Fuel Pump : Dibalik Tangki Bahan Bakar Motor Injeksi… Ada Pompa Air… Ups Keliru Yo…? November 8, 2013
Posted by cicakkreatip.com in Tips Motor.Tags: Fuel Pump, Motor Injeksi, Pompa Air, Tangki Bahan Bakar
trackback
Bro dan sis semua… Dengan berbagai pertimbangan akan dampak terhadap lingkungan dan persediaan bahan bakar minyak yang lambat tahun semakin menipis, maka setidaknya penerapan sistem injeksi pada kendaraan bermotor sedikit mengurangi beban tersebut, meski hal tersebut tidak bisa 100 persen mengurangi akan konsumsi bahan bakar minyak dikalangan kendaraan bermotor.
Sekarang ini yang kita ketahui…banyak sekali pabrikan kendaraan roda dua yang mengunggul unggulkan akan produknya yang berbasic sistem injeksi, dimana sesuai dengan teknologi yang digunakan, bahwa pada intinya motor injeksi memiliki sesuatu yang lebih dibandingkan dengan motor karburator, yakni motor injeksi sudah pasti lebih irit dalam konsumsi bahan bakar, pasti lebih bertenaga dalam akselerasinya, dan yang ngak boleh dilupakan, motor injeksi pastinya lebih ramah terhadap lingkungan sekitar.
Kali ini kangbro sedikit akan berbagi pengetahuan yang kangbro tau mengenai motor yang menggunakan teknologi injeksi. Setidaknya sedikit saja gambaran yang kangbro berikan, dimana biasanya hal tersebut banyak sekali dirasakan perbedaannya, terutama jika kita mau nyalain motor injeksi dengan non injeksi. (karburator)
Yang punya motor injeksi mungkin setidaknya sudah perna merasakan jika menghidupin pertamakali motornya, dimana ketika kunci kontak di posisikan pada ON pertama kali, pasti didalam fuel tank (tangki bahan bakar) pasti terdengar bunyi dengungan halus…Ngigggggggggggggggggg… dengungan tersebut hanya terdengar ketika kunci kontak pertama kali kita posisikan pada mode ON, bunyi dengungan tersebut mungkin hanya terdengar sebentar saja, kurang lebih 3-5 detik motor masih belum kita nyalakan. Nah kok bisa yo….? Hal tersebut mungkin tidak pernah kita jumpai pada kendaraan yang menggunakan karburator, yuppp pasti itu…. so motor injeksi kan motor angker huhahahahahah 😀 (guyon bro yooooo)
Monggo kita bahas bersama sama bro…jadi begini bro, pada intinya motor injeksi dan karburator dalam pengaturan suplay bahan bakar yang akan dibakar di dalam ruang bakar itu sangatlah berbeda, dimana kalau karburator masuknya bahan bakar dengan udara kedalam ruang bakar hanaya mengandalkan tekanan negativ dari piston…bahasa detailnya yakni lebih mengandalkan hisapan yang dihasilkan oleh pergerakan piston. Nah dari sisi lainnya bisa kita bilang motor karburator tidak membutuhkan komponen tambahan untuk menyuplay bahan bakar ke dalam ruang bakar.
Beda dengan injeksi….emang beda banget bro…lah sesuai yang saya bilang tadi, motor injeksi motor angker hehehe… Jadi kayak begini aktualnya bro, sebenarnya motor injeksi dalam menyuplai bahan bakar kedalam runag bakar itu membutuhkan yang namanya Fuel Pump (pompa bahan bakar-bukan pompa air loh), dimana tugas dari pompa tersebut adalah sebagai penyuplai bahan bakar yang ada di dalam tangki bahan bakar menuju ke injector (pengabut bahan bakar). Nah dari situlah bisa kita bilang, bahwa sangatlah wajar jika kunci kontak pada posisi ON, terdengarlah suara dengungan… hal tersebut tak lain lagi adalah dengungan dari Fuel Pum ternyata… Lah bro kalau mesin dalam kondisi hidupkan kok ngak bunyi ngiiiiiingggggg gitu yo… ??? Hemmm itu hanya perasaan mazbro saja, sebenarnya fuel pump tetap bunyi , soalnya saat mesin bekerja, pastinya membutuhkan pasokan bahan bakar, lah supaya pasokan bahan bakar terpenui, maka Fuel Pump haruslah bekerja….
Nah bro..gimana sudah faham belummm…hehehe, jadi ingat yo… Jangan bilang motor injeksi dengan sebutan angker lagi…!!! toh itu hanya pompa bahan bakar yang bekerja…
Mungkin sedikit saja artikel kangbro hari ini… Monggo dicerna dulu, betul opa enggak penjelasan kangbro diatas, jika ada yang kurang berkenan, mohon dimaklumi..tapi jika ada yang kurang jelas, mohon ditanyake…maturnuwon 😀
BY : Abd. Majid I cicak Kreatip.com
makasih sharingnya om….kebetulan ane blm punya yg injeksi di rumah…masih setia sama karbu supra fit…
hehe sama sama bro… masih setia yooo 😀
setia karena gak ada duitnya wkwkwkkk….
pertamax suhu hohoho
g jd pertamax kesalip ϑdetik2x terakhir je…
heheheh manteppppp… 😀
Josh suhu hehehe
Gak angker kang. Tapi, ndesah…wkwkwkwk
http://wongndeso1994.wordpress.com/2013/11/08/cutting-stiker-ninja-by-my-father-handmade/
huhahahaha mendesah…. 😀 bisa saja bro bro hehe 😀
pelajarn tetang motor 4 taknya mana kang Bro…? Wis gak sabar kih…
sebelumnya trimakasih atas penantiannya bro gembuz… sabar dulu yo.. heheh 😀
saya yg seharusnya berterima kasih kepada anda, atas semua bimbingan selama ini… Lanjutkan…
heheh siapp grakk… yowes monggo di tunggu bro yo.. pasti tak bahas kok materi educat-nya.. soalnya akhir akhir ini buanyak kerjaan kantor..jadinya bahas artikel ringan saja 😀
Ok siiip kang Bro…
Owh ngono to….
nitip warung http://mzarip248.wordpress.com/2013/11/08/sepecial-to-andi-esty/
betull…. monggo bro…. 😀
wah baru tau nih… nice info…
hehehe thanks bro 😀
merknya shimizu
hahaha…mantep semprotannya kalau begitu 😀
bro mau tanya nih. mtr ane fi kalo dinyalain pas siang. kok bensinny kadang2 luber. apa karna bensinnya menguap?.
motornya apa bro.. FI atau Karbu…? Kondisi lubernya ada dimana..?
Bro kalo fuel pumnya gak bisa mati pas di kontak itu kenapa.. Biasanya kan 3 detik mati.
spacy FI q pernah mendadak mati kangbro, padahal BBM masih setengah di fuel barnya. mampir di bengkel katanya ketelatan BBM sehingga fuel pumpnya gak bekerja maksimal. kok bisa ya, padahal di indikator BBM masih nunjuk ditengah2 jauh dari red line nya. itu kira2 apanya ya kangbro
hemmm kalau sering telat bensin bisa jadi lama kelamaat fuel pump menjadi ngambek.. tetapi kita tidak bisa menfonisnya seperti itu, toh kita tau kerja dari fuel pump adalah menyuplay bahan bakar bertekanan ke injektor/nozle..dimana kalau tekanannya ngak mumpuni, alaias dibawah std. bisa jadi bahan bakar yang dikabutkan menjadi kurang maksimal…haltersebut biasanya kendala yang kita rasakan adalah performa mesin menurun, konsumsi BBM bisa boros, lari motor tersendat sendat, atau bisa juga motor akan berhenti beroprasi, alais mogok..nah untuk lebih jelasnya mengenai tekanan, bisa dibawa ke bengkel resmi atau bengkel yang mempunyai alat untuk mengukur tekanan daripada fuel pump…jika masih std. berarti ada indikasi lain yang menyebabkan motornya mazbro mati, bukan masalah fuel pump…. 😀
trims
woh iya kangbro,ini kalau pas dipanasin pagi hari juga agak mbrebet2 gitu. tapi kalau udah agak lama gak ada gejala brebet lagi
emmm…monggo cekup ke beres resmi bro..toh mereka punya alat, biar dicek secara std. pengecekan yang direkomendasikan pabrikan 😀
ok sip kangbro, matur nuwun penjelasannya
ok. sama sama bro 😀
suara pompa bensin verza paling nyaring bunyi nginggg…. nya
hehehe matepdah kalau begitu… 😀 ,
nginggggggggggggggg
manteppp… persis dengan suara aslinya 😀
kalo fuel pumpnya ngak bunyi rusak apanya bro
bisa jadi fuel pumpnya macet bro…ngak berputar 😀
Compact article content instructs you all the details on bag and also the thing that you want to accomplish immediately.
2014 discount supra black friday 2014 uk for sale http://www.sterlinglogix.com/images/supra-black-friday-sales/uokohoeg-p-889.html
What the specialists usually aren’t stating on the subject off bag plus the way it impacts on you.
65% discount black friday cyber monday michael kors blake satchel black crocodile embossed leather discount price and high quality! http://www.skilledrelationships.com/lib/is-michael-kors-black-friday/cyber-monday-outlet-authentic/vxdqrtyl-p-682.html
permisi om saya mau tanya cara memperbaiki motor inkeksi sy ketika di gas bukan naik kecepatannya malah mati apa penyebabnya ya mohon penjelasnnya
Oh..kebanyakan itu masalah sensor throttle bro.. (Tps) rusak…
mantap…
makasih info ya… masbro…
sangat membantu
ada yg mau sy tanyakan…
klo perlakuan kuras tangki motor injeksi sama motor karbulator kira2 perlakuanya sama ga….
d tunggu balasanya …
sebelumya sy ucapkan terima kasih…
Thanks bro nozeman atas pertamyaamnta…. Kalay untuk kuras tangki sebenarnya sama saja, namnun perlu diperhatikan..pada motor injeksi ada yg namanya fuel pump, jadinya sebelum di kuras lebih baik di lepas dulu, sekalian cek kondisi filternya.
knp mtr yamaha mjo soul gt full injeksi cepat skali rusak pompa injeksi/FI??? mtr sy br1thn sdh 4X ganti FI/pompa injeksi. 2X pd mekanik resmi/dealer 2X bgkl kaki lima..yg pertama hny bertahan 1hr,kemudian dianjurkan di ganti full komplit hny bertahan 2mgg,kemudian berikutnx bertahan 1,5 hr&5jam sj.menurut mekanik di bgkl kaki lima sebenarnx pompa injeksi baik2 sj tp yg brmslh pd soket FI/pompa injeksi ad 1komponen elektronik pengatur tegangan pompa yg bermslh/koslet…kira2 apa y nama alat tersebut &dimn sy bs mendapatkanx,mohon bantuanya agan2 smua ..trimaksh
.
Mobil sy avanza terkadang saat kontak ON tidak ada suara dengungan fuelpump sehingga saat sy start tidak hanya suara starter saja tapi mesin tidak bisa hidup. Hal ini terkadang sy harus off kan dulu kemudian on lagi smpe berulang hingga suara dengungan fuelpump berbunyi setelah itu mesin langsung hidup. Apa penyebab fuelpump kadang bunyi kadang tidak bunyi, padahal fuelpump sdh diganti baru? Tolong jelaskan bro…..
maturnuhon atas pertanyaannya bro :
kalau melihat ceritanya, pastinya masalha bukan apda fuel pump, apsalnya diganti baru juga sama toh??
Kerjadian ini layaknya suply arus listrik menuju ke fuelpump tidak normal, yang mana kita butuh mengulangi beberpa kali kan agar bisa bunyi. Butuh pengecekan secara teknis, bisa memakai avo meter, ketika kunci ON diukur voltase yang menuju ke fuel pump, kalau kalau motor 12v, kalau mobil mengikuti spesifikasinya.
Jika tidak ada arus, wajar jika fuel pum enggan untuk berputar. Hal ini bisa disebabkan karena main switch atau saklar atau bisa juga akrena konektor yang bermasalah…. bisa di cek bro…
tq
Bro cara ngecilin bunyi injeksi nya itu gmn
bro mau nanya nih.. kalo motor fi gua di nyalain gak ada suara ngiggg nya apanya ya bro.. harus di nyalain pakek kaki dlu bro.
motornya mogok apa enggak broh..? sulit dinyalain enggak pakai dobelstater..?
bos gmn cara betul kan mio soul gt biar gk tersendat lgi yah….waktu tarik gas sendat motor nya…klo pelan pelan gas nya bru gk..
bro mo tanya nieh,mtor gue klo dlam posisi dihdupkn tangkinya bunyi ngingg gtu bro itu ad gejala kerusakan di fuel pump ap gmna tu bro
Malam para suhu injeksi motor,,,mau tanya kenapa motor honda beat matic saya injeksi nya tidak normal,,,,malasahnya dimana ya,mohon petunjuknya,,,,
mau tanya bang ….
kenepa motor verza 150 pgm fi [ada saat mesin jalan bunyi ngiiiiiing nya ngak brenti 2 …… mohon di kasih pencerahan
mau nanya min mslah bensin kok g mau ya keluar dri fuel pump apa ya mslah nya…g turun ke injektor
Mas bro gmna klo pompa bensin injeksi motor mio GT setelah d pasang hbis di bersihin tangkinya tpi nyemprot bensinnya?
nyemprot gimana maksudnya bro?
Numpang nanya gan, motor ane cbr 250r thailand. Masalah saya kemaren pas di jalan tiba tiba mati mesin, usut punya usut ini yg biasanya pompa bensin.a yg biasa kalo di kontak terasa n bunyi ngiiiiiiiiiiiiiiig di tangki, itu cuma bunyii teeeeeeeeeddddddd di star g nyala gan.. seakan bensin.a g turun gan, mohon penceraha gan 🙂
salam mas jhonok…
kalau melihat ceritanya bisa jadi fuel pump yang ada didalam tangki bbm amcet. Kalaus udah macet atau putaran tidak normal, tekanan pompa bakal ngos ngosan. Coba untum cek soket, voltase aki mas..dan pastikan bbm di tangki mencukupi. Kalau masih belum bisa, coba cek tekanan fuel pump pakai pressure gauge..biasanya adanya di beres alat ini 😀
Ini lag saya utek utek gan,, saya kira ada selang yg buntu hehe… ini masih belum nyala jg mas gan:),, cuma bunyi teeeeeeeeeeed aja . Udah saya buka jg pompa dalm tangki.. bingung saya mas gan:D