU dengan Laptop menggunakan kabel USB yang sudah satu paket dengan unit ECU tersebut.

Gambar

Kangbro membuka program tersebut, dengan mendapati pokok inti yang lumayan menarik bagi kangbro…dimana dilayar sudah tersedia menu-menu untuk seting perangkat ECU tersebut. Pada dasarnya dua menu yang memicu akan pembelajaran ECU yang kabro lakukan pada kali ini, yakni menu Ignition dan menu Injection, dimana pada menu tersebut, kangbro bisa melakukan seting terhadap pengapian dan debit bahan bakar yang disemprotkan per RPM.

Setelah seting selesai, kangro menghidupkan motor dengan tujuan melihat kondisi performa yang ditunjukkan oleh engine tersebut, dimana performa tersebut kita ngelihatnya pada hasil pergerakan jarum speedometer bawaan motor, eits…selain itu juga kita bisa memantau kondisi pengapian dan debit pengabutan bahan dengan visual angka yang tertera pada layar laptop melalui program yang kita instal tadi….jika ada yang kurang sesuai, entah masalah tarikan awal atau tarikan pas rpm tinggi, maka bisa kita seting ulang dengan mengganti angkayang tertera pada kolom seting. Kedua menu ini (ignition & ijection) membutuhkan setingan yang cukup butuh ketelatenan, dimana kalau bahan bakar yang disemprotkan, atau pengapian yang tidak sesuai, biasanya kenjadian rpm mesin yang tidak stabil akan kita temui.

Gambar

Setingan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dimana motor mau dipakai harian, atau kebalikannya. Terserah kita, maunya enak buata tarikan atau stabil…tetapi untuk mendapatkan setingan seperti keinginan kita, kita kudu telaten, dimana mungkin kita harus berulangkali mencobak supaya dapat mendapatkan hasil setingan yang kita inginkan.

Lah bro…kalau ngak mau ribet, bisa ngak jika saya ngak pakia nyeting…??? Kangbro jawabnya BISA, so tau kenapa…soalnya dalam perangkat software tersebut, juga di bontoti dengan setingan std yang sudah digarap oleh kawan kawan pengembang ECU tersebut, tapi tetep bro…kalau pingin yang lebih ciamik, dengan karakter performa mesin yang kita inginkan, maka tetap dibutuhkan setingan.

Nah dari hasil ujicoba yang kangbro lakukan tersebut, ni kangbro adasedikit gambaran dari hasil ujicoba tersebut. Ujicoba kangbro lakukan dengan menggunakan motor Yamaha V-ixion (OLD) std pabrikan, motor dalam kondisi diam dengan meggeber rpm dari mesin tersebut, kangbro cuma  memakai patokan dari speedometer bawaan motor itu sendiri.

Monggo dilihat perbedaan dalam penerapan ECU tersebut…. Kurang lebihnya mohon dimaklumi… 😀

cicak kreatip.com I By : Abd. Majid

Komentar»

1. ari - November 16, 2013

mantep nih..made in indonesia

cicak kreatip.com - November 16, 2013

heheh betul bro 😀

2. belalangmerah - November 16, 2013
cicak kreatip.com - November 16, 2013

monggo dicoba bro 😀

belalangmerah - November 16, 2013
cicak kreatip.com - November 16, 2013

hehehe sieppp dah.. 😀

3. kimcil balap - November 16, 2013

Karya anak indonesia, patut diapresiasi……

cicak kreatip.com - November 16, 2013

betulll 😀

4. genbuz - November 16, 2013

wow… Josss… Semoga laris manis…

cicak kreatip.com - November 16, 2013

manteppp… semoga bro 😀

5. athleteriders - November 16, 2013

cintailah ploduk ploduk endhonesa 😀

Motor Loss Kompresi?? Jangan Panik Dan Khawatir

cicak kreatip.com - November 16, 2013

siepppp mantep 😀

6. adis - November 16, 2013

sayang nya mmesin cilinder satu cuman muat rpm 10000, max,,,,
meskipun bisa digeber 13000 pada dijalan cuman 10000 aximal, hhhhhh
,,,,

cicak kreatip.com - November 16, 2013

mosok si bro.. 😀

7. abalabal - November 16, 2013

josllah, buatan anak negri.. 😀

cicak kreatip.com - November 17, 2013

siep mantep 😀

8. motogokil - November 17, 2013

wah ane kudu cepet nih risetnya, bisa ECU ane nggak aptudet lagi neh

cicak kreatip.com - November 17, 2013

hehehehehe berrrrrrrrn:D

9. wongndeso94 - November 17, 2013

Belum bsa beli,hehe

cicak kreatip.com - November 17, 2013

heheheh nabung dulu aja bro hehehe, sekalian untuk yang nvl lagi proses pembuatan katanya 😀

10. redbike92 - November 17, 2013

wah khusus Vixion ya
padahal pengen nyoba di Beat FI sama di Supra PGM-FI hehehe
ya moga-moga suatu hari nanti ada ECU ITS yang buat Honda hehehe

btw, Vixion Sampeyan lebih enak kah bro habis pake ECU ITS tsb hehehe

11. orong-orong - November 17, 2013

cah indonesia cen kreatif banget

solusi disaat banjir

cicak kreatip.com - November 17, 2013

hehehe harus itu bro 😀

12. Aan Kiye - November 17, 2013

sayangnya ane gak punya piksen 😀
btw, arek2 its memang hebat >> lanjutkan!!!
aku nitip yo..
http://tegean.wordpress.com/2013/11/17/solusi-riding-dikala-hujan/

cicak kreatip.com - November 17, 2013

heheh siepp… monggo mazbro 😀

13. touringrider - November 17, 2013

kreatif nih…

cicak kreatip.com - November 17, 2013

mannyussss 😀

14. amadeo - November 17, 2013

wah vixion tetanggaku..pake ecu std…mentok di 10.500…..itu bisa 11ribu…keren ya…aplg yg divideo pas udah pake ecu nya anak its…12000 lewat ey…

cicak kreatip.com - November 18, 2013

he’em bro…. soalnya limitnya bisa diatur sesuka hati 😀

15. Fahmi Riyadi - November 17, 2013

Gw kemaren beli ECU yang standar aja… coz ECU vixion gw jebol..

cicak kreatip.com - November 18, 2013

ow gitu…. siplah, ngak nyobak ECU ini kah bro..? 😀

16. eksal - November 17, 2013

wah, anak kampus gw nih .. kwkkw

cicak kreatip.com - November 18, 2013

hehehe mantep kalau begitu 😀

17. Aa Ikhwan - November 18, 2013

ajib

18. kenthoet - November 18, 2013

regane piroan lek bro ❓

cicak kreatip.com - November 18, 2013

HET-nya 1.200.000 bro..

kenthoet - November 18, 2013

hmmm lumayan , gak njajan sak wulan nek tuku iki 😆

cicak kreatip.com - November 18, 2013

wkwkwkw…ah…bisa saja mazbro ki… 😀

19. blade_us - November 26, 2013

pengeeennn…..
tapi ra duwe motor vixion & injeksi
req, ECU vartech 125 lik, anggo utak-atik motor adikku :mrgreen:

cicak kreatip.com - November 26, 2013

hehehe….hadeh motornya si adik jadi sasaran heheh 😀

20. dhanicsetio - November 26, 2013

hheebbaattt…

cicak kreatip.com - November 26, 2013

mantep bro 😀

21. IQUTECHE : Ngak Mau Ketinggalan…Selain BRT, ECU Mio J Buatan Anak ITS Juga Akan Segera Hadir… | - Desember 28, 2013

[…] segera merilis ECU MioJ yang sudah dibuatnya, dengan sebelumnya sudah berhasil buat ECU vixion (klik disini),  hal ini sempat kangbro korek informasinya dari salah satu rekan team yang ikut serta dalam […]

22. andrea lesmana - Juni 28, 2014

bro ane mw tnya,hargane ecu tu rapa’an brow? Mksh. . H h h

cicak kreatip.com - Juni 28, 2014

terakhir kang majid dapat info sekitar 1200,000

23. solusi kamu - Oktober 15, 2014

I’m very pleased to discover this website.
I want to to thank you for ones time for this particularly fantastic read!!
I definitely really liked every part of it
and I have you saved as a favorite to check out new stuff in your website.

24. guntardi - November 20, 2014

Cocok utk V Ixion Produksinya Tahun Berapa Ya? Klu V Ixion Baru Bisa Kah?

cicak kreatip.com - November 21, 2014

vixion yang old bro….

25. Honda Diagnostic Tool Versi Android Buatan Iquiteche – Surabaya…! | cicakkreatip.com - Maret 19, 2015

[…] ECU ITS : Mencoba ECU Yamaha V- ixion Buatan Anak Bangsa… ITS – Surabaya […]

26. arif candra - April 27, 2015

beliny dimana? harganya

27. IndoTech - Juni 23, 2015

Mantaff, Ane juga mantan ITS Kang Brow (Walau bukan mahasiswa, cuman dah lama, sejak jaman “ProtonComp”)
Kang Brow, ada inpo yang Vixion New ndak kang brow … ???. Klo ada sih yang dah support OBD2 kang, klo ada kabirin ya kang ….

cicakkreatip.com - Juni 23, 2015

okeeeeyyy broo 😀

28. okki yulio - Agustus 15, 2015

mohon skemanya dong omm


tulis komentar anda dibawah ini